15 Manfaat Instagram untuk Bisnis untuk Tingkatkan Penjualan


Optimalkan bisnis online kamu dengan Instagram untuk bisnis. Selain untuk berbagi foto, video, dan cerita, sekarang ada fitur khusus Instagram bisnis untuk memperluas jangkauan pelanggan.Yuk, pelajari apa manfaat Instagram Bisnis dan cara membuatnya berikut ini! 

Manfaat Instagram untuk Bisnis

Instagram adalah media sosial tempat pengguna mengunggah dan menelusuri banyak konten informasi dan hiburan. 

Bukan hanya itu, Instagram juga bisa menjadi media untuk brand menjalin hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan potensial. 

Memulai kampanye pemasaran dengan Instagram bisnis dapat membangun followers yang signifikan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Berikut ini alasan mengapa pebisnis baik skala kecil, menengah, dan besar harus membuat akun Instagram khusus bisnis: 

1. Pelanggan Mencari Brand Melalui Instagram

Pelanggan pasti mencari info tentang brand di Instagram.

Biasanya, mereka akan mencari langsung nama brand atau melalui tagar yang berkaitan dengan brand/produk. Bahkan bila brand tersebut tidak terlalu aktif di Instagram.

Entah saat audiens ingin memastikan ketersediaan produk, harga produk, mencari testimoni asli, mengecek kualitas produk, lokasi toko fisik, atau konsultasi langsung dengan admin. 

Itu pengalaman buruk bira audiens tidak bisa menemukan brand yang mereka ingin tahu di Instagram.

Lebih buruk lagi bila audiens malah menemukan akun palsu atau bila mesin Instagram malah mengarahkannya ke brand kompetitor. 

2. Meningkatkan Kepercayaan Audiens

Memiliki akun Instagram bisnis–terutama akun Instagram yang terverifikasi centang biru–memberikan sinyal bahwa brand tersebut terpercaya, asli, valid, dan transparan. 

Calon pelanggan juga bisa membaca review jujur langsung dari pelanggan lain yang sudah menggunakan produk/layanan dari brand tersebut. 

Selain itu, ini membantu pelanggan untuk membeli produk yang asli dan mendapat pengalaman belanja yang memuaskan. 

3. Media Komunikasi Antara Brand dan Audiens

Media sosial termasuk Instagram adalah media komunikasi untuk brand, misalnya:

  • Memberi tahu followers bila ada launching produk baru. 
  • Memberi tahu followers tentang promosi, diskon, cashback, giveaway, dan lainnya. 
  • Membagikan info menarik dan penting untuk pelanggan. 
  • Mengkomunikasikan visi, misi, nilai, dan brand positioning
  • Tempat pelanggan bertanya soal apapun terkait produk/brand
  • Pelanggan bisa memberi komentar langsung, merespon, berbagi cerita seputar produk, tag brand dalam konten review produk. 

4. Integrasi dengan Media Sosial Lainnya

Instagram untuk bisnis bukan hanya untuk mempromosikan produk jualan, tapi juga memberikan banyak info lain yang terkait termasuk konten blog, infografis, QnA, dan tautan dari website. 

Kamu bisa membuat link in bio untuk membagikan lebih dari satu tautan dan mengarahkan pengunjung ke destinasi tujuan, misalnya link Twitter, Facebook, YouTube, website toko online, atau marketplace resmi. 

Kamu bisa membuat link in bio secara gratis di fitur StoreLinks dari Praktisidigital. Membuat link bio profesional dengan desain menarik. Coba sekarang!

5. Manajemen Reputasi Online

Di dunia di mana semua orang akan mencari info apa pun di internet, maka bagi brand juga penting memiliki semua jejaring sosial (termasuk Instagram) dengan nama merek resmi.

Fungsinya untuk mengontrol reputasi online, membuat profil dan konten yang mengarah kembali ke akun brand kamu. 

Bila suatu hari brand mendapat publisitas online yang buruk, setidaknya halaman hasil mesin pencari tetap akan menampilkan situs web dan akun media sosial resmi di peringkat atas untuk meredam konten negatif. 

6. Networking

Gunakan Instagram official untuk menjalin hubungan baik dengan mitra bisnis atau individu dengan potensi kerja sama di masa depan. 

7. Kompetitor Juga Pakai Instagram Bisnis

Kompetitor brand juga memiliki Instagram bisnis untuk mempromosikan produk dan membangun brand image yang positif. 

Bila brand kamu tidak punya Instagram untuk bisnis, kamu dengan senang hati sudah memberi kompetitor satu keunggulan sederhana yang bermakna besar. 

Bila Instagram kompetitor punya followers banyak, konten menarik, dan enggagement tinggi, itu memberi isyarat bahwa brand tersebut lebih disukai, dipercaya, dan lebih terkenal.

8. Penggunga Instagram Banyak Sekali 

Menurut data dari Instagram, ada 1 miliar lebih pengguna aktif Instagram. Ada lebih dari 500 juta orang yang bermain Instagram setiap hari. 

Dengan banyaknya audiens tanpa batasan, kamu bisa targetkan jangkauan pelanggan yang lebih luas dengan strategi bisnis khusus Instagram.

9. Semua Skala Bisnis Dapat Berkembang

Brand dapat meningkatkan brand awareness dan menjangkau target audiens dengan aktif di media sosial terutama Instagram, setidaknya satu posting per hari. 

Ini termasuk dalam rencana digital marketing, yang wajib dilakukan baik untuk bisnis kecil hingga skala besar. 

10. Memaksimalkan Kerja Sama dengan Influencers

Influencer dapat diandalkan untuk memperluas jangkauan bisnis, mempublikasikan brand, dan meningkatkan penjualan melalui paid promote dan konten lainnya. Untuk itu, tentu brand harus punya Instagram untuk bisnis.

11. Meningkatkan Brand Visibility

Bagaimana audiens mau membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan bila mereka bahkan tidak tahu merek kamu eksis? 

Instagram adalah salah satu media untuk memberi tahu bahwa bisnis kamu ada dan meningkatkan brand visibility. Selebihnya, brand dan audiens bisa berinteraksi melalui komentar, like/love, atau unggahan di feeds dan story

12. Menjangkau Pelanggan Baru

Kamu bisa menargetkan iklan online atau konten menarik untuk menjangkau calon pelanggan baru–sesuai dengan segmentasi pasar untuk produk kamu. 

13. Menawarkan Banyak Cara Kreatif untuk Promosi 

Ada banyak cara kreatif untuk memasarkan produk di media sosial. Brand bisa menarik perhatian audiens dengan konten yang unik melalui foto, video, infografis, dan cara kreatif lainnya.

14. Memaksimalkan Digital Marketing Strategy

Instagram untuk bisnis memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan strategi digital marketing sesuai dengan tujuan bisnis yang ingin dicapai:

  • Meningkatkan brand awareness.
  • Menciptakan komunitas.
  • Mempromosikan produk lewat iklan online yang dipersonalisasi. 
  • Menginformasikan kampanye pemasaran media sosial.
  • Meningkatkan engagement. 
  • Menggunakan Instagram Insights untuk mendapat informasi spesifik dan relevan tentang followers

15. Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping

Instagram Shopping adalah fitur-fitur bisnis online yang memungkinkan audiens untuk berbelanja melalui foto dan video di Instagram. 

  • Your Shop: Tempat untuk menjual dan berbagi konten sehingga audiens bisa menjelajahi produk yang dipamerkan. 
  • Collections: Kamu bisa menyesuaikan koleksi produk sesuai dengan tema. 
  • Product Detail Pages (PDP): Semua info yang relevan dan detail tentang produk di semua katalog. Di sini, kamu bisa mengarahkan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi ke website toko online kamu. 
  • Checkout on Instagram: Selain mengarahkan pelanggan dari PDP ke situs web, pelanggan bisa checkout langsung di aplikasi tersebut. Fitur ini baru ada untuk akun bisnis dan kreator AS yang memenuhi syarat.

Salah satu syarat untuk membuat Instagram Shopping adalah kamu harus punya buat website toko online. Bila belum punya, kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital dan pilih paket premium. 

Daftar Instagram Shopping bisa diproses lebih mudah lewat Praktisidigital. Klik untuk buat toko online praktis!