36+ Ide Jualan 1000an, Pilihan Jajanan Laris Manis!


Ada banyak ide jualan 1000an, khususnya di bidang kuliner. Banyak jenis camilan dan jajanan enak yang laku dengan harga juga seribuan rupiah. Yuk, cari inspirasi ide jajanan 1000an untuk jualan di bawah ini!

Rekomendasi Ide Jualan 1000an yang Laris Manis 

Kita bisa memulai bisnis dari skala kecil seperti jualan jajanan dan makanan ringan yang enak. Harga jualnya mulai dari seribuan rupiah per per buah. 

Modal membuat jajanan tersebut tergolong rendah dan cara buatnya juga lumayan sederhana. Apalagi banyak orang yang menyukai berbagai jenis camilan tersebut, jadi peluang bisnis kuliner juga tinggi. 

Berikut ini daftar ide jualan jajanan 1000an yang bisa dicoba: 

1. Gorengan

Salah satu bisnis kuliner yang potensial adalah jual gorengan. Ya, gorengan banyak disukai oleh orang-orang dari berbagai kalangan. 

Mulai dari dimakan sebagai camilan atau makanan pendamping, baik di musim panas atau pun musim hujan, gorengan banyak penggemarnya. 

Ada banyak jenis gorengan yang enak seperti tahu isi, tahu goreng, tempe goreng, bakwan, ubi goreng, dan cek lebih banyak ide bisnis gorengan lainnya di sini! 

2. Bakso Bakar

Bakso bakar adalah jajanan yang dibuat dari bakso sapi yang diberi dengan bumbu putih (bawang merah, bawang putih, garam, gula sedikit, dan lada). Jangan lupa daun jeruk dan kecap juga. 

Kemudian, tusuk bakso di tusukan sate dan bakar seperti sate. Tambahkan saus atau sambal bila mau pedas. 

Cara membuat bakso bakar mudah dan modalnya juga terjangkau. Kamu bisa menjualnya dengan harga seribuan per tusuk isi 2-3 bakso. 

3. Bakso Tusuk 

Menjual bakso kuah mungkin modalnya lebih besar. Ada opsi yang lebih terjangkau yaitu jual bakso tusuk–baik bakso sapi, bakso ikan, atau bakso ayam. 

Kamu bisa membuat bakso tusuk dari awal atau membeli beli bakso tusuk mentah dari industri rumahan yang terpercaya. 

Biasanya jajanan ini memang lebih disukai anak-anak, tapi orang dewasa juga banyak yang suka. Kamu bisa menjualnya mulai dari seribuan rupiah per 1-2 butir. 

4. Bakso Goreng

Ide jualan 1000an selanjutnya adalah bakso goreng. Jajanan ini memang baru populer beberapa tahun belakangan ini. 

Bakso besar yang digoreng sampai merekah. Bisa diberi saus, sambel, dan kecap agar lebih nikmat. Harga jual bisa mulai dari seribuan rupiah atau disesuaikan.

5. Telur Dadar Kecil

Telur dadar adalah jajanan yang sehat dan murah. Dicetak bulat-bulat kecil agar menarik.

Target konsumen kamu mungkin hanya anak-anak, tapi peluang usaha ini tetap menjanjikan. 

Karena bahan-bahannya tergolong terjangkau dan sedikit, yaitu hanya telur, daun bawang, garam dan lada, saus, kecap, dan minyak goreng. Bahan baku itu juga tidak basi bila hari itu tidak laku terjual. 

Cara buatnya sangat mudah, bahkan kamu bisa mengajak anak-anak untuk belajar menggoreng telur tersebut asalkan di bawah pengawasan yang benar. 

6. Telur gulung

Telur gulung sebenarnya sama dengan telur dadar biasa, hanya penyajiannya yang berbeda dengan cara digulung menggunakan tusuk sate. 

Modalnya murah, rasanya enak, dan banyak peminatnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya.

Sesuai dengan lokasi jual dan target pelanggan, kamu bisa inovasikan telur gulung agar lebih enak lagi. Misalnya, digulung juga dengan sosis, mie, atau pakai topping keju. 

7. Sempol Ayam 

Ide jajanan 1000an untuk jualan selanjutnya adalah sempol ayam. Jajanan kaki lima ini terbuat dari ayam cincang yang dicampur adonan terigu, tapioka, telur, daun bawang, dan bumbu halus (bawang puting, bawang merah, garam, kaldu, gula, lada).

Adonan diaduk sampai kalis lalu dibentuk bulat panjang dan ditusukkan ke tusuk sate. Lalu, digoreng sampai matang dan garing. 

Harga sempol ayam per tusuk mulai dari seribuan rupiah. Jajanan ini juga enak jadi bisa laris manis! 

8. Jajanan Pasar

Ada banyak aneka jajanan pasar yang enak, seperti pastel, combro, dadar gulung, cente manis, kue ku, gemblong, kue cucur, apem, lontong, pukis, kue lapis legit, kue lumpur, dan sebagainya. 

Nah, pelajari cara menentukan harga jual makanan dengan tepat!

9. Siomay

Siomay adalah jajanan yang terbuat dari ikan tenggiri dan adonan yang dibentuk bulat-bulat atau dibungkus dengan kulit pangsit. Lalu, disiram dengan bumbu kacang yang gurih. 

Memang harga satu porsi siomay paling murah mulai dari lima ribuan, namun bisa kamu sesuaikan dengan ukuran siomay dan target pelanggan kamu. 

Meskipun harga jual murah, tetap pakai bahan-bahan yang aman dimakan, ya! 

10. Batagor 

Batagor adalah jajanan khas yang merupakan singkatan “bakso tahu goreng”. Terbuat dari adonan bakso ikan tenggiri yang dibungkus dengan kulit pangsit, lalu digoreng sampai garing. 

Tekstur luar krispi dan dalamnya lembut. Semakin gurih dan enak diberi saus kacang dan saus sambal. 

11. Bolu Kukus 

Ide jualan kue 1000an adalah bolu kukus per potong atau bolu kukus yang bentuknya mekar. Buat bolu warna-warni agar lebih menarik dan menggugah selera. 

Kamu bisa akali dengan memperkecil ukuran bolu agar bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau. 

12. Martabak Mini

Apalagi ya ide jualan 1000an? Jual martabak mini membutuhkan modal yang lebih terjangkau dari pada martabak terang bulan ukuran normal. 

Harga jual martabak mini mulai seribuan, tapi bisa kamu sesuaikan dengan modal kamu, ya. 

Inovasikan martabak mini dengan berbagai pilihan topping yang enak, misalnya keju, coklat, seli buah, kacang, dan sebagainya. 

13. Risoles

Risol kampung dijual seribuan per buah masih bisa dapat keuntungan. Karena modalnya juga tergolong rendah dan bahan bakunya tidak terlalu rumit. 

Kamu bisa sesuaikan isian risolesnya. Bila ingin dijual dengan harga seribuan, isiannya hanya sayur dan bihun. Bila mau dijual dengan lebih mahal, isiannya bisa ditambah ayam, sosi mayo, atau pun daging. 

Apalagi risol adalah salah satu jenis gorengan yang disukai banyak orang, jadi peluang bisnis ini cukup tinggi. 

14. Sosis Bakar 

Ide jualan jajanan 1000an selanjutnya adalah jual sosis bakar. Satu tusuk sosis bakar bisa dijual mulai dari seribuan. 

Bahan bakunya hanya sosis yang dibalut mentega, lalu dibakar sampai matang. Bisa ditambah saus cabai, mayonnaise, sambal, atau saus keju agar tambah nikmat. 

15. Seafood Goreng atau Bakar

Selain sosis, ada banyak pilihan seafood atau frozen food yang bisa dijual. Cara penyajiannya dengan dibakar atau digoreng. 

Misalnya, fish roll, crab stick, scallop ikan, otak-otak, kornet, chikuwa, atau salmon ball. Satu buahnya bisa dijual seribuan. 

16. Tahu Gejrot

Jajanan tradisional khas Cirebon ini banyak digemari orang. Tahu gejrot dikenal sebagai camilan yang enak dan harganya terjangkau.

Dibuat dari tahu pong dengan kuah asam gurih, juga bisa disesuaikan tingkat kepedasannya dengan cabe uleg. 

17. Lumpia Telur

Bahan baku lumpia telur cukup terjangkau dan mudah didapatkan, yaitu telur, daun bawang, bumbu dasar, dan kulit lumpia. Masih bisa dapat untung bila dijual harga seribuan lebih.

Bila mau yang lebih spesial dengan harga jual sedikit lebih tinggi, kamu bisa tambahkan sosis, bakso, mie, dan sayuran lainnya.

18. Bihun Goreng 

Ide jualan makanan modal kecil selanjutnya adalah bihun goreng. Maksudnya adalah bihun yang ditumis dengan bumbu putih dan kecap.

Bisa dicampur dengan potongan sayuran seperti sawi, wortel, dan kol. Juga bisa disajikan dengan sambal kacang. 

Bihun goreng bisa jadi camilan atau pun lauk. Harganya murah dan rasanya enak, sehingga banyak yang suka. 

19. Lumpia Telur

Ide jualan 1000an selanjutnya adalah lumpia telur atau disebut juga dengan martabak telur mini. Cara buatnya mudah dan bahan-bahannya juga terjangkau, sehingga masih menguntungkan bila dijual murah per potongnya.

Lumpia terluar dibuat dari kulit lumpia yang diisi dengan telur dadar. Bisa ditambah dengan sayuran dan isian lainnya.

20. Cilok 

Cilok adalah jajanan yang dibuat dari aci sebagai bahan utama. Konon kabarnya, dinamakan cilok yang berarti aci dicolok. Adonan aci diberi bumbu dan ikan/udang kering/rebon agar gurih, lalu direbus atau dikukus. 

Bahan-bahannya murah dan mudah didapatkan, tapi tekniknya lumayan sulit karena kita harus mendapatkan tekstur kenyal yang pas. 

21. Cimol

Ada cilok, ada juga cimol. Ini adalah jajanan khas Jawa Barat. Dalam bahasa Sunda, cimol adalah singkatan dari aci digemol atau dibulat-bulatkan. 

Bahan bakunya adalah adonan aci yang diberi bumbu, biasanya tidak ada campuran udang kering atau rebon seperti cilok. Jadi, teksturnya garing diluar dan kenyal di dalam. Lebih nikmat diberi bumbu kering di luarnya, seperti bubuk cabai atau bubuk keju. 

Jajanan ini adalah ide jualan jajanan 1000an yang menguntungkan. Dengan beli seribu rupiah saja pelanggan bisa dapat beberapa butir cimol. 

22. Cireng 

Satu lagi jajanan dari bahan dasar aci atau sagu, yaitu cireng. Cireng biasanya ada dalam kelompok gorengan. 

Kurang lebih bahan baku adonan dan cara buat cireng hampir sama dengan cimol. Hanya cireng berbentuk pipih. 

Untung cireng aci tradisional, bisa dijual mulai dari seribu rupiah. Sememntara cireng isi seperti isi ayam, bakso, dll biasanya dijual dengan harga lebih tinggi. 

23. Cilor 

Ide jualan jajanan 1000an selanjutnya adalah cilor. Memang dikategorikan sebagai jajanan SD atau jajanan anak kecil, tapi laris juga loh! 

Cilor adalah singkatan dari aci telur. Ini seperti adonan cilok yang ditusukan ke tusuk sate, lalu digoreng dengan balutan telur dadar. Tampilannya mirip-mirip dengan telur gulung, tapi ada cilok di dalamnya. 

Sebenarnya ada banyak versi cilor yang banyak disukai, sehingga laris dijual. Mulai dari cilor kuah atau cilor ditumis bareng makaroni.

24. Cilung

Ada lagi jajanan enak dari bahan aci, yaitu cilung. Cilung adalah aci digulung. 

Cilung dibuat dari adonan aci dan tapioka yang bertekstur cair. Dimasak bersama dengan telur puyuh, lalu digulung dengan tusuk sate. 

Kamu bisa jual cilung mulai dari seribu rupiah per tusuk. Biar lebih inovatif, adonan aci bisa digulung bersama sosis juga, tapi harga jualnya sedikit lebih tinggi dari cilung original.

25. Bilung

Bilung adalah bihun gulung. Bihung yang sudah dililitkan di tusuk dari digulung dengan ceplokan telur. Tekniknya sama dengan cara buat telur gulung. 

Nah, ini termasuk jajanan SD yang murah. Per satu tusuk bilung bisa kamu jual seribu rupiah, itu juga sudah dapat untung. 

26. Maklor

Maklor adalah singkatan dari makaroni telor atau telur, ya. Jajanan ini dibuat dari makaroni yang sudah direbus, lalu ditumis lagi dengan telur dadar dan bumbu-bumbu. Biasanya juga ditambah saus atau bubuk cabai. 

Maklor juga bisa dimasak bareng cilor tadi. Secara bahan baku cukup terjangkau dan cara buatnya mudah. Kamu bisa hitung-hitung modal dulu apa bisa dijual mulai dari seribuan rupiah.

27. Makaroni Pedas 

Makaroni pedas adalah salah satu jenis bisnis kuliner kekinian yang paling menguntungkan. 

Makaroni rebus/basah atau makaroni kering yang dicampur dengan bumbu-bumbu kering. Seperti bubuk cabai, bubuk keju, bubuk BBQ, atau bumbu asin. 

28. Kue Cubit

Kue cubit adalah jajanan tradisional yang banyak disukai, terbuat dari adonan tepung terigu dan gula. Mirip-mirip dengan adonan pancake, lalu dipanggang dalam cetakan yang unik. 

Satu potong kue cubit bisa dijual mulai dari seribuan, loh. Meski biasanya orang-orang langsung beli 3-5 potong sekaligus, karena rasanya yang enak. 

29. Kue Laba-Laba

Wah, apa itu kue laba-laba? Ini adalah kue yang dibuat dari adonan yang sama dengan kue cubit. Tidak dicetak, tapi dibuat seperti jaring laba-laba yang besar. 

Teksturnya lebih garing. Anak-anak suka makan kue ini karena ada bentuknya yang unik. 

30. Donat Kampung

Ide jualan 1000an selanjutnya adalah donat kampung, dengan topping gula halus, gula salju, atau meses. Makanan yang enak dan lumayan mengenyangkan.

31. Donat Sate

Adonan donat yang sama, hanya penyajiannya yang berbeda. Adonan dibulat-bulatkan kecil-kecil dan digoreng sampai matang. 

Lalu, dimasukkan di tusuk sate. Satu tusuk isi 2-3 donat. Berikan juga topping sesuai selera, cokelat warna-warni atau meses. 

32. Es Teh 

Ide jualan es 1000an yang paling laku adalah es teh. Siapa yang tidak suka es teh, apalagi di siang yang terik?

Yang penting kamu bisa berjualan di tempat strategis, es tehnya enak dan legit, juga dikemas dengan baik. 

33. Mie Sosis

Sosis gulung mie adalah salah satu kreasi camilan berbahan dasar mie. Intinya, mie digulungkan di sosis lalu digoreng. Tekstur krispi di luar dan lembut di dalam, rasanya sudah pasti enak. 

34. Ide Jualan Es 1000an

Jualan minuman es berbagai varian bakal laris, loh. Apalagi bila kamu jualan di lokasi yang ramai. 

Modalnya juga cukup terjangkau, kamu cuma perlu menyeduh serbuk minuman ringan di air dingin dan es batu. 

35. Keripik

Siapa yang tidak suka kripik? Mulai dari keripik dengan rasa yang manis, gurih, hingga pedas. 

Kamu bisa jual keripik dengan cara buat sendiri atau cari vendor keripik terpercaya.Bungkus keripik dalam kemasan kecil-kecil sehingga kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah ke pelanggan.

36. Ide jajanan 1000an untuk jualan

Ada banyak lagi ide jualan jajanan 1000an, di antaranya: 

  • Snack 
  • Lidi-lidian
  • Kue Pancong 
  • Es Potong 
  • Gulali
  • Kue Leker
  • Pisang Salut Coklat 
  • Dalgona Candy 
  • Takoyaki 
  • Corn Dog 
  • Brownies
  • Jelly Lolly 
  • Es Coklat Stik 
  • Es Lilin 
  • Es Kue atau Es Gabus 
  • Arum Manis Rambut Nenek 
  • Dan banyak lagi 

Bila mau memulai bisnis, pasti ada jalan. Hal yang penting adalah terus belajar dan tidak takut untuk mencoba. Terapkan juga strategi bisnis dan pemasaran terbaru, misalnya jual makanan atau produk lain secara online

Kamu juga bisa kembangkan pemasaran dengan buat toko online melalui Praktisidigital. Selain untuk memudahkan transaksi, tentu saja untuk memperluas jangkauan bisnis. Kamu bisa memperkenalkan bisnis kamu ke audiens tanpa batas. 

Langsung buat toko online melalui Praktisidigital sekarang juga. Gratis!