31 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan


Ada stigma bahwa bisnis yang sukses dimulai di kota besar, padahal ada berbagai peluang usaha di desa yang menguntungkan asal mau berusaha dan selalu belajar. Mulai dari bisnis toko sembako hingga bisnis online bisa dilakukan di kampung, yuk cek apa saja usaha menguntungkan di desa berikut ini!

Pilihan Peluang Usaha di Desa

Berbagai usaha pembangunan dan fasilitas di wilayah pedesaan terus mendorong pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain, masyarakat pedesaan dapat memanfaatkan sumber daya alam dan mengembangkan berbagai kemampuan untuk memulai bisnis sendiri. 

Berikut ini beberapa usaha menguntungkan di desa yang bisa kamu coba:

1. Toko Sembako

Baik di kota atau desa, bisnis toko sembako hampir selalu laris karena memang menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari. Bedanya, warga di desa mungkin harus menempuh jarak yang jauh untuk belanja. 

Kamu bisa memudahkan masyarakat sekitar dengan bisnis toko sembako. Cari vendor terpercaya dengan harga bersaing, agar kamu bisa menjual kembali sembako dengan harga yang tidak terlalu tinggi ke konsumen. 

Sediakan berbagai produk dengan bentuk eceran atau menyesuaikan kemampuan beli konsumen. Bila sudah berjalan, kamu bisa mengembangkan bisnis dengan jual sembako online juga. 

2. Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank)

PPOB adalah jasa pembayaran listrik, air, internet, pulsa, bayar leasing, beli tiket, isi saldo digital, bayar BPJS, transfer dana, dan sistem pembayaran online lainnya.

Mungkin belum banyak agen PPOB di desa, namun ada peluang bisnis karena ada permintaan konsumen. Modal agen PPOB dimulai dari satu juta rupiah, tergantung pada skala dan layanan yang ingin kamu sediakan. 

3. Warung Makan

Cara memulai bisnis kuliner dengan melakukan riset pasar tentang menu makanan apa yang dinilai akan laris, di mana lokasinya, dan siapa target konsumennya. 

Kamu bisa jual menu untuk sarapan, makanan rumahan yang sederhana tapi nikmat, makanan khas yang pasti disukai warga, camilan, sayur, dan lauk-pauk lainnya. 

Umumnya, warung makan dengan menu enak, porsi cukup, dan harga terjangkau pasti akan laku keras. Bila fasilitasnya sudah memadai, kamu bisa bergabung jualan makanan online melalui platform multi-layanan.

4. Warung Kopi

Budaya minum kopi sambil berkumpul bersama kawan-kawan sepertinya tidak akan hilang. Kamu bisa memanfaatkan tradisi itu untuk bisnis kedai kopi di desa. 

Justru warung kopi sederhana yang paling dicintai oleh banyak masyarakat lokal. Menyajikan berbagai jenis kopi lokal, camilan khas desa, menu mie instant, dan tempat yang nyaman untuk berbagi cerita. 

Kamu butuh sejumlah modal untuk sewa kios di lokasi strategis, beli bahan jualan, beli peralatan masak, serta kebutuhan furnitur. Dilansir dari berbagai sumber, modal untuk buat warkop paling kecil mulai lima juta rupiah namun kembali lagi disesuaikan dengan target bisnis kamu. 

5. Bisnis Angkringan Gaul

Angkringan adalah tempat makan yang berasal dari Yogyakarta, menjual nasi kucing, sate-satean, mendoan, ayam bacem, wedang jahe, gorengan dan menu makanan khas lainnya.

Bisnis angkringan mulai menjamur di berbagai daerah hingga perkotaan. Bila kamu ini menyasar target konsumen anak muda di tempat yang strategis, bisa memodifikasi angkringan dengan sentuhan yang sedikit lebih modern. 

Misalnya, menambahkan dekorasi yang aesthetic, ada WiFi, dan dilengkapi dengan live music. Sementara untuk menu makanan, sebaiknya tetap mempertahankan menu autentik angkringan dengan harga yang terjangkau. 

6. Bisnis Warnet

Kebutuhan akan internet semakin tinggi, baik untuk belajar, sekolah online, urusan pekerjaan, mencari informasi, atau hiburan. Namun, mungkin belum banyak akses komputer atau laptop pribadi sehingga buka bisnis warnet (warung internet) termasuk dalam usaha menguntungkan di desa.

Ada juga warnet khusus game dengan biaya rental per jamnya yang biasanya lebih mahal. Selain itu, kamu bisa sekalian buka jasa mengetik, cetak dokumen, atau cetak foto. 

7. Rental Playstation

Banyak anak-anak suka main game online, salah satunya playstation namun tidak memilikinya. Mereka akan pergi main PS ke rental, maka di situ ada peluang bisnis yang bisa kamu coba. 

Memang modalnya lumayan tinggi karena kamu harus beli berbagai alat teknologi canggih, seperti LCD, PS, DVD game, dan sebagainya. Belum lagi harus sewa tempat dan biaya operasional seperti listrik. 

Kamu bisa melakukan riset pasar dulu dan menyiapkan bisnis sesuai dengan kemampuan modal. Mungkin bisa dimulai dari 1-2 peralatan PS dulu, sembari menghitung revenue dan mempelajarinya. 

8. Usaha Pertanian Hidroponik

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah pertanian hidroponik, menanam tanaman dengan media air tanpa tanah sama sekali. Cocok bila kamu tak punya lahan luas dan perawatannya juga mudah. 

Contoh tanaman hidroponik adalah tomat, semangka, paprika, stroberi, blueberi, wortel, cabe, kangkung, sawi, dan lainnya.

Sebagai informasi, hasil sayur atau buah hidroponik lebih mahal karena diklaim lebih sehat. Kamu bisa menjadi pemasok atau vendor tanaman hidroponik untuk dijual di kota. 

9. Jual Tanaman Hias

Pengusaha dari kota sampai datang ke desa untuk membeli tanaman hias, baik untuk dirawat sendiri atau dijual lagi. Itu berarti ada peluang usaha di desa dari bercocok tanam.

Contoh tanaman hias yang banyak peminatnya adalah suplir, tanduk rusa, aglaonema, gelombang cinta, kuping gajah, pohon dolar, pucuk merah, dll. Kamu juga bisa bisnis bibit tanaman tersebut. 

10. Bisnis Peternakan

Kebanyakan warga desa sudah familiar dengan bisnis peternakan, mulai dari ternak ikan, unggas, kerbau, sapi, atau kambing. Bisnis ini bisa dilanjutkan dan terus dikembangkan, misalnya menjadi distributor ikan dan unggas untuk restoran.  

11. Jual Beli Ikan Hias

Modal bisnis ikan hias terbilang kecil. Kamu bisa mulai ternak ikan hias di aquarium dan pilih jenis ikan yang mudah dirawat sebagai permulaan bisnis. 

Tentunya kamu harus paham ilmu perawatan ikan hias dan juga memastikan ada peminatnya. Contoh jenis ikan hias yang memiliki pasar yang luas adalah ikan manfish, ikan cupang, ikan molly, ikan guppy, ikan discus, ikan komet, ikan tetra, dll. 

12. Budidaya Jamur

Salah satu jenis agribisnis yang menguntungkan karena permintaan konsumen akan jamur tiram, jamur kuping, dan jamur merang lumayan tinggi. Jenis jamur tersebut biasanya diolah jadi berbagai menu makanan yang populer. 

13. Pom Bensin Mini

Pertashop adalah program dari Pertamina dalam rangka membangun outlet jaringan distribusi BBM ritel merata di seluruh Indonesia, khususnya wilayah pedesaan. 

Sama seperti SPBU Pertamina, Pertashop juga sebagai tempat pengisian bahan bakar subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel lain. Modal Pertashop mulai dari 250 juta dan kamu harus memenuhi persyaratan lain sesuai ketentuan Pertamina. 

14. Mengembangkan Bisnis UMKM 

Pemerintah juga mengupayakan berbagai program dalam membantu pertumbuhan ekonomi dari sektor UMKM, seperti adanya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sebagainya. Dana KUR dialokasikan untuk membantu UMKM dan koperasi dalam pendanaan modal dan investasi untuk mengembangkan peluang usaha di desa. 

Apapun jenis UMKM dengan kegiatan bisnis produktif bisa mengajukan dana KUR. Selain itu, kamu bisa mengikuti pelatihan bisnis dari pemerintah atau swasta untuk menambah ilmu dan kemampuan bisnis sesuai dengan yang kamu jalankan. 

15. Unit Manufaktur Skala Kecil

Dalam rangka memenuhi permintaan di daerah setempat atau memasok produk ke kota-kota terdekat, unit manufaktur skala kecil sangat ideal di kota kecil. 

Contoh usaha menguntungkan di desa dalam sektor manufaktur skala kecil adalah tas sekali pakai, kemasan produk, membuat gelas atau piring kertas, tekstil dan garmen, makanan dan minuman, dan jenis kerajinan lainnya.  

16. Jual Souvenir Khas Daerah

Wilayah pedesaan sering menjadi destinasi wisata karena pemandangannya yang indah, asri, dan banyak pengunjung yang ingin belajar kebudayaan dan kesenian setempat. Ada peluang usaha di desa, kamu bisa menjual souvenir khas daerah setempat untuk para pengunjung. 

Misalnya, menawarkan batik tradisional setempat, jual wayang, kerajinan tangan, anyaman, lukisan, furnitur, gantungan kunci, atau pajangan. Tentu saja dengan beragam kekayaan Indonesia ada banyak jenis cendera mata yang memesona dan bernilai lainnya.

17. Jual Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah

Salah satu usaha menguntungkan di desa adalah bisnis kuliner khas daerah, termasuk makanan pokok atau cemilannya. Industri kuliner memang jadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi kreatif. 

Berbagai jenis makanan Indonesia terkenal kaya rempah dan lezat, baik untuk penduduk lokal, wisatawan lokal, dan wisatawan asing. 

18. Sub Agen Elpiji dan Galon

Menjadi sub agen Elpiji yang resmi berarti kamu menjadi pusat agen di suatu wilayah untuk menyalurkan gas Elpiji ke pengecer. Kamu harus memenuhi syarat dan perizinan ke cabang Pertamina terdekat. 

Selain itu, bisnis agen galon juga menjanjikan. Memenuhi kebutuhan air minum di wilayah setempat, kamu harus riset pasar dulu merek galon apa yang paling diminati atau menyediakannya berdasarkan kategori harga.

19. Usaha Jasa Titip ke Kota

Jasa titip bagi penduduk desa yang ingin membeli produk-produk tertentu di kota. Bisnis ini cocok bila kamu memang suka bolak-balik ke kota.Bisa dikatakan bisnis ini tanpa modal atau modal kecil. 

Orang cenderung menggunakan jasa titip karena harga jualnya lebih masuk akal daripada beli di toko terdekat, juga tidak mau beli online karena beban ongkos kirim yang tinggi.

20 Penginapan atau Homestay

Bila kebetulan tempat tinggal kamu punya kamar kosong dan dekat dengan wisata lokal, kenapa tidak disewakan sebagai penginapan? Kamu perlu sedikit renovasi dan menambahkan beberapa fasilitas agar pengunjung nyaman.

Kamu juga bisa menyediakannya sebagai homestay atau guesthouse. Misal, untuk pelajar, mahasiswa, atau pekerja yang sedang melakukan penelitian di wilayah sekitar. Sembari kamu bisa mengenalkan budaya, lingkungan, dan maknanya khas yang ada. 

21. Jasa Bimbingan Belajar

Memberikan bimbingan belajar berupa materi sekolah atau suatu ilmu pemahaman bagi adik-adi di desa, memang bukan usaha menguntungkan di desa tapi akan sangat membantu. 

Selanjutnya, kamu bisa kerja sama dengan komunitas sosial atau program pemerintah untuk memberi fasilitas pendidikan yang layak bagi anak-anak setempat yang membutuhkannya.

22. Jual Camilan Tradisional

Selain memperkenalkan cemilan dan kuliner tradisional, kamu bisa sekalian bisnis yang menguntungkan. Mulai dari kue basah, kue kering, keripik, bolu, dan berbagai jenis jajanan pasar yang nikmat. 

23. Kerajinan Tangan Lokal

Bila dikelola dengan strategi pemasaran yang baik, berbagai hasil kerajinan tangan lokal bisa laris sekaligus menjadi identitas wilayah tersebut. Contohnya, gelang tangan, keranjang, dekorasi rumah, aksesori, ukiran, dan sebagainya. 

24. Menjadi Pemandu Wisata

Kamu sebagai warga lokal pasti paling paham tentang seluk-beluk kawasan wisata sekitar. Mulai dari rekomendasi tempat-tempat indah, jejak sejarah, kuliner, seni, budaya, dan sebagainya. 

Kamu mungkin harus kerja sama dengan agensi travel setempat dan menambah kemampuan bahasa Inggirs agar bisa memandi turis asing juga. Bayaran menjadi tour guide lumayan tinggi, loh!

25. Jasa Travel

Bila punya modal yang cukup dan strategi yang matang, kamu bisa buka jasa travel untuk kawasan wisata sekitar. Sediakan paket wisata lengkap dan fasilitas memadai. 

Mulai dari akomodasi kendaraan, penginapan, destinasi wisata, pemandu wisata, dan juga mengutamakan kenyamanan dan keamanan wisatawan. 

26. Jasa Fotografi

Selain liburan, sebagian wisatawan memiliki tujuan untuk mengambil foto yang sempurna di tempat wisata. Kamu bisa mengambilnya sebagai peluang usaha sebagai juru foto bagi wisatawan.

Selain itu, kamu bisa mengambil stok foto dari berbagai kegiatan dan pemandangan di wilayah sekitar lalu menjualnya secara online.

27. Bisnis Pakaian

Peluang usaha di desa selanjutnya adala bisnis pakaian. Mengingat pakaian adalah kebutuhan primer semua orang, maka akan selalu ada permintaan. 

Persaingan bisnis pakaian di desa juga relatif longgar dan modalnya juga fleksibel. Kamu bisa menjual pakaian dengan sistem kredit juga. 

28. Toko Ritel

Bisnis toko ritel dari berbagai kategori bisa dijalankan di desa, termasuk toko kelontong, toko elektronik, toko listrik, toko kue, dan sebagainya. 

Kamu perlu memahami kebutuhan apa yang paling urgen di desa dan siapa target konsumen. Kamu juga perlu keterampilan dan pengetahuan 6M dalam wirausaha untuk membuka toko ritel.

29. Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper menjadi salah satu usaha menguntungkan di desa yang tidak butuh modal. Kecuali kamu harus memiliki smartphone dan koneksi internet yang memadai. 

Pahami perbedaan reseller dan dropshipper serta cara sukses menjalankannya di sini

30. Content Creator

Kata siapa hanya orang kota yang bisa jadi content creator? Siapa saja bisa menjadi content creator sekaligus creativepreneur bila punya tujuan dan kemauan untuk belajar. 

Misalnya, kamu ingin berbagi tentang kehidupan di desa, fasilitas di area sekitar rumah kamu, budaya, kesenian, keunikan, bagaimana transportasi di sana, atau seputar pekerjaan dan hobi kamu sehari-hari. 

31. Bisnis Online 

Bisnis online memungkinkan kamu menjangkau konsumen lebih luas, apapun itu produk dan layanan yang kamu tawarkan. 

Bila sekarang kamu sudah jualan secara konvensional, kamu bisa mengembangkannya dengan bisnis online melalui merchant di e-commerce, penyedia ride hailing, atau website.

Website toko online bisa menjadi media informasi dan promosi brand kamu dengan lebih terintegrasi. Kamu bisa bergabung dengan merchant online Praktisidigital, platform solusi e-commerce tercanggih di Indonesia. 

Memudahkan kamu dalam mengembangkan peluang usaha di desa dengan berjualan online karena ada fasilitas lengkap seperti integrasi dengan logistik, opsi pembayaran digital, 100++ template website premium, sistem manajemen order yang komprehensif, dan perangkat digital marketing.

Memungkinkan kamu tetap bisa berbisnis dengan optimal ke jangkauan yang lebih luas walaupun menjalankannya dari desa. Pelajari lebih lanjut tentang keunggulan, manfaat, dan cara daftar merchant bersama Praktisidigital di sini!