25 Ide Usaha untuk Pengantin Baru Tambah Penghasilan


Mencari ide usaha untuk pengantin baru? Jika kamu dan pasangan suka eksplorasi kegiatan positif bersama termasuk mencoba peluang usaha dan sisi kewirausahaan kalian, berikut ini beberapa ide usaha yang cocok untuk pengantin baru yang potensial di bawah ini! 

Rekomendasi Usaha untuk Pengantin Baru 

Kamu berbagi banyak hal dengan pasangan, dan mungkin cocok juga untuk berbisnis bersama. Apalagi bila memiliki passion, keterampilan, dan latar belakang profesi yang sama atau bisa saling melengkapi. 

Pada pemikiran lainnya, menjalani bisnis bersama pasangan terdengar sangat berisiko karena khawatir tidak bisa profesional atau membawa urusan rumah tangga ke pekerjaan juga. 

Sebelum memutuskan untuk berbisnis bersama, keduanya memang harus punya prinsip kepercayaan dan kerja sama yang kuat. 

Selain itu, tetapkan juga tujuan bisnis apakah hanya untuk mendapat uang tambahan, mengumpulkan uang untuk satu rencana, atau membuka bisnis sebagai sumber penghasilan utama bersama. 

Untuk mempermudah tugas memilih ide bisnis, berikut ini beberapa ide usaha yang cocok untuk pengantin baru! 

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu industri yang paling dan akan selalu populer. Ini karena makanan adalah salah satu kebutuhan standar dan utama, juga sepertinya kebanyakan orang suka mencoba menu baru dan menjadi langganan makanan enak. 

Mulai dari bisnis warung makan sederhana, jual makanan ala kaki lima, bisnis makanan di ruko kecil, buat resto atau cafe, dan model bisnis F&B lainnya. 

Pastinya, siapkan pilihan menu yang enak dan harganya sesuai. Ada banyak peluang bisnis kuliner yang bisa dikembangkan, misalnya: 

2. Produksi Bumbu Dapur Kemasan

Jual bumbu dapur kemasan dan bumbu untuk food preparation bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan. 

Kamu bisa membelinya secara grosir untuk dijual lagi ke perkumpulan ibu-ibu, atau membuat bumbunya sendiri secara organik. 

Misalnya, mengemas bumbu-bumbu yang sudah dikupas atau dihaluskan untuk menu seperti ayam goreng, sayur asem, soto, opor, rendang, dan sebagainya. 

Jual garlic oil, chilli oil, atau berbagai jenis sambal jadi di botol kecil juga bisa laris, loh! 

3. Bisnis Produk Handmade

Jual berbagai jenis produk kreatif buatan tangan sendiri, seperti:

  • Lilin aromaterapi. 
  • Kerajinan dari sabun.
  • Baju hasil desain sendiri.
  • Kreasi rajutan. 
  • Kerajinan tangan bernilai seni tinggi. 
  • Handmade accessory. 
  • Resin jewelry. 
  • Produk digital. 
  • T-shirt dan merchandise cetak. 
  • Peralatan makan dengan ukiran. 
  • Karya seni dan sebagainya. 

Jenis usaha handmade memang tidak bisa instan dikerjakan karena kamu harus mahir dulu memproduksi produknya, sambil mencari peluang dan mencoba strategi bisnis terbaik. 

4. Bisnis Minuman Kekinian

Selain makanan, saat ini peluang bisnis minuman kekinian juga tinggi. Minuman yang bukan sekadar minuman tapi juga punya prestise.

Jangan khawatir, kamu bisa kreasi minuman kekinian dengan modal yang terjangkau. Manfaatkan bahan baku yang ada, yang penting tampilan dan kemasan produknya estetika. 

Beberapa rekomendasi ide bisnis minuman kekinian:

  • Minuman boba.
  • Minuman coklat. 
  • Kopi susu kekinian.
  • Cheese tea.
  • Yakult tea.
  • Es jamu.
  • Es jelly buah. 

5. Bisnis Katering

Ide usaha untuk pengantin baru selanjutnya adalah bisnis katering yang bisa dimulai dari skala rumahan. Bila kamu atau pasangan jago masak dan punya menu andalan, atau ingin membantu memfasilitasi keluarga yang bisa masak–ini peluang bisnis yang potensial.

Bisa mulai dari jenis katering skala kecil, misalnya katering untuk acara ulang tahun, acara selamatan di rumah, atau acara lain yang pesan puluhan porsi makan saja. 

Pelajar tpis dan cara bisnis katering rumahan di sini! 

6. Bisnis Coffee Shop

Bila kamu dan pasangan sama-sama punya passion yang kuat untuk ngopi dan tentang kopi, itu bisa dikelola jadi peluang bisnis. 

Apalagi kalian sudah merasakan berbagai jenis kopi di berbagai jenis coffee shop, kedai sederhana, atau warung kopi–itulah research terbaik.

Wujudkan ide dan inspirasi coffee shop impian kamu dan pasangan. Sesuaikan dengan modal dan pastinya ini butuh perencanaan dan strategi bisnis yang tidak main-main. 

7. Blogging

Blogging adalah bentuk aplikasi mempublikasikan konten online dalam bentuk tulisan, fotografi, dan media lain di website. 

Kamu bisa mendokumentasikan kehidupan kamu sama pasangan di blog. Tentunya konten edukasi yang bermanfaat atau menghibur, dan tidak oversharing kehidupan pribadi. 

Ini bisa menghasilkan uang karena kamu bisa mendapatkan iklan atau kerja sama dengan brand terkait. Tentunya bila konten kamu memiliki trafik tinggi dan relate dengan kehidupan pasangan lainnya. 

8. Content Creator

Selain di blog, kamu dan pasangan bisa membagikan konten bersama di media lain seperti YouTube dan media sosial lainnya. 

Mulai dari membagikan tips dan trik, vlogging, review produk atau makanan, bercerita, belajar bersama, atau fokus pada niche tertentu yang kalian minati.

9. Bisnis Afiliasi

Affiliate marketing adalah strategi untuk mempromosikan produk suatu brand, di mana perusahan kerja sama dengan mitra afiliasi (sering disebut sebagai affiliator). 

Affiliator akan dapat komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan dengan kode atau link afiliasinya. 

Pelajari lebih banyak tentang affiliate marketing dan cara menjadi mitra afiliasi yang baik di sini

10. Jasa Fotografi

Bisnis fotografi bisa jadi usaha yang cocok untuk pengantin baru. Bila kalian punya passion di fotografi atau memang sudah menjalani profesi ini.

Atau, bila pasangan bisa jadi model, punya kemampuan tata rias, marketing, atau profesi lainnya yang berhubungan dan dapat menunjang bisnis fotografi bisa berjalan. 

Ada beberapa jenis bisnis fotografi, termasuk:

  • Wedding dan prewedding photography.
  • Jasa food photography atau foto produk.
  • Bisnis fotografi komersial.
  • Menjadi jurnalis foto.
  • Jual stok foto di internet, dan sebagainya. 

11. Bisnis Retail

Bisnis ritel adalah menjual barang atau produk eceran ke konsumen tingkat akhir untuk mereka gunakan secara pribadi atau skala rumah tangga–tidak untuk mereka jual kembali. 

Contoh bisnis ritel adalah warung sembako, toko kelontong, agen makanan, minimarket, warehouse, ritel internet, atau jenis jualan eceran lainnya. 

12. Usaha Pakaian

Bisnis baju bersama pasangan ide yang bisa direalisasikan juga. Cari supplier baju terbaik dan jalankan strategi bisnis yang efektif. 

Kamu bisa promosikan baju couple sekalian dengan kamu dan pasangan sebagai modelnya.

Cek ada banyak produk pakaian yang laris dijual, termasuk: 

13. Bisnis Tanaman

Salah satu ide bisnis di komplek perumahan yang potensial adalah bisnis tanaman. 

Minat orang terhadap tanaman hias kian tinggi seiring dengan peningkatan kesadaran lingkungan. Tanaman hias juga dapat menambah keindahan lingkungan sekitar. 

Tak heran bisnis tanaman hias jadi lahan subur. Termasuk juga jenis tanaman lain seperti tanaman obat, tanaman herbal, tanaman sayuran, tanaman buah-buahan, bisnis bibit tanaman, hingga tanaman hidroponik. 

Tren terbaru adalah tanaman terrarium, yaitu menanam tanaman hias di wadah kaca bening, mika, atau wadah plastik transparan. Ibarat tanaman dalam aquarium. Menambah keindahan dan estetika ruangan. 

Jenis tanaman untuk terrarium adalah sirih gading, baby tears, pilea microphylla, daun dolar, pakis kancing, tanaman doa, dan banyak jenis tanaman hias lainnya. 

14. Bisnis Perlengkapan Bayi

Salah satu peluang bisnis untuk ibu rumah tangga adalah jual perlengkapan bayi dan anak. 

Bisnis perlengkapan bayi mulai dari pakaian bayi, alat makan, perlengkapan popok bayi, peralatan mandi, dan produk perawatan bayi. 

Produk kebutuhan ibu juga cukup tinggi pasarnya, seperti gendongan bayi, stroler, kain, tas, hingga alat pompa ASI. 

15. Bisnis Peralatan Rumah Tangga 

Usaha untuk pengantin baru selanjutnya adalah bisnis peralatan rumah tangga. Bisa dikatakan perlengkapan rumah tangga selalu dibutuhkan setiap hari.

Selain itu, modal bisnis terjangkau dan banyak vendor atau supplier yang murah dengan berbagai pilihan produk serta brand

Bagi yang sudah menikah biasanya jadi lebih familiar dengan berbagai produk peralatan dan perlengkapan rumah tangga, termasuk mengetahui kisaran harga pasar dan produk apa yang dibutuhkan atau sedang banyak dicari. 

Semoga ini bisa jadi saran riset pasar untuk ide bisnis terbaik. 

16. Jual Tas, Sepatu, dan Aksesori

Produk tas, sepatu, dan berbagai aksesori cenderung selalu punya permintaan pasar yang tinggi. Selain berdasarkan fungsinya, permintaan tersebut juga terkait gaya dan fashion. 

Juga tren produk tersebut cepat berubah, sehingga pebisnis bisa memanfaatkan peluang tersebut. 

Baca pasanya dulu dan tetapkan strategi. Sesuaikan jenis dan merek produk dengan segmentasi pasar yang kamu incar. 

17. Merchandise

Kamu dan pasangan mungkin menggemari penyanyi, band, atau klub bola yang sama. Di mana ada peluang bisnis untuk jual berbagai produk merchandise asli. 

Misalnya istri yang suka K-Pop bisa sekalian menjalankan bisnis photocard dan merchandise boyband atau girlband

Di mana dia akan lebih semangat untuk mempelajari jenis merch apa yang paling dicari, di mana mendapatkannya, serta ke siapa harus menjualnya. 

Suaminya mungkin penggemar band rock tertentu, juga bisa menjalankan bisnis dagang sesuai dengan minatnya. 

18. Bisnis Daur Ulang

Bila kamu dan pasangan ingin menyebarkan kampanye cinta lingkungan dan di saat yang sama juga ingin punya penghasilan sampingan, bisnis daur ulang adalah solusi yang tepat. 

Daur ulang adalah proses untuk mengelola limbah atau sampah tidak berguna jadi produk baru yang punya daya guna dan nilai yang baru. 

Memang, kesadaran lingkungan bisa di mulai dari lingkup yang paling kecil, yaitu rumah tangga. Mungkin saja aksi baik ini bisa menyebar ke lingkup yang lebih besar. 

Mulai dari menerapkan sistem memisahkan sampah sesuai tipenya, bijak menggunakan produk sekali pakai, hingga daur ulang limbah tersebut sesuai jenis dan tujuannya. 

19. Bisnis Produk White Label

Usaha untuk pengantin baru selanjutnya adalah bisnis produk white label. 

Produk white label adalah produk dari produsen yang sengaja diproduksi tanpa merek atau label putih. Sehingga, pihak lain bisa menjualnya lagi dengan memberikan mereknya sendiri. 

Bagi pengantin baru yang mungkin tidak punya waktu untuk produksi produk dari awal, tapi tetap ingin punya bisnis, bisa memanfaatkan produk white label ini.

Pilih jenis produk apa yang ingin dijual, bisa berupa makanan, minuman, peralatan, aksesori, pakaian, produk kosmetik, dan sebagainya.

20. Bisnis Reseller

Bisnis reseller bisa dijalankan dengan modal kecil. Bisnis reseller adalah bisnis yang dijalankan dengan menjualkan produk dari supplier atau brand.

Produk itu dibeli dengan harga di bawah pasaran dari supplier atau brand, untuk kemudian dijual lagi ke konsumen tingkat akhir dengan harga pasar yang lebih tinggi. 

Khusus untuk perusahaan, mereka membutuhkan reseller untuk pemasaran dan memperluas jangkauan bisnis. 

Bila perusahaan itu pusatnya di Jakarta, maka butuh reseller di Bandung atau wilayah lainnya sehingga produk tersebut dapat dipasarkan di wilayah lain (tanpa harus buka kantor cabang).

Jaringan reseller resmi membantu brand dan konsumen. Konsumen pun akan mendapat produk asli dengan harga yang masuk akal. 

Jaringan reseller juga sangat laris di e-commerce dan jualan di media sosial. Cek lebih banyak keuntungan menjadi reseller di sini! 

21. Bisnis Dropship

Coba peluang bisnis tanpa modal di HP, salah satunya adalah bisnis dropship

Apa perbedaan reseller dan dropshipper? Menjadi dropship biasanya membutuhkan modal yang lebih sedikit atau bahkan tanpa modal, karena kamu tidak perlu membeli dulu produk yang akan dijual dan tidak perlu juga menyimpan stok. 

Bisnis ini kebanyakan dijalankan secara online. Cara kerjanya adalah seorang dropshipper mempromosikan produk yang sama dari brand

Bila ada yang mau beli, mau dropshipper mengirimkan data pembeli ke brand. Brand akan melanjutkan proses jual beli. 

Dropshipper akan mendapatkan komisi dari produk yang laku melalui tokonya.

22. Streaming Jualan Online

Cara bisnis yang paling baru, yaitu streaming jualan online. Ini adalah pendalaman dari bisnis online

Seorang penjual memasarkan produk dagangannya dengan cara live streaming atau melakukan siaran langsung melalui media sosial atau platform pihak ketiga lainnya seperti e-commerce. 

Dalam prosesnya, penjual yang bertindak sebagai moderator harus mempresentasikan produknya dengan baik. Juga harus menarik dan seru agar audiens mau tetap menontonnya hingga akhirnya membeli. 

Biasanya, penjual juga akan memberikan banyak diskon, cashback, atau penawaran menarik lainnya. 

23. Bisnis Berdasarkan Latar Belakang Profesi

Kamu dan pasangan mungkin punya profesi yang sama, berkaitan, atau berbeda tapi bisa saling melengkapi. 

Bila kalian merasa sudah cukup punya bekal, pengalaman, modal, dan pertimbangan lainnya untuk menciptakan bisnis sendiri dari latar belakang tersebut. 

Tentu ada banyak proses bisnis yang harus dilalui. Mulai dari buat perencanaan dari awal, menemukan ide yang realistis, strategi, dan eksekusi yang matang. 

Gunakan teknik analisis bisnis untuk membantu kamu mendapatkan gambaran dan rencana bisnis terbaik. 

24. Menemukan Sumber Ide Bisnis Lainnya

Temukan sumber ide bisnis lainnya berdasarkan pengalaman, passion, atau masalah yang kalian punya dan coba pecahkan.

25. Bisnis Online 

Apapun lini usaha, mari optimalkan dengan bisnis online. Ada banyak keuntungan bisnis online, seperti bisa dijalankan dengan modal terbatas untuk menjangkau audiens yang lebih luas. 

Kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital. Praktis dan gratis. Sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas bisnis online yang memadai, juga mudah dioperasikan. 

Desain website bisa dipersonalisasi sesuai keinginan, ada 100+ template desain siap pakai. Fitur lengkap seperti payment gateway, integrasi dengan kurir, bayar COD, dan banyak lagi. 

Tidak perlu repot coding, cara daftarnya pun gampang banget. Yuk, klik untuk buat toko online sekarang!