20 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Fleksibel


Usaha sampingan ibu rumah tangga bisa bantu kamu menambah pendapatan keluarga. Berbisnis di sela-sela waktu mengurus rumah tentunya menyenangkan dan dapat membantu menghilangkan kebosanan. Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan anak dan pekerjaan rumah akan terbengkalai karena kamu bekerja cukup dari rumah. Apa saja yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk punya penghasilan tambahan? Cek rekomendasinya!

Pilihan Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

1. Penulis Lepas

Hobi menulis bisa kamu jadikan peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Kamu bisa menjadi kontributor untuk media online. Umumnya pekerja lepas akan mendapatkan bayaran dari setiap artikel yang diterbitkan. Kamu bisa membuat sebuah portofolio berisikan artikel yang sudah pernah dipublikasikan untuk dapat menawarkan jasa menulis ini kepada lebih banyak perusahaan yang membutuhkan. Apabila kamu lebih tertarik dengan tulisan fiksi daripada nonfiksi, kamu juga bisa mencoba menulis novel atau cerpen. Cerita tersebut nantinya bisa kamu ajukan pada penerbit online untuk diterbitkan.

2. Content Creator

Content creator atau pembuat konten ada banyak jenisnya. Jika kamu suka menulis kamu bisa menjadi seorang blogger, kamu juga bisa menjadi seorang vlogger apabila tertarik membuat konten dalam bentuk video. Apabila kamu lebih tertarik membuat konten yang lebih singkat, kamu bisa menjadi content creator untuk media sosial seperti Instagram dan TikTok. Ada tema pilihan konten yang bisa kamu bagikan mulai dari tips p, kehidupan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, tips memasak, dan masih banyak lagi.

3. Fotografer

Suka dan punya bakat di dunia fotografi? Ada banyak cara mendatangkan uang dari hobi yang satu ini. Pertama kamu dapat membuka jasa sebagai freelance photographer. Beberapa jenis foto yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah seperti foto momen melahirkan, foto bayi new born, hingga dokumentasi ulang tahun anak. Namun jika kamu lebih menggeluti foto konsep, kamu juga bisa menerima jasa foto produk. Jasa satu ini sangat diminati belakangan ini mengingat banyak online shop yang membutuhkan foto bagus untuk katalog online mereka.

4. Jasa Membuat Ilustrasi

Usaha sampingan ibu rumah tangga satu ini juga masih berhubungan dengan hobi. Jika kamu suka menggambar atau membuat ilustrasi, kamu bisa menawarkan jasa yang satu ini. Pertama-tama kamu perlu menemukan style dari gambarmu lebih dulu. Jika sudah menemukannya, kamu bisa mencoba menawarkan jasa membuat ilustrasi untuk hadiah wisuda, hadiah pernikahan, undangan pernikahan, dan sebagainya.

5. Guru Les

Guru les punya waktu yang lebih fleksibel dibandingkan dengan guru sekolah. Pekerjaan satu ini sangat mungkin dilakukan oleh ibu rumah tangga dan sangat cocok untuk kamu yang punya passion dalam mengajar. Jenis les bisa kamu sesuaikan dengan skill yang kamu miliki, bisa les musik, les pelajaran sekolah, hingga mengaji. Pandemi tidak menghalangi anak-anak untuk tetap bisa mengikuti les, kamu bisa mengadakan kelas secara daring. Tentunya ini lebih praktis, bukan?

6. Jahit dan Permak Pakaian

Skill menjahit sebaiknya tidak kamu sia-siakan karena jasa jahit dan permak pakaian hingga kini masih terus dibutuhkan. Pekerjaan ini juga sangat fleksibel dan bisa kamu kerjakan di sela-sela waktu mengurus rumah. Kamu juga bisa menerima pekerjaan sesuai dengan kapasitas tenaga dan waktu yang kamu miliki. 

7. Jual Pakaian

Usaha untuk ibu rumah tangga selanjutnya masih berkaitan dengan pakaian, yaitu menjual pakaian yang sudah jadi. Bisnis ini bisa dimulai dari skala yang lebih kecil dulu kok, contohnya dengan menawarkan baju anak di grup wali murid atau grup ibu-ibu komplek. Setelah baju anak, selanjutnya ibu juga bisa menawarkan baju untuk anggota keluarga lainnya.

8. Jual Pulsa

Siapa sekarang yang tidak butuh pulsa? Tentunya semua orang butuh pulsa, paket data, hingga token listrik. Tidak butuh modal besar, kamu sudah bisa memulai bisnis satu ini. Kamu juga hanya memerlukan handphone untuk menjalankannya. Jika yang membeli orang sekitar, biasanya akan melakukan pembayaran sekaligus untuk beberapa kali isi ulang pulsa. Nah untuk menghindari utang pembeli menumpuk, pastikan kamu memberikan limit utang untuk setiap pembeli dan memberikan deadline yang tegas untuk pembayarannya.

9. MUA

MUA atau make up artist juga sangat potensial menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga. Kamu bisa mengambil pekerjaan di akhir pekan di mana anak dan suami juga libur. Umumnya jasa ini memang lebih banyak diminati di akhir pekan karena lebih banyak orang yang mengadakan acara seperti lamaran atau pernikahan di hari tersebut. Jangan lupa untuk mendokumentasikan setiap hasil kerjamu dalam bentuk foto dan video. Nantinya konten ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat portofolio di Instagram.

10. Ternak Unggas

Ternak unggas bisa jadi usaha yang bagus bagi kamu yang memiliki halaman yang cukup luas di rumah. Mulai dari unggas yang paling familiar lebih dulu saja, ayam misalnya. Kamu bisa menjual telurnya, dagingnya, atau bahkan dalam bentuk ayam siap masak. Meskipun tidak membutuhkan pengawasan setiap saat, memelihara ayam tepat membutuhkan perawatan khusus. Pastikan kamu sudah mempelajari perawatan yang tepat sebelum memulainya agar ayam dapat hidup sehat dan tidak terserang wabah penyakit, ya.

11. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan ada banyak bentuknya mulai dari kerajinan tangan dari barang bekas, rajutan, anyaman, sulaman, dan masih banyak lagi. Jika kamu memiliki hobi dalam membuat kerajinan tangan tertentu, tidak ada salahnya membuat barang yang memiliki nilai jual. Barang yang dibuat bisa memiliki fungsi pakai maupun barang dekoratif. Kamu bisa memasarkan barang jualan kamu secara online jika ingin barang laku lebih cepat dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

12. Toko Kelontong

Toko kelontong atau warung kelontong adalah salah satu bisnis yang hingga kini masih terus laku. Kamu juga bisa menggelutinya sambil tetap di rumah saja. Memang sih saat ini sudah banyak minimarket, tapi jika kamu tinggal di pemukiman padat penduduk dan jarak masih berjarak beberapa ratus meter dari minimarket, bisnis satu ini sangat patut untuk dicoba.

13. Sewa Peralatan Bayi

Ada banyak peralatan bayi yang hanya dipakai dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memilih menyewa peralatan tersebut daripada harus membeli baru. Beberapa alat yang umum disewakan adalah seperti stroller, car seat, hingga freezer untuk menyimpan ASI. Jika punya waktu lebih luang, kamu mungkin bisa memulai bisnis perlengkapan bayi baru lahir dan memasarkannya melalui website.

14. Flower Bouquet

Flower bouquet atau buket bunga adalah sekumpulan bunga yang dirangkai dengan indah. Buket biasanya digunakan sebagai hadiah berbagai momen. Nah kini selain berisikan bunga, ada juga beberapa buket yang populer seperti snack bouquet dan money bouquet. Jadi bagi kamu yang sulit untuk mencari bunga, kedua pilihan tersebut bisa jadi alternatif berbisnis. Selain lebih mudah dicari bahan bakunya, orang juga banyak yang minat dengan dua jenis buket tersebut karena dianggap lebih fungsional daripada bunga.

15. Laundry Kiloan

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa kamu coba selanjutnya adalah laundry kiloan. Kamu membutuhkan satu ruang kosong, mesin cuci, dan peralatan setrika untuk menjalankan bisnis ini. Pekerjaan ini sangat mungkin dilakukan sendirian, namun kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mempekerjakan satu karyawan untuk membantu, terutama jika pelanggan sudah semakin banyak.

16. Jualan Kue

Usaha satu ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang senang menghabiskan waktu di dapur untuk membuat kue. Kamu bisa berjualan dengan sistem pre-order, sehingga tidak ada risiko kue yang dibuat tidak akan habis. Usahakan untuk menyediakan berbagai pilihan kue, bahkan bila perlu kamu membuka PO dengan edisi yang berbeda-beda sesuai dengan momen. Misalnya ketika lebaran, maka kamu menerima pesanan kue khas Lebaran, ketika Imlek, kamu membuka PO untuk kue khas Imlek, dan perayaan lainnya.

17. Katering

Ide bisnis selanjutnya masih terkait dengan urusan dapur, yaitu bisnis katering. Jika merasa sanggup untuk masak setiap hari, kamu bisa membuka katering harian, ini biasanya diminati oleh orang yang kerja kantoran. Namun jika tidak ingin masak setiap hari, kamu juga bisa menerima katering untuk acara tertentu misalnya seperti acara lamaran, pengajian, dan masih banyak acara lainnya.

18. Usaha Kredit Barang

Pembayaran dengan sistem kredit atau cicil hingga kini masih banyak diminati. Pasalnya memang tidak semua orang mampu membeli barang tertentu secara tunai, padahal barang tersebut sudah dibutuhkan. Kamu bisa melihat ini sebagai peluang usaha. Beberapa jenis barang bisa dijual dengan sistem kredit mulai dari pakaian, peralatan dapur, hingga barang elektronik.

19. Tanaman Hias

Berkebun jadi hobi salah satu hobi yang menyenangkan dan dapat mendatangkan uang. Jika kamu suka berkebun tanaman hias, tidak ada salahnya untuk mengembangbiakkan tanaman tersebut dan menjualnya. Saat ini belajar mengembangbiakkan tanaman juga tidak sulit kok, banyak ilmu yang bisa kamu dapat hanya dengan bermodalkan internet. Nah jika sudah berhasil memperbanyak tanaman hias, kamu bisa memasarkan tanaman tersebut baik secara online maupun ke orang-orang sekitar.

20. Jadi Reseller atau Dropshipper

Usaha sampingan ibu rumah tangga satu ini memang bukan merupakan jenis bisnis, namun lebih ke sistem sebuah bisnis. Jika kamu tertarik untuk berjualan suatu barang, apa pun bentuk barangnya, kamu bisa menggunakan sistem reseller atau dropship untuk memudahkan bisnis kamu. 

Sistem reseller mengharuskan kamu membeli suatu barang dalam jumlah tertentu, lalu menjualnya kembali. Sistem dropship hanya mengharuskan kamu untuk membantu mempromosikan barang yang dijual oleh supplier. Kamu hanya menjadi perantara antara supplier dan pembeli tersebut. Kedua bisnis ini tidak mengharuskan kamu untuk memproduksi barang sendiri, sehingga tidak begitu menyita waktu. Selain itu, ibu rumah tangga juga bisa mencoba menjual banyak jenis barang dengan sistem seperti ini.

Itu dia berbagai usaha sampingan ibu rumah tangga yang patut untuk dicoba. Adakah bisnis yang tertarik untuk kamu jalani? Masih bingung untuk mulai dari mana? Kamu bisa memulai bisnis dengan membuat website toko online di Praktisidigital.

Toko online akan membantu kamu menjangkau semakin banyak pelanggan. Tunggu apa lagi? Langsung buat website toko online kamu sekarang!