Perbedaan BNIB, BNOB, dan BNWB dalam Jual Beli Online


Jika sering jual-beli online, kamu mungkin pernah menemukan istilah BNIB, BNOB, dan BNWB. Sebenarnya apa arti dari istilah ini?  Ternyata ketiganya terkait dengan produk yang memiliki kemasan box. Supaya tidak bingung dan salah beli, simak pengertian dan perbedaannya berikut ini!

Apa Itu BNIB?

BNIB adalah singkatan dari Brand New in The Box yang bisa diartikan sebagai “barang baru masih di dalam kotak”. Biasanya istilah ini digunakan oleh para penjual gadget seperti smartphone, laptop, atau tablet. Selain itu, istilah ini juga terkadang digunakan oleh penjual sepatu, khususnya sepatu sneakers.

Umumnya penjual menggunakan istilah ini untuk memastikan bahwa produk yang dijualnya benar-benar masih baru dengan kondisi kotak yang masih disegel (untuk smartphone biasanya belum dibuka plastiknya).

Kondisi produk masih sama seperti kondisi dari pabrik, termasuk kemasannya. Bisa saja penjual ini menawarkan barang tersebut karena salah membeli atau bisa juga karena mereka adalah reseller.

Umumnya reseller mendapatkan barang tersebut dari luar negeri sehingga bisa menjualnya lebih murah dari harga official store yang ada di Indonesia.

Ketika membeli gadget atau sepatu bermerek kamu mungkin akan lebih percaya ketika membeli di toko official, sedangkan yang menggunakan istilah ini biasanya bukan merupakan toko official. Meskipun begitu, bukan berarti toko tersebut menjual barang palsu.

Umumnya pembeli akan jujur apakah barang yang dijualnya tersebut merupakan barang asli atau kw/replika. Sebelum membeli, kamu harus memastikan pada penjual dengan cara bertanya dan melihat review toko.

Apa Itu BNOB?

BNOB adalah singkatan dari Brand New Open Box yang berarti “produk baru dengan kotak sudah dibuka”. Barang ini kondisinya masih sama dengan saat dikeluarkan oleh pabrik, tapi kemasannya sudah dibuka.

Biasanya kemasan dibuka untuk tujuan pengecekan barang. Misalnya untuk memastikan apakah barang dalam kondisi baik atau mengecek kelengkapan produk. 

Terkadang ada yang mengategorikan produk ini sebagai produk bekas, meskipun pada dasarnya produk belum pernah digunakan sama sekali. Bahkan untuk gadget biasanya produk belum dinyalakan sama sekali, benar-benar hanya dilihat isi kotaknya.

Membeli barang seperti ini pada dasarnya lebih minim risiko karena apabila kemasan belum dibuka, ada kemungkinan barang tidak lengkap atau rusak dan proses untuk mengajukan protes ke pabrik langsung mungkin akan sulit, apalagi jika barang berasal dari luar negeri.

Meskipun memang kerusakan dan ketidaklengkapan produk ini jarang terjadi karena pasti pabrik sudah memiliki quality control yang baik.

Apabila kondisi kemasan sudah dibuka, penjual akan memastikan kondisi produk dan kamu bisa melakukan protes ke penjual apabila produk yang sampai tidak sesuai kondisi yang dijelaskan sebelumnya.

Apa Itu BNWB?

BNWoB atau BNWB adalah singkatan dari Brand New Without Box atau bisa juga Brand New With Replace Box.

Istilah ini mengacu pada barang baru yang sudah tidak ada box-nya atau yang box-nya digantikan dengan box baru. Umumnya barang seperti ini adalah barang sample atau barang reject yang juga dijual dengan harga jauh lebih murah dari barang asli. Dibandingkan dengan dua istilah sebelumnya, istilah ini biasanya lebih akrab dengan produk sepatu dan bukan gadget.

Pada dasarnya barang Brand New Without Box adalah barang original, tapi biasanya barang ini tidak dapat langsung didapatkan dari pabrik karena umumnya pabrik tidak akan mengeluarkan barang yang dianggap tidak lulus quality control.

Baik itu membeli barang yang BNIB, BNOB, maupun BNWB, kamu tetap harus memastikan pada penjual soal keaslian barang. Mengingat setiap penjual juga bisa saja melakukan kebohongan atau menipu, maka sangat penting bagi kamu untuk melihat reputasi penjual sebelum bertransaksi.

Contoh Perbedaan BNIB, BNOB, BNWB

Melihat penjelasan di atas, kamu mungkin sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang ketiga istilah ini. Sekarang saatnya menggambarkan dengan contoh langsung.

Contoh produk BNIB adalah seperti handphone yang masih di dalam kotak dan segel plastiknya belum dibuka, sedangkan untuk sepatu biasanya kotaknya tidak disegel dan bisa dibuka. Meskipun begitu, terkadang ada juga pihak retailer yang menyegel kotak sepatu sebelum mengirimnya ke pembeli.

Ketika segel atau plastik pada kotak handphone dibuka dan dilihat isinya bisa dilihat, maka status barang akan menjadi BNOB. Istilah Brand New Open Box jarang digunakan dalam digunakan pada produk sepatu.

Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang membeli barang secara online atau mendapatkan produk dari hadiah dan produk tersebut kotaknya disegel.

Segelnya akan dibuka untuk melihat kondisi produk atau mencoba produk. Sayangnya ternyata produk tersebut tidak pas atau kurang disukai, sehingga pemilik memilih untuk menjualnya dan melabeli produk tersebut sebagai produk Brand New Open Box. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, istilah BNWB jarang digunakan untuk gadget karena biasanya gadget yang dijual tanpa box bukan merupakan barang baru, sehingga tidak dapat lagi dilabeli sebagai barang “brand new”. Istilah ini paling umum ditemukan untuk sepatu sneakers yang dijual secara online

Mungkin tidak sulit membedakan barang yang masih disegel dan sudah tidak disegel. Lalu bagaimana membedakan barang BNOB dan BNWB?

Cara membedakannya adalah dengan melihat tag pada produk dengan informasi yang ada pada kotak. Biasanya produk sepatu akan memiliki informasi tentang size dan sebagainya pada tag dan box, apabila informasinya berbeda, berarti barang tersebut termasuk Brand New Without/With Replace Box, bukan Brand New Open Box.

Itu dia informasi penting tentang tiga istilah yang terkait dengan box produk. Semoga informasi ini bermanfaat ketika kamu berbelanja!

Kalau kamu punya bisnis online dan ingin semakin berkembang, segera miliki website toko online yang bisa dibuat di Praktisidigital. Bisa buat website gratis untuk bisnis kamu, lho!