18 Kerajinan dari Sabun yang Bisa Dijual, Ide Bisnis Unik!


Ada berbagai kerajinan dari sabun batang yang bisa dikelola jadi peluang bisnis. Tertarik? Tentu kamu juga harus mempelajari bagaimana cara membuat kreasi kerajinan tersebut. Yuk, cek selengkapnya!

Metode Pembuatan Kerajinan Sabun 

Sebelum membahas tentang jenis kerajinan sabun, pahami dulu metode pembuatan kreasi sabun berikut ini:

1. Teknik Leleh dan Cetak 

Kamu menggunakan sabun yang sudah ada lalu dicairkan atau dilelehkan. Tidak perlu tambahan bahan lainnya, kecuali pewarna organik untuk sabun.  

Tuangkan lelehan sabun ke cetakan sabun silikon sesuai bentuk yang diinginkan. Lalu dinginkan, dan keluarkan hasilnya. 

Kamu akan mendapatkan sabun yang sama dengan bentuk yang lebih unik dan estetika. 

2. Teknik Ukir dan Pahat 

Kamu harus punya keterampilan ukir dan pahat untuk mendesain sabun jadi bentuk yang lebih indah, misalnya bunga, ikan, karakter tertentu, dan sebagainya. 

Cuma butuh satu bahan yaitu sabun batang. Teknik ini lebih sulit daripada teknik leleh. 

3. Hot Process 

Cara buat sabun dari awal dengan proses panas adalah menggunakan sumber panas eksternal untuk membuat sabun ke bentuk gel, kemudian dituangkan ke dalam cetakan.

Bahan membuat sabun dengan teknik panas:

  • Lye (natrium hidroksida).
  • Lemak/minyak (minyak zaitun, minyak sawit, minyak kelapa, atau lemak, dll).
  • Cairan (air atau susu).

Campurkan semua bahan lalu panaskan dalam suhu rendah, hingga teksturnya berubah jadi seperti gel lalu menjadi adonan sabun yang siap dicetak. 

Dinginkan hingga sabun mengeras. Hasil desainnya lebih rustic yang kurang halus. 

4. Cold Process 

Tidak menggunakan panas dari luar, melainkan panas dihasilkan secara internal selama saponifikasi dan sabun mungkin atau mungkin tidak masuk ke fase gel.

Cara membuat sabun proses dingin dengan mencampurkan minyak, alkali natrium hidroksida–yang menyebabkan reaksi kimia yang disebut saponifikasi. 

Kamu bisa memilih aroma, warna, dan bahan tambahan lainnya sendiri. Teknik ini biasa digunakan untuk kerajinan sabun dengan desain tanpa batas. 

Kerajinan dari Sabun yang Bisa Dijual 

Hasil kreasi sabun bisa kamu jual sebagai souvenir unik karena punya bentuk dan desain yang estetika. 

Kreasi sabun ini juga sering digunakan untuk anak-anak untuk melatih sensorik dan membuatnya semangat mandi atau cuci tangan. 

Kamu bisa menggunakan teknik leleh atau teknik cetak dengan sabun batang yang sudah ada. Jadi, sabun tetap aman untuk digunakan dengan kandungan yang tidak diubah agar tidak mengurangi manfaatnya. 

Teknik leleh dan teknik cetak juga lebih mudah dan lebih aman dari pada harus membuat sabun dari awal.

Yuk, simak apa saja ide kerajinan dari sabun berikut ini: 

1. Desain Sabun Bentuk Buah

Gunakan sabun dengan aroma atau rasa buah yang sudah ada. Gunakan teknik leleh untuk mencetak sabun ke cetakan silikon bentuk berbagai macam buah-buahan. 

Kamu bisa tambahkan pewarna organik atau minyak esensial sesuai dengan jenis buah untuk sabun tersebut. 

Bila mau lebih realistik, gunakan teknik ukir sabun. Jadi sabun 3D bentuk buah-buahan yang menarik. 

2. Desain Sabun Bentuk Bunga

Kebanyakan merek sabun batang yang sudah ada punya aroma bunga yang harum dan menenangkan, tapi bentuknya kotak atau melengkung biasa. 

Bila bentuk sabunnya sesuai dengan aromanya, pasti itu lebih estetika dan cocok buat dijadikan souvenir pernikahan atau hadiah. 

Gunakan teknik ukir untuk membuat bentuk bunga yang realistik, seperti bunga mawar, bunga matahari, dengan lekukan kelopaknya yang cantik, dan bentuk bunga lainnya.

Kalau mau yang lebih mudah, pakai teknik leleh saja. Sediakan cetakan bentuk bunga dan ukuran yang beragam. 

3. Desain Sabun Bentuk Mainan Bebek Karet 

Tahu mainan karet bebek warna kuning yang biasanya dijadikan teman untuk anak-anak mandi?

Lebih unik buat kerajinan sabun bentuk bebek karet ini. Bentuk sabun yang lucu ini cocok untuk para orang tua yang sedang mengajarkan anak-anaknya untuk mandi–anak sering takut atau malas mandi ya. 

Gunakan sabun batang yang khusus bayi agar kandungannya tetap aman untuk si Kecil.

4. Desain Sabun Bentuk Hewan Lucu

Buat kreasi sabun bentuk hewan-hewan lucu, misalnya hewan air seperti ikan, kuda laut, kepiting, cumi-cumi, bintang laut, kepiting, kura-kura, dan sebagainya.

Selain itu, kreasi sabun bentuk tapak kaki kucing dan anjing juga lucu dan mudah dibuat. Kamu bisa sesuaikan dengan tema.

5. Desain Sabun Bentuk Kristal

Bentuknya kristal dan gugusan batu permata tapi sabun. Unik, kan? 

Buat kerajinan dari sabun dengan teknik cold atau hot process. Tambahkan aditif mika dan glitter untuk menekankan efek kilau yang indah. 

Memang butuh teknik yang lebih kompleks, tapi produk ini punya daya jual yang tinggi karena tampilan sabun kristal yang penuh estetika. 

6. Desain Sabun Bentuk Kue

Menggunakan teknik leleh, kamu bisa buat kerajinan sabun bentuk kue. Kebanyakan warna sabun batang memang punya tone warna yang lembut, warna pastel, dan cantik yang mirip seperti kue-kue manis. 

Siapkan cetakan silikon bentuk kue atau biskuit. Yang paling mudah mungkin sabun bentuk kue cokelat atau cokelat batangan, ya. 

Kamu bisa tambahkan aroma seperti kue tersebut, dengan aroma organik atau pun esensial. 

Pada kemasan produk jangan lupa beri peringatan bahwa itu sabun dan tidak bisa dimakan, ya! 

7. Desain Sabun Bentuk Makanan Lainnya

Dengan teknik leleh yang sama, kamu bisa mencetak sabun jadi bentuk makanan lainnya seperti permen, es loli, es krim, bolu, pudding, atau bahkan cupcake

Tantangannya adalah kamu harus bisa mengelola paduan warnanya agar mirip dengan aslinya. Mungkin juga perlu mencetak sabun untuk menambah ornamen dan detail makanan tersebut. 

8. Desain Sabun Bentuk Alfabet

Lelehkan sabun dan tuangkan ke cetakan silikon bentuk alfabet. Ini mudah dan menyenangkan. 

Kamu bisa jual kerajinan dari sabun ini untuk target market orang tua, untuk mengenalkan anak-anak alfabet bahkan sambil mandi. 

Ini juga cocok untuk souvenir dan hadiah, alfabet bisa disusun membentuk kata-kata sesuai pesanan. 

9. Desain Sabun Bentuk Karakter Unik

Kamu bisa berkreasi membuat sabun bentuk karakter unik dan populer, seperti karakter kartun Doraemon, Spongebob, Patrick, Mickey Mouse, boneka beruang, atau robot. 

Ini membutuhkan keahlian memahat dan mengukir, meskipun bisa juga kamu buat dengan teknik leleh dan cetak. 

10. Desain Sabun Kertas untuk Travel

Paper soap (sabun kertas), portable soap, atau disebut juga lembaran biodegradable adalah sabun tipis seperti kertas yang cepat larut saat kontak dengan air. 

Sebenarnya sama saja dengan sabun batang pada umumnya, namun bentuknya yang kecil dan tipis sangat cocok digunakan untuk para traveler–agar mereka tidak perlu repot bawa sabun batang besar. 

Cara membuatnya dengan teknik cetak dan leleh yang sama. Hanya adonan sabun dilelehkan di selembar kertas lilin secara tipis-tipis dan biarkan mengering. 

Lembaran sabun dikemas di satu kotak. Jadi, satu lembar untuk satu kali pakai saja. 

11. Desain Sabun Bentuk Hati

Sepertinya ini kerajinan dari sabun yang paling mudah dibuat. Cetak adonan sabun bentuk hati atau love. Bila mau pakai teknik pahat atau ukir pun desainnya tidak terlalu rumit. 

Plus, sabun bentuk hati paling potensial dijual baik sebagai souvenir, hadiah, atau pemakaian sendiri. 

Kamu juga bisa memaksimalkan strategi pemasaran di hari-hari tertentu, seperti hari Valentine atau perayaan kasih sayang lainnya. 

12. Desain Sabun Bentuk Asbak

Bingung mau buat kerjanan dari sabun seperti apa? Sebagai awalan, kamu bisa belajar buat sabun bentuk asbak. 

Untuk teknik ukir, ini cenderung mudah karena kamu hanya perlu keruk bagian tengahnya lalu tambahkan ukiran abstrak. 

13. Sabun Madu

Buat sabun organik sendiri dengan teknik hot atau cold process. Untuk sabun madu oragnik, bahan dasa utama adalah susu kambing, madu mentah, pewarna sabun, dan pewangi organik. 

14. Sabun Herbal 

Siapkan berbagai bahan herbal seperti lavender, lemon balm, mawar, serai, melati, dan sebagainya. Kamu bisa pakai komponen lain sesuai selera. Juga bisa pakai tambahan buah dan bunga kering. 

Selanjutnya, kamu ikuti cara hot process atau cold process yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

15. Sabun dengan Aloe Vera 

Pakai bagian daging lidah buaya yang segar. Olah menjadi ekstrak lidah buaya, caranya dengan menghaluskan potongan lidah buaya pakai blender atau food processor.

Lalu, gunakan teknik cold process. Pada prosesnya, ekstrak lidah buaya akan mengembang seperti putih telur. Kamu bisa tambahkan bahan alami lainnya seperti minyak kelapa atau minyak babassu untuk menambah khasiat sabut organik ini. 

16. Sabun dengan Garam Epsom 

Garam Epsom sering digunakan sebagai campuran air hangat untuk mandi. 

Manfaat garam Epsom dapat merelaksasi otot dan juga mengandung mineral alami untuk mencegah peradangan kulit dan menyeimbangkan hidrasi kulit. 

Resep sabun dengan garam Epsom adalah susu kambing, garam Epsom original, pewangi organik, dan minyak esensial yang diolah dengan teknik cold atau hot process. 

17. Sabun dengan Minyak Esensial 

Lanjut buat sabun organik dari minyak esensial. Sabun dengan minyak esensial dan pastinya non-deterjen efektif membersihkan dan melembapkan kulit. 

Tapi untuk mendapatkan resep dengan kandungan yang tepat, kamu mungkin harus konsultasi dulu ke ahlinya. Jangan asal mencampur, ya. 

Bila sudah siap dan layak jual, sebaiknya tulis jelas komposisinya apa saja karena beberapa orang ada yang alergi dengan bahan herbal atau minyak esensial tertentu. 

18. Pewangi Ruangan

Kerajinan dari sabun selanjutnya adalah pewangi ruangan alami. Bahan dan caranya mudah, yaitu sabun batang yang dicacah lalu dicampur dengan cuka sedikit saja. 

Tuangkan ke toples, jar, atau wadah lainnya yang tutupnya terbuka. Letakkan di depan kipas atau di bawah AC agar aromanya semerbak ke seluruh ruangan.  

Itulah beberapa info dan ide kerajinan dari sabun. Cara membuat sabun organik dari awal dengan teknik cold dan hot process, serta mencetak sabun dengan bentuk dan desain yang unik di mana akan meningkatkan nilai jual sabun tersebut. 

Kamu juga bisa membuat sabun sesuai dengan pesanan, dengan teknik pahat dan ukir.

Mungkin memang harus butuh banyak percobaan untuk membuat template desain sabun yang bagus dan cocok. Apalagi kalau mau buat sabun dari bahan-bahan mentah, tidak boleh sembarangan jadi harus belajar dulu ke ahlinya. 

Bila kamu sudah siap jual sabun organik buatan sendiri atau jual apa pun, mari optimalkan dengan bisnis online

Kita tahu bahwa peluang bisnis online sangat tinggi, serta memungkinkan para pengusaha pemula atau pengusaha kecil untuk bersaing di pasaran secara sehat dan menguntungkan. 

Kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital. Praktis dan gratis!