23 Ide Bisnis untuk Orang Tua, Cocok di Rumah!


Ada banyak pilihan bisnis untuk orang tua memasuki usia pensiun atau atau setelah memutuskan meninggalkan pekerjaan kantoran. Yuk, telusuri apa saja peluang bisnis untuk orang tua agar tetap produktif dan semangat berikut ini! 

Ide Bisnis untuk Orang Tua

Memasuki usia yang sudah tidak muda lagi atau mungkin sudah pensiun, orang tua cenderung ingin melakukan pekerjaan yang lebih ramah energi namun tetap produktif. Berikut ini beberapa rekomendasi usaha yang dapat orang tua lakukan di rumah: 

1. Bisnis Kontrakan atau Kost-kostan

Bila orang tua kamu punya properti kosong, bisa disewakan untuk kost-kostan atau rumah kontrakan saja daripada dibiarkan. 

Mungkin juga orang tua memang sudah mengumpulkan sejumlah uang untuk dibelikan properti khusus untuk disewakan, sehingga tidak perlu lagi bekerja di hari tua. 

Terutama bila lokasi properti terletak di tekan pusat kota, pusat perbelanjaan, atau pusat perkantoran di mana banyak pegawai yang pasti mencari tempat tinggal yang dekat dengan kantornya. 

2. Bisnis Makanan

Membuka warung makan atau restoran adalah bisnis orang tua yang paling ideal. Bila memang punya modal yang cukup, bisa investasi untuk mengelola bisnis makanan yang bisa dijalankan sendiri, bersama keluarga, atau orang lain yang dipercaya. 

Bila sebelum bekerja di bidang kuliner atau suka masak dan makan, ini waktunya memulai bisnis makanan sendiri untuk mengembangkan kemampuan plus mencari keuntungan lebih. 

3. Usaha Jasa Konsultasi

Orang tua bisa buka jasa konsultasi bidang apapun yang beliau kuasai. Mungkin sudah bekerja di satu industri selama puluhan tahun sehingga pengalaman dan ilmu yang dimiliki itu sangat mahal.

Ibaratnya, menjadi seorang guru bagi orang lain yang butuh pengetahuan untuk berkarir di bidang tertentu. Profesi konsultan sangat berguna dan memang akan selalu dicari sesuai segmennya. 

4. Buka Toko Kue

Ini ide bisnis yang cocok untuk ibu-ibu dan bapak-bapak juga yang suka bikin kue atau pastry. Bisa memulai dari skala bisnis kue rumahan dengan sistem pre-order atau musiman, misalnya membuka pesanan kue saat lebaran, Imlek, natal, atau khusus untuk kue ulang tahun. 

BACA JUGA :  10 Ide Bisnis Buket Unik, Bukan Hanya Bunga!

Modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar karena kebanyakan peralatan dapur sudah tersedia. Hanya perlu menghitung biaya bahan baku, plus eksplor resep yang enak serta belajar strategi pemasaran. 

5. Bisnis Kursus Online

Bila orang tua punya kemampuan tertentu, dapat membuka kursus online. Bisa kursus secara one on one mulai dari kursus masak, desain grafis, fotografi, atau kemampuan non-formal lainnya. 

Orang tua yang dulu punya pekerjaan tetap sebagai guru nisa mulai tren belajar online yang lebih praktis. Orang tua bisa minta bantuan anak atau seseorang untuk mempromosikan dan menjalankan kursus online tersebut.

6. Bisnis Laundry

Bisnis orang tua yang bisa dicoba adalah usaha laundry kiloan. Bisa ikut franchise laundry kiloan yang sudah ternama atau membuat brand sendiri. 

Orang tua bisa ikut membantu proses laundry atau merekrut orang lain untuk membantunya. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan cenderung nyaman bagi orang tua karena tidak terlalu melelahkan. 

7. Bisnis Toko Kelontong

Kebetulan bila lokasi rumah strategis di kawasan pada penduduk atau area ramai, bisa memanfaatkan peluang dengan membuka bisnis toko kelontong. 

Ini jenis bisnis yang hampir selalu laris karena menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari konsumen. Terlalu konvensional dan khawatir keuntungan tidak maksimal? Kamu bisa mengajarkan orang tua untuk bisnis toko kelontong online juga! 

8. Usaha Budidaya Tanaman

Kecenderungan orang tua ingin melakukan pekerjaan yang nyaman dan menenangkan setelah lelah bekerja seumur hidup. Beberapa dari mereka tertarik pada usaha budidaya tanaman, sayuran, jamur, dan bisnis berkebun.

Bisa juga merawat tanaman herbal, bunga-bunga cantik, atau tanaman langka dan mahal untuk dijual kembali. Selain dapat untuk, bisa menjadi terapi bagi orang tua yang memang suka tumbuh-tumbuhan.

9. Peternakan

Ide bisnis orang tua yang menguntungkan selanjutnya adalah peternakan. Siapkan modal untuk beli sebidang lahan dan bibit, serta ilmu pengetahuan seputar peternakan tersebut. 

Contoh yang paling mudah adalah ternak lele, ternak ayam atau jenis unggas lain, ternak kambing atau sapi, atau ternak belut. Hasil ternak bisa diperjual belikan ke vendor/konsumen yang membutuhkan. 

10. Bisnis Pakaian

Bapak ibu bisa melanjutkan atau memulai bisnis pakaian, baik secara konvensional atau bisnis online. Mengingat segmentasinya luas dan tidak pernah mati, bisnis ini hampir selalu menguntungkan.

11. Bisnis Barang Klasik atau Antik

Sebagian orang tua ada yang suka atau bahkan mengoleksi barang klasik dan antik. Ini bisa jadi ide bisnis yang berpotensi juga. 

Mungkin koleksi kaset dan baju yang dulu hits di era orang tua masih muda, di mana benda-benda itu punya value tinggi. Bisa juga jual beli furnitur antik sesuai dengan taste orang tua di segmentasinya sendiri. 

BACA JUGA :  24 Contoh Industri Rumah Tangga yang Bisa Jadi Ide Bisnis

12. Jasa Les Musik Privat

Orang tua yang juga musisi atau mahir main alat musik dan bernyanyi, tetap bisa berkarya dan produktif dengan membuka jasa les musik privat di hari tua. 

Ilmu dan pengalaman musik yang matang adalah modal yang mahal. Pasti ada banyak anak muda yang mau belajar dari ahlinya.

Walaupun anak mudah zaman sekarang cenderung memilih bermusik dengan bantuan teknologi, karya musik konvensional dari dalam jiwa tetap berarti dan punya taste lebih menyentuh. 

13. Bisnis Daur Ulang

Ada bisnis daur ulang plastik atau sampah yang bisa dicoba. Bisa mulai dari skala kecil dengan memisahkan sampah berdasarkan jenis yang bisa dan tidak bisa didaur ulang. 

Kamu bisa membuat kerajinan tangan atau produk dari barang bekas atau bisa menjual sampah plastik ke pengepul. Bisa menjaga kebersihan lingkungan plus mencari peluang keuntungan. 

14. Koki Pribadi

Punya pengalaman bekerja di restoran? Selain bisa buka restoran sendiri orang tua bisa jadi koki pribadi atau koki khusus event (sesuai panggilan). 

Tidar terlalu berat daripada kerja di restoran dan tetap bisa produktif. Selain keterampilan memasak, chef pribadi juga membutuhkan pengetahuan tentang nutrisi dan keterampilan organisasi yang sangat baik. 

15. Jual Barang Preloved

Bisa menjual barang preloved (barang bekas) sendiri atau mengelola dari pihak lain. Orang tua bisa menjalankan bisnis ini secara online di rumah. 

Tidak menguras energi dan keuntungannya bisa lumayan. Peminat barang preloved yang masih bagus juga banyak. 

16. Reseller

Ajarkan orang tua cara kerja menjadi reseller. Bisnis tanpa modal yang cenderung lebih praktis dan menguntungkan. 

Produk paling laris adalah reseller pakaian, skin care, atau tas. Orang tua kamu bisa menawarkannya ke komunitas atau rekan-rekannya. 

17. Rental Mobil atau Motor

Bisnis orang tua yang cocok tepatnya untuk bapak-bapak adalah rental mobil atau motor. Bisnis ini cocok bila kamu memang tinggal di tekat tempat wisata di mana ada peluang wisatawan ingin rental mobil atau motor untuk jalan-jalan. 

Sementara untuk bisnis rental mobil, permintaanya biasanya akan tinggi menjelang hari raya atau musim liburan. Bisa disewakan per hari atau per bulan. Harus diperhatikan keamanannya juga, ya! 

18. Jual Beli Mobil Bekas

Jual beli mobil bekas identik dengan bisnis bapak-bapak pecinta otomotif. Tidak selalu butuh modal besar, bisa diawali dengan jadi perantara antara penjual dan calon pembeli. 

Orang tua yang ingin memulai bisnis ini harus punya pengetahuan otomotif yang baik dan kemampuan komunikasi persuasif. 

19. Salon Kendaraan

Ide bisnis orang tua selanjutnya adalah salon kendaraan untuk cuci dan perawatan kendaraan. Pelayanan di salon kendaraan meliputi cleaning, coating, detailing, fogging, dan fumigasi.

BACA JUGA :  15 Bisnis Makanan Korea yang Hits, Pasti Laku!

Bila orang tua sudah menyiapkan modal, bisa buka bisnis ini dengan perhitungan yang matang. Menjalankannya sendiri atau merekrut pegawai yang dipercaya, bisnis ini cocok bagi bapak-bapak yang tertarik pada otomotif.  

20. Content Creator

Siapa bilang hanya anak muda yang bisa jadi content creator? Orang tua juga bisa mulai berkarya jadi content creator di YouTube atau media sosial lainnya. 

Orang tua punya banyak pengalaman hidup yang bisa dibagikan oleh audiens. Misalnya, membuat podcast untuk berbicara tentang tips-tips kehidupan, pengalaman kerja, dan cerita semasa muda yang pasti sangat menarik. 

Faktanya, saat ini banyak juga content creator orang tua yang membagikan banyak konten informatif. Mulai dari berbagi cara mengurus anak, tips sebelum menikah, serba-serbi kehidupan rumah tangga, ilmu psikologi, cara berkebun, resep masakan, dan pendidikan non-formal lainnya.

21. Katering

Ide bisnis orang tua untuk membuat katering sesuai pesanan, misalnya untuk acara ulang tahun atau perayaan. Ini cocok untuk ibu-ibu yang punya kemampuan memasak.

Bila agak berat, bisa merekrut pegawai atau minta bantuan seseorang sekalian dia belajar masak. 

22. Karya Sulaman (Embroidery)

Bila berpikir tentang pekerjaan orang tua, pikiran klasik banyak orang adalah orang tua suka menyulam. Tapi, apakah itu bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan?

Saat ini kemampuan embroidery (sulaman/bordir) banyak diminati. Orang tua bisa membuat handmade scarf, syal, sweater, topi, dan baju dengan desain sendiri untuk dijual. 

Bisa juga membuat kerajinan tangan, misalnya pajangan, boneka, atau ucapan selamat ulang tahun dari rajutan tangan. 

Orang tua yang punya skil ini bisa juga buka les privat atau membuat konten online untuk mengajari audiens ilmu menyulam—yang sekarang digunakan sebagai terapi juga. 

23. Bisnis sesuai Passion

Bisnis orang tua bisa berbagai macam termasuk bisnis yang berbasis hobi atau passion. Sewaktu muda mungkin tidak bisa mewujudkan passion itu atau akhirnya bisa mengumpulkan sejumlah modal untuk mewujudkan bisnis sesuai passion

Apapun passion orang tua yang punya peluang bisnis, misalnya membuka toko bunga, coffee shop, ternak burung, dan sebagainya. Mungkin butuh bantuan dan konsultasi dengan anak atau orang lain yang berpengalaman dalam bidang itu. 

Itulah berbagai ide bisnis orang tua yang bisa dijalani. Apapun jenis bisnisnya, harus mengoptimalkan bisnis dengan website toko online

Mengikuti era digital marketing dan perkembangan teknologi di mana kamu bisa jualan online lebih praktis dan menguntungkan. Jangkau lebih banyak konsumen dan promosikan produk lebih luas lagi lewat website. 

Jangan khawatir, buat website toko online di Praktisidigital saja! Caranya mudah, cukup klik daftar, unggah beberapa katalog, dan memulai bisnis online dengan cermat!

Keuntungan menjalankan website untuk bisnis adalah mengunggah informasi dan deskripsi produk lebih jelas. Toko online kamu juga dianggap lebih kredibel dan profesional. 

Selamat berbisnis dan jangan lupa buat website toko online di Praktisidigital sekarang juga!