15 Peluang Bisnis Tahun Baru yang Untung Besar


Ada beberapa ide bisnis tahun baru yang bisa kamu coba, seperti jualan jagung, parsel, atau alat panggang. Baca terus untuk mengetahui rekomendasi ide jualan menjelang tahun baru di bawah ini!

Rekomendasi Ide Bisnis Tahun Baru

Tahun baru adalah perayaan besar setiap tahun di tanggal 31 Desember sampai 1 Januari. Hampir semua warga di seluruh dunia merayakan perayaan tahun baru sebagai bentuk suka cita, rasa syukur, dan harapan yang lebih baik di tahun selanjutnya. 

Diselenggarakan juga banyak acara di malam tahun baru, baik pesta kembang api atau sekadar makan-makan dengan keluarga dan kerabat terdekat. Banyak pihak yang juga rela mengeluarkan biaya besar untuk malam perayaan tahun baru. 

Khusus untuk orang-orang yang berorientasi bisnis, perayaan tahun baru adalah momen yang tepat untuk memulai atau memperdalam bisnis. 

Berikut ini beberapa ide bisnis tahun baru yang cukup menjanjikan banyak keuntungan: 

1. Terompet Tahun Baru 

Entah bagaimana sejarahnya terompet bisa sangat identik dengan perayaan tahun baru. Meniupkan terompet dilambangkan seperti melontarkan sukacita. 

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, warga akan meniupkan terompet tepat pada jam 12 malam saat pergantian tahun. 

Jualan terompet tahun baru bisa sangat menguntungkan, baik secara online atau offline. Sediakan berbagai jenis dan ukuran terompet dengan desain yang menarik. Pastikan juga kualitas suara terompet kencang dan awet. 

2. Aksesori Tahun Baru

Pernak-pernik tahun baru juga sangat tinggi permintaannya memasuki akhir tahun. Ide bagus untuk mulai menjualnya, termasuk:

  • Balon, termasuk balon plastik, lateks, PCV, balon foil, atau balon karakter. 
  • Tulisan Happy New Year, baik yang dari kertas, plastik, atau balon.
  • Tas souvenir. 
  • Confetti
  • Pom-pom.
  • Tirai warna-warni. 
  • Lampu neon LED. 
  • Topi pesta. 
  • Hiasan dinding. 
  • Slinger hiasan pesta. 
  • Dekorasi backdrop.
  • Pita lucu.
  • Bunga rambat plastik.

Perlengkapan hiasan tersebut biasanya digunakan untuk menambah meriah suasana tahun baru dan dijadikan latar belakang untuk tempat berfoto. 

3. Jual Jagung Mentah atau Jagung Bakar 

Perayaan tahun baru kurang berasa tanpa adanya jagung bakar. Biasanya orang-orang akan berkumpul untuk membakar atau memanggang jagung sendiri. 

Bukan hanya hasilnya enak, tapi momen ini dapat menambah kedekatan antar kerabat dan sukacita perayaan tahun baru. 

Ide bagus untuk menjual jagung mentah di akhir tahun. Permintaannya sangat tinggi dan kamu bisa meraup keuntungan maksimal. 

Coba hubungi vendor jagung di pasar terdekat untuk kamu jual lagi di tanggal 31 Desember. Lapak jagung dadakan tetap akan laku, tapi jangan membandrol harga terlalu mahal dan pastikan jagung masih segar. 

Kamu juga bisa menjual jagung bakar dan dengan makanan lain seperti sosis bakar dan otak-otak bakar. Cemilan ini enak, mudah dibuat, dan banyak peminatnya. 

4. Jual Perlengkapan untuk Memanggang

Orang-orang juga akan mencari alat pemanggang untuk bakar jagung dan bahan BBQ lainnya. 

Ini peralatan memanggang yang akan sangat laris untuk bisnis tahun baru:

  • Arang.
  • Tusuk sate. 
  • Kipas. 
  • Alat panggang jepit. 
  • Panggangan grill yang lebih modern. 
  • Gas torch. 

Kamu bisa stok alat-alat itu dari jauh-jauh hari untuk dijual dengan harga sedikit lebih mahal untuk tahun baru. 

5. Kembang Api

Pesta kembang api juga identik untuk perayaan tahun baru. Warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa—baik di acara pesta sungguhan atau di depan rumah—akan menyalakan kembang api di malam tahun baru. 

Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis juga dengan jualan kembang api. Sediakan berbagai ukuran kembang api, mulai dari yang kecil, besar, hingga pilihan warna percikan yang lebih meriah. 

Beberapa pedagang juga biasanya jualan petasan tahun baru, tapi sepertinya itu dilarang sekarang. 

6. Kartu Ucapan

Jualan kartu ucapan di tahun baru juga ide bagus. Banyak orang yang merayakan tahun baru dengan bertukar kado lengkap dengan kartu ucapan yang bagus. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjual jasa membuat kartu ucapan custom atau merangkai kata-kata manis di kartu ucapan. 

7. Parsel

Parsel tahun baru juga permintaannya tinggi.

Kamu bisa jualan parsel isi makanan, sembako, peralatan dapur, snack, alat kesehatan, atau sekalian hadiah natal. 

Hadiah buket custom juga sedang tren saat ini. Alih-alih berisi bunga, kamu bisa jual buket isi coklat, jajanan anak, boneka, mainan, uang, atau bahkan kepingan emas antam. 

8. Bisnis Pakaian

Apapun momennya, sepertinya jualan pakaian akan selalu laris. Banyak orang cenderung akan beli baju baru untuk merayakan sesuatu. 

Sediakan berbagai pilihan fashionable baju anak, remaja, dewasa, dan untuk pria wanita. Tarik perhatian calon konsumen dengan diskon besar atau end year sale, flash sale, atau midnight sale

9. Jasa Dekorasi

Ada segmentasi orang-orang yang butuh jasa dekorasi ruangan untuk perayaan natal dan tahun baru, misalnya keluarga besar, komunitas, kantor, atau perayaan besar.

Pada kesempatan ini, kamu bisa menunjukan kemampuan dekor kamu, termasuk merangkai bunga atau membuat pernak-pernik handmade.

10. Bisnis Penginapan

Bila punya rumah atau apartemen kosong, sebaiknya disewakan saja untuk mendapat keuntungan. Banyak juga orang yang memilih mengisi liburan natal dan tahun baru dengan staycation bersama keluarga dan kerabat. 

Kamu bisa bergabung dengan platform penyewaan hotel/penginapan atau kamu sewakan secara langsung ke kerabat yang membutuhkan. 

Pastikan ruangan harus bersih, nyaman, dan memiliki fasilitas lengkap. Sesuaikan harga dengan fasilitasnya! 

11. Mainan Anak

Bisnis mainan anak-anak tidak ada matinya. Sediakan barang jualan mainan anak perempuan dan laki-laki yang lengkap dan menarik. 

12. Bisnis Kue Kering

Berbagai macam jenis kue kering seperti kastengel, soft cookies, choc chip, mede coklat, choco truffle, putri salju, dan lainnya. Buka sistem pre-order atau ready stock untuk tahun baru, baik dalam bentuk eceran per toples atau parsel. 

13. Bisnis Katering 

Ada juga segmentasi konsumen yang butuh jasa katering untuk perayaan pesta tahun baru dalam skala besar. 

Misalnya, untuk perayaan tahun baru sekaligus acara natal, reuni, anniversary, atau mungkin ulang tahun. Sediakan menu spesial tahun baru atau sesuaikan dengan pilihan konsumen. 

14. Berbagai Kado Tahun Baru

Jual berbagai pilihan hadiah tahun baru, misalnya jam tangan, baju, gelang untuk pacar, sekotak makanan, alat dapur, boneka, helm, dan lainnya. 

Buat edisi spesial tahun baru dengan kotak khusus New Year dan kartu ucapan yang manis. 

15. Jual Bahan Makanan dan Minuman

Tahun baru biasanya dirayakan dengan acara makan-makan. Bukan hanya jagung bakar, tapi bahan makanan lain seperti sosis, seafood, ayam, dan frozen food juga biasanya laku. 

Orang-orang juga akan mencari minuman manis, soft drink, atau sejenis minuman kaleng lainnya untuk menemani pesta tahun baru. Sediakan semua bahan tersebut untuk dijual dan mendapat keuntungan. 

Nah, itulah beberapa ide bisnis tahun baru. Bila kamu sudah siap berbisnis, wajib juga membuat website toko online untuk mempromosikan barang dagangan kamu. 

Kamu bisa buat website toko online di Praktisidigital sekarang juga! Caranya mudah dan tidak perlu repot karena semuanya gratis!