11 Tips Streaming Jualan Online agar Banyak Pembeli


Salah satu metode jualan terbaru adalah dengan live streaming jualan online. Ini adalah cara penjual berinteraksi langsung dengan audiens melalui video siaran langsung. Yuk, ikuti tips live streaming untuk jualan online berikut ini! 

Apa Itu Live Streaming Jualan Online?

Live streaming jualan online adalah cara jualan online yang memanfaatkan fitur streaming video atau video siaran langsung melalui beberapa platform media sosial (Instagram, Facebook, YouTube, TikTok, dll) dan e-commerce untuk menawarkan barang dagangan mereka pada audiens. 

Penjual jadi bisa berinteraksi secara langsung dengan audiens, menampilkan produk-produknya dengan lebih jelas, dan langsung menjawab pertanyaan audiens yang tertarik dengan produknya. 

Selanjutnya, penjual akan mencatat siapa saja calon pembeli dan produk yang diminati. Juga memberi arahan pada calon pembeli untuk check out dan menyelesaikan pembayaran melalui online store mereka juga. 

Tips Live Streaming Jualan Online

Bagi yang ingin mencoba, yuk cek tips live streaming jualan online berikut ini! 

1. Membuat Basis Audiens

Live streaming jualan untuk online adalah pengembangan dari sistem jualan online pada umumnya. Sembari itu, kamu harus membangun basis audiens misalnya dengan meningkatkan jumlah followers dan engagement rate.  

Ini agar audiens yang sudah tertarik dengan produk dan konten kamu akan benar-benar menantikan live streaming jualan online milik kamu.

BACA JUGA :  Cara Menulis Deskripsi Produk Agar Laris Manis

2. Rajin Unggah Konten Bermanfaat

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah followers dan engagement rate adalah dengan rajin mengunggah konten bermanfaat yang relevan dengan produk yang akan kamu tawarkan. Ini sebagai bagian dari interaksi dengan audiens dan menjangkau audiens yang lebih luas. 

Selain itu, menampilkan katalog setiap produk dengan jelas. Mulai dari judul/nama produk, foto-foto produk, deskripsi, dan ketentuan toko lainnya. 

3. Meningkatkan Brand Awareness

Bayangkan ada berapa juta penjual online yang menjual produk-produk serupa dengan kamu. Salah satu cara agar toko kamu lebih stand out dan mudah diingat audiens adalah dengan meningkatkan brand awareness

Sederhananya, mulai dari membuat audiens familiar dengan logo produk, tipe produk andalan, dan brand identity yang ingin ditonjolkan. 

4. Pahami Kriteria Setiap Platform

Ada banyak platform untuk live streaming jualan online yang bisa kamu coba. Nah, kamu pahami dulu sistem, keunikan, dan kriteria setiap platform. 

Mungkin saja audiens di platform A lebih suka dengan jenis produk tertentu dengan visual dan pembawaan yang lebih ramai. Sedangkan platform B itu tipe audiensnya lebih eksklusif. 

Bagusnya memang untuk bisa menguasai semua platform, tapi itu pasti sulit. Kamu coba dan cari dulu mana media live streaming jualan online yang paling cocok untuk toko kamu. 

Sembari kamu juga analisis audiens dan bagaimana kamu harus membawakan acara jualan online itu. 

5. Fokus pada Niche Produk

Kita bisa menjual produk apa saja secara online, tapi sebaiknya fokus dengan satu kategori agar lebih mudah meroganisirnya. 

Misalnya, toko kamu spesial menjual perlengkapan dapur, pakaian wanita, atau bahkan lebih spesifik lagi seperti hanya menjual pakaian muslim. 

BACA JUGA :  Cara Mudah dan Keren untuk Mendesain Logo Brand

Kamu akan bisa lebih mudah memahami produk dan untuk target pelanggan yang potensial. Selain itu, memudahkan branding toko kamu di mana audiens mampu mengidentifikasi tipe atau ciri khas toko kamu itu seperti apa. 

6. Pastikan Peralatan Memadai

Kita harus menyiapkan peralatan khusus agar hasil video streaming jelas dan bagus ditonton audiens, termasuk:

  • Smartphone: Tidak perlu smartphone yang mahal, setidaknya cukup oke untuk digunakan streaming. Pastikan baterai penuh, ya.  
  • Mikrofon: Microphone clip on, microphone lapel, atau microphone directional. Agar suara semakin jelas.
  • Tripod: Agar posisi kamera pas dan tidak repot mengaturnya sendiri. 
  • Pencahayaan cukup: Bila tidak ada pencahayaan tambahan, lakukan syuting di tempat yang terang. 
  • Background: Atur background yang bagus sesuai dengan keinginan kamu. Tampilkan produk-produk dengan rapi dan menarik juga. 
  • Sambungan internet: Pastikan sambungan internet lancar ya agar kualitas video dan audio bagus. 

7. Latihan Public Speaking

Kamu harus menyiarkan acara ke audiens dengan tujuan mempromosikan barang dagangan. Jadi, harus pintar komunikasi dan menemukan gaya khas agar penonton betah serta tertarik pada produk yang ditawarkan. 

8. Promosikan Jadwal Live Streaming

Selalu beri tahu audiens tentang jadwal live streaming kamu di unggahan medsos. Agar lebih mudah, pakai link in bio

Ingatkan mereka bahwa nanti juga ada diskon dan penawaran menggiurkan lainnya.

9. Berinteraksi dengan Audiens

Host dari live streaming untuk jualan online harus aktif bicara dan merespon audiens dengan baik. Menjawab semua pertanyaan dan menanggapi permintaan audiens. 

Sebagai representasi dari toko yang juga bertindak sebagai sales, host harus ramah, asik, dan pembawaannya menarik. 

10. Berikan Diskon Menarik

Salah satu keunggulan live streaming jualan online adalah pelanggan bisa dapat penawaran produk dengan harga terbaik. 

BACA JUGA :  11 Cara Bisnis Katering Rumahan untuk Pemula Modal Kecil

Pertimbangkan untuk memberikan ekstra diskon atau bentuk promosi lainnya, seperti giveaway, cashback, hadiah gratis tambahin, dan sebagainya. 

11. Tips Live Streaming Jualan Online Lainnya 

Ini beberapa tips sukses live streaming untuk jualan online lainnya: 

  • Lakukan Live Streaming dengan Konsisten: 1-2 kali dalam seminggu dengan tema promosi yang menarik. 
  • Buat Judul Menarik: Judul video adalah kunci pertama untuk menggiring orang untuk klik dan menonton. Misalnya: ‘Diskon Baju Anak Hingga 50 Ribu Cuma Hari Ini!’
  • Perhatikan Tampilan Visual: Penampilan host/sales di video streaming harus rapi dan menarik. Bagaimanapun ini konten visual.  
  • Pahami Siapa Target Pelanggan Kamu: Ya, bila kamu jualan baju anak maka targetnya adalah ibu-ibu dan orang tua. Maka, kamu harus pakai bahasa dan gaya yang familiar dan disukai oleh kelompok pelanggan tersebut. 
  • Prime Time: Waktu streaming harus pas dan sesuai dengan target pelanggan kamu. Misalnya, jam prime time itu ada di jam 8 malam. 

Salah satu cara lain mengoptimalkan usaha adalah dengan bisnis online. Kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital. Dapatkan juga fasilitas bisnis online komprehensif dan ilmu bisnis online dari ahlinya melalui Praktisidigital Business Academy!