17 Ide Bisnis Online untuk Wanita Karier, Bisa Jadi Sampingan!


Bisnis online untuk wanita bisa jadi salah satu pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Beberapa tahun belakangan jumlah konsumen yang berbelanja online semakin meningkat sehingga penjualan toko online pun meningkat pesat.

Bisnis Online untuk Wanita Karier dan Ibu Rumah Tangga

Bisnis online bisa jadi pilihan para wanita untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut beberapa yang bisa dicoba:

1. Alat Make Up

Make up memang identik dengan wanita sehingga bisnis ini juga cocok dijalani oleh wanita. Sekarang belajar make up menjadi sangat mudah karena banyak munculnya beauty influencer.

Hal ini tentunya membuat penjualan alat make up juga semakin meningkat karena semakin banyak wanita yang tertarik untuk menggunakannya.

Tren produk make up ini berganti-ganti secara cepat baik itu untuk produk-produk loka dan internasional. Bagi kamu yang suka memperhatikan tren make up di Indonesia, bisnis yang satu ini cocok untuk kamu.

2. Produk Perawatan Kulit

Selain penggunaan make up, semakin banyak juga wanita yang aware dengan perawatan kulit atau skin care. Bahkan, banyak yang bilang bahwa penggunaan skin care adalah salah satu bentuk investasi untuk masa depan. 

Berjualan skin care juga tidak sulit karena sudah banyak supplier yang menyediakan skin care dari berbagai brand dan dengan harga yang bersahabat. Hati-hati dalam memilih supplier karena banyak produk skin care palsu dan ilegal yang beredar di pasaran.

3. Snack Kering

Ide bisnis online untuk wanita karier dan ibu rumah tangga selanjutnya adalah berjualan snack kering.

Jika dibandingkan dengan jenis makanan lain, snack kering bisa dikatakan sebagai makanan yang paling aman dijual secara online. Daya simpan yang lama tidak membuat kamu khawatir makanan ini akan cepat basi.

Ada banyak juga jenisnya mulai dari basreng, kerupuk seblak, makaroni, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memproduksi sendiri maupun membelinya dari supplier dalam jumlah banyak, lalu mengepak ulang dengan packaging yang lebih menarik.

4. Pakaian Wanita

Semua orang tentu butuh pakaian, namun dibandingkan dengan pria, sepertinya tren pakaian wanita lebih beragam.

Mulailah dengan satu kategori pakaian wanita lebih dulu, misalnya pakaian kantor, piyama, pakaian dalam, atau pakaian kasual. Kamu bisa membuat brand sendiri maupun menjual produk yang sudah ada.

Biasanya konveksi akan menerima pembuatan pakaian dengan minimal pembuatan 50 pcs untuk satu model pakaian. Sementara bila kamu berjualan sebagai reseller biasanya hanya diperlukan pembelian minimal satu lusin untuk mendapatkan potongan harga.

5. Pakaian Anak

Produk selanjutnya yang mudah dijual dan dipasarkan secara online adalah pakaian anak.

Bisnis ini tentunya cocok untuk wanita karena biasanya seorang ibu lah yang lebih sering menentukan pakaian yang digunakan anaknya.

Bisnis ini sangat potensial, bahkan pakaian anak dianggap lebih laku daripada pakaian orang dewasa. Hal ini disebabkan anak yang masih dalam masa pertumbuhan sehingga terus membutuhkan pakaian yang berbeda seiring waktu.

6. Sepatu Wanita

Ide bisnis online untuk wanita selanjutnya masih seputar produk fashion wanita, yaitu sepatu.

Khusus untuk sebagian wanita, alas kaki ini tidak kalah penting dengan pakaian. Ada banyak jenis sepatu wanita yang digunakan untuk kesempatan yang berbeda-beda.

Tidak hanya brand internasional, saat ini juga sudah banyak produk sepatu wanita lokal dengan kualitas yang sama bagusnya.

Ketika berjualan sepatu, jangan lupa untuk mencantumkan size chart dan cara pengukuran secara jelas agar para pembeli tidak salah dalam memilih ukuran. Biasanya ukuran sepatu untuk setiap brand juga dapat berbeda-beda.

7. Tas Wanita

Selain sepatu, tas juga menjadi barang esensial lain yang dimiliki para wanita. Tidak sedikit juga wanita mengoleksi tas. Maka dari itu, bisnis ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Belanja tas online juga lebih jarang mengecewakan sehingga banyak lebih banyak wanita yang memilih belanja online dibandingkan harus datang ke toko.

8. Peralatan Dekorasi

Peralatan dekorasi menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan untuk mengadakan pesta kecil. Ada orang yang menggunakan jasa party planner, tapi masih banyak juga yang memilih untuk dekorasi sendiri acara seperti ulang tahun anak hingga bridal shower

Berbelanja peralatan dekorasi juga dianggap lebih praktis karena sekarang sudah mulai jarang ditemui toko konvensional yang menjual peralatan seperti ini secara lengkap.

9. Aksesori Handphone

Ada banyak jenis aksesori handphone, tapi yang paling wajib dimiliki adalah case. Pasalnya, case merupakan pelindung handphone paling standar.

Meskipun begitu orang tidak hanya membeli case hanya untuk perlindungan, tapi juga untuk mempercantik tampilan.

Biasanya wanita tidak cukup hanya memiliki satu case dengan desain lucu. Biasanya case ini dibuat custom sesuai dengan tipe handphone. Jadi kamu harus menyediakan berbagai desain yang bisa di-print di berbagai tipe case.

10. Fashion Hijab

Bisnis online untuk wanita lainnya yang bisa kamu coba adalah bisnis fashion hijab yang juga cocok dijadikan bisnis ibu rumah tangga.

Biasanya produk yang dijual adalah seperti hijab, baju tunik, blouse, gamis, celana kulot, hingga mukena. Semua produknya tentu ramah untuk digunakan oleh para hijabers.

Bisnis ini memiliki segmentasi pasar yang spesifik, yaitu wanita berhijab. Bukan justru mempersempit pasar, tapi cara ini justru bisa memudahkan kamu dalam menyusun strategi marketing.

11. Buku Anak

Meskipun sudah ada gadget, tapi pembelajaran menggunakan buku tetap menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para orang tua. Saat ini bahkan semakin banyak buku yang menarik dan edukatif yang dipasarkan secara online. Bukunya biasanya berbentuk buku dongeng hingga buku ensiklopedia anak.

Bisnis ini tidak hanya mendatangkan keuntungan, tapi kamu juga turut mendukung budaya literasi dini. Hal ini sangat penting dilakukan karena minat baca anak Indonesia sepertinya semakin menurun seiring dengan berkembangnya teknologi.

12. Aksesori Wanita

Produk selanjutnya yang cocok dijual secara online adalah aksesori wanita.

Ada banyak sekali jenis aksesori wanita dengan harga yang juga beragam. Apabila memiliki waktu senggang, kamu bisa membuat sendiri aksesori handmade. Ini bisa menjadi unique selling point bagi produk yang dijual.

Contoh aksesori handmade yang mudah dijual adalah seperti kalung, gelang, tali masker, hingga aksesori rambut seperti scrunchie.

13. Jual Produk Kesehatan dan Herbal

Produk kesehatan seperti suplemen multivitamin, suplemen herbal, hingga madu seperti sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Penjualannya secara online juga meningkat pesat beberapa tahun belakangan ini.

Jika kamu tertarik dengan bisnis yang satu ini, pastikan menjual produk yang sudah memiliki izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk memastikan keamanannya. Banyak produk palsu yang mungkin beredar di pasaran sehingga berhati-hatilah dalam memilih supplier.

14. Alat Masak dan Makan 

Urusan dapur memang lebih identik dengan wanita sehingga berjualan alat masak dan alat makan bisa menjadi pilihan bisnis online untuk wanita. Saat ini yang sedang banyak diminati adalah alat masak yang dijual dalam bentuk set mulai dari set panci, set spatula, hingga set piring dan gelas.

Sama halnya seperti pakaian, alat masak ini juga trennya berganti-ganti sehingga kamu harus memahami produk apa yang sedang diminati saat ini sebelum memulai berjualan. 

15. Jual atau Sewa Perlengkapan Bayi

Sekarang belanja perlengkapan bayi tidak perlu repot karena bisa dilakukan secara online. Banyak juga ibu hamil yang memilih untuk belanja online karena masih belum berani menghabiskan waktu di tempat umum.

Selain membeli, ada juga beberapa perlengkapan yang umum disewakan. Biasanya yang disewakan adalah barang yang harganya cukup mahal dan digunakan untuk jangka pendek seperti stroller, car seat, hingga tempat tidur bayi.

16. Jual atau Sewa Mainan Anak

Selain perlengkapan bayi, mainan anak juga tidak kalah ramai diincar oleh para ibu-ibu. Biasanya mainan ini disewakan dengan tarif per hari, per minggu, hingga per bulan, begitu juga dengan perlengkapan bayi.

Jika kita menjual mainan, pengirimannya bisa menjangkau seluruh Indonesia, namun khusus untuk penyewaan biasanya jangkauannya adalah di satu kota yang sama.

Kamu bisa memilih salah satu bisnis, penjualan atau penyewaan. Bisnis penyewaan kemungkinan membutuhkan modal yang lebih besar di awal.

17. Buka Kelas Online

Ide bisnis online untuk wanita selanjutnya ini adalah bisnis jasa. Bagi para wanita yang memiliki kemampuan tertentu, tidak ada salahnya membuka kelas online.

Kelasnya tentu disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki, bisa kelas masak, kelas yoga, kelas aerobik, kelas musik, dan pelatihan lainnya.

Apabila memiliki kompetensi di bidang akademik, bisa juga membuka les privat untuk pelajaran sekolah maupun kelas bahasa asing. Pembelajaran secara online ini lebih praktis dan efisien karena pengajar dan murid sama-sama tidak perlu keluar dari rumah.

Sudah siap memulai salah satu dari bisnis online untuk wanita yang ada di atas? Jangan lupa tentukan target pasarmu dengan spesifik sebelum berjualan karena ini akan memengaruhi strategi marketing yang akan diterapkan.

Ada banyak cara berjualan online yang efektif, salah satunya adalah dengan memiliki website toko online sendiri. Sebagai pelaku bisnis, kamu juga bisa buat website gratis di Praktisidigital. Tanpa syarat apapun, cukup daftar, lengkapi data diri, dan upload minimal 3 produk kamu untuk siap jualan online!