13 Ide Bisnis Daur Ulang yang Ternyata Menguntungkan


Ada banyak jenis limbah yang bisa dikelola jadi bisnis daur ulang yang menguntungkan. Daur ulang juga menjadi solusi atas limbah dan sampah yang pelan-pelan merusak lingkungan. Yuk, pelajari beberapa ide bisnis dari sampah berikut ini! 

Referensi Ide Bisnis Daur Ulang 

Daur ulang adalah proses untuk mengumpulkan dan mengelola sampah atau limbah menjadi produk baru yang punya nilai fungsional. Jadi, berbagai produk tidak akan sekali pakai saja dan menjadi limbah yang menumpuk.

Pengelolaan limbah yang buruk berkontribusi pada perubahan iklim, polusi udara, dan pemanasan global yang memengaruhi banyak ekosistem dan spesies secara langsung. 

Selain mengurangi limbah sekali pakai, daur ulang adalah solusi untuk kelestarian lingkungan, bahkan kita bisa memanfaatkannya untuk bisnis yang potensial. Berikut ini beberapa ide bisnis daur ulang yang untung besar:

1. Bisnis Daur Ulang Plastik

Limbah plastik sulit diurai karena memiliki sifat non-biodegradable dan bahkan butuh waktu 100-500 tahun agar plastik bisa terdekomposisi sepenuhnya. 

Proses produksi dan pembuangan plastik juga menghasilkan limbah berbahaya dan gas rumah kaca yang dapat merusak kesehatan manusia dan ekologi. 

Diperkirakan, 80% sampah laut berasal dari sampah daratan yang di antaranya adalah limbah plastik. Maka dari itu, daur ulang plastik akan sangat membantu untuk pengelolaan lingkungan. 

Sebagian besar jenis plastik (PET, PVC, dan HDPE) mudah didaur ulang menjadi produk polythene, botol plastik, kaleng, ember, terpal, countertops, dan banyak barang berguna lainnya. 

2. Daur Ulang Kertas

Kita bisa daur ulang berbagai jenis limbah kertas, seperti kertas karbon, kertas bekas dari buku/majalah/koran, kertas pembungkus, dan sebagainya. 

Kertas akan disortir berdasarkan kategorinya. Diolah menjadi bubur kertas di mana tintanya akan dihilangkan juga. 

Kertas akan menjadi polos lagi atau diputihkan, lalu menjadi bahan kertas baru lagi. Kertas daur ulang bisa diolah jadi kertas buku, kardus, kemasan ramah lingkungan, dan sebagainya.

3. Daur Ulang Kardus dan Kotak Karton

Daur ulang kardus dan kotak karton dari kotak pizza, kotak sereal, kotak kemasan lainnya, kertas karton, kardus, tisu, dan berbagai kertas cetak lainnya. 

Itu semua bisa diolah jadi kardus, bentuk kertas lainnya, dan chipboard (kertas pembungkus dengan daya rentang tinggi yang biasanya digunakan sebagai pelindung atau bantalan pada barang pecah belah). 

4. Daur Ulang Kaca

Kaca pecah belah, botol kaca, kaca jendela, dan berbagai limbah kaca bisa didaur ulang menjadi botol kaca baru, gelas minum, patung kaca cetakan, hiasan kaca, atau serat gelas. 

Limbah kaca dikumpulkan berdasarkan kategori, lalu dipotong kecil-kecil, disortir, dibersihkan, lalu diolah dengan komponen lain seperti pasir. 

Pecahan kaca dipanaskan lalu dicairkan, dicetak jadi bentuk dan jenis produk yang diinginkan. 

5. Daur Ulang Tekstil

Salah satu akibat dari fenomena fast fashion adalah banyaknya limbah tekstil.

Memang sudah banyak orang yang memanfaatkan baju atau pakaian bekas untuk jadi thrift shop, tapi tetap masih banyak limbah tekstil. 

Limbah tekstil bisa didaur ulang jadi pakaian baru, kreasi kain perca, benang-benang, kain, dan diolah jadi produk baru yang bermanfaat.

6. Daur Ulang Limbah Makanan

Ada banyak limbah makanan dari sektor rumah tangga, sampah ini dapat melepaskan gas rumah kaca seperti metana. 

Beberapa sisa makanan seperti kulit memang tidak bisa dihindari untuk akhirnya dibuang, namun sebagian besar limbah makanan masih bisa didaur ulang menjadi biofuel dan pupuk organik. Ini bisa dikomposkan di rumah.

7. Daur Ulang Kayu dan Furnitur

Limbah kayu dan furnitur bisa dimanfaatkan untuk jadi produk baru yang bermanfaat. Bila furnitur itu masih bagus dengan kerusakan minor, bisa diperbaiki dan retouch

Kamu juga bisa berkreasi untuk mengambil potongan kayu, triplek, atau komponen lain dari limbah dan memproduksinya jadi furnitur baru atau kreasi lainnya. 

Namun, bisnis daur ulang kayu, furnitur, atau barang rongsok lainnya memang butuh keterampilan seorang pengrajin yang andal. 

8. Daur Ulang Limbah Konstruksi

Sering kali pabrik konstruksi menyisakan limbah seperti kayu-kayu, batu bata, kawat, logam, keramik, ubin, batu-batuan lainnya, besi, hingga beton. 

Mereka tidak menggunakannya karena mungkin ada kondisi cacat atau potongan yang tidak sesuai. 

Itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk produk atau buat bisnis furnitur lainnya. Atau, kamu bisa kumpulkan untuk dijual ke pengepul. 

9. Menjual Kembali Peralatan Bekas

Berbagai peralatan atau perabotan bekas yang masih bagus dan berfungsi baik dengan mudah bisa kamu jual kembali. Mungkin butuh dibersihkan dan dirapikan dulu agar tampak seperti baru. 

Bila ada kerusakan mesin, harus diperbaiki dan dipulihkan dulu. Misalnya, berbagai peralatan rumah tangga. 

Ini akan bermanfaat bagi mereka yang butuh benda itu dan akan dapat harga terjangkau dengan fungsi yang masih oke. 

10. Daur Ulang Komputer

Komputer bekas yang mungkin sudah rusak atau ada beberapa komponennya yang mungkin tidak berfungsi maksimal. Ada orang yang lebih memilih untuk membuangnya karena biaya perbaikannya lebih mahal dibandingkan dengan beli baru. 

Kamu bisa kumpulkan komputer atau barang elektronik bekas lainnya. Itu bisa didaur ulang, ambil peretelan yang bisa diselamatkan seperti hard disk, CD/DVD drive, hingga motherboard. Komponen lain seperti plastik dan logam komputer juga bisa dimanfaatkan. 

Selebihnya, kamu bisa perbaiki agar berfungsi normal lagi. Atau, jual komponennya ke pasar barang bekas. 

11. Daur Ulang Ban

Ban terbuat dari karet, karbon, baja, dan nilon yang tidak mudah terurai. Bila dibakar pun akan menyebabkan polusi udara yang tidak menyenangkan. 

Daur ulang ban bisa diolah jadi pot, kursi, hiasan, pajangan, mainan, dan berbagai produk interior di rumah. 

Pada bisnis daur ulang yang lebih profesional, mereka bisa mencairkan ban bekas dan mengolahnya untuk jadi ban baru lagi. 

12. Bisnis Daur Ulang Kaleng 

Limbah kaleng bisa dimanfaatkan jadi berbagai produk kreatif dan usaha handmade. Contohnya membuat kaleng bekas jadi:

  • Celengan 
  • Tempat pensil
  • Pot bunga 
  • Tempat sendok dan garpu 
  • Tempat penyimpanan 
  • Hiasan/pajangan estetika 
  • Produk interior rumah 
  • Kursi dari kaleng cat besar 
  • Tempat sampah 
  • Dan lainnya 

Beri sentuhan desain, tema, dan warna yang menarik agar produk daur ulang benar-benar terlihat baru dan berkualitas. 

13. Daur Ulang Baterai

Baterai bekas tidak boleh dibuang sembarangan karena mengandung beberapa bahan kimia beracun bagi lingkungan dan manusia.

Baterai bisa didaur ulang untuk diolah/dimurnikan jadi komponen baru yang dapat digunakan untuk produksi baterai baru dan baja. Saat ini, bank baterai juga mendaur ulang baterai untuk jadi baterai mobil listrik. 

Bisnis daur ulang baterai harus dilakukan secara profesional karena butuh pengetahuan, penanganan, dan pengelolaan yang terorganisir.

Sudah menemukan ide bisnis dari sampah yang potensial? Bila ya, lanjut untuk buat perencanaan dan strategi bisnis. Kamu juga bisa pasarkan produk kreatif hasil daur ulang secara online.

Cara memaksimalkannya bisa dengan buat toko online melalui Praktisidigital. Dijamin praktis dan gratis. Klik buat toko sekarang!