11 Ide Bisnis Gila yang Unik, Bisa Untung Besar!


Sedang mencari ide bisnis gila yang juga punya manfaat bagi konsumen? Dalam bisnis, kita harus mencari peluang bahkan dari jenis bisnis yang tidak biasa namun ada peminatnya. Yuk, cari inspirasi ide bisnis unik dan gila berikut ini!

Ide Bisnis Gila yang Potensial 

Persaingan bisnis di berbagai industri sangat ketat dan pesat. Sudah banyak pelaku bisnis yang sukses dengan strategi yang efektif. 

Salah satu cara agar bisnismu stand out, kamu harus cari ide bisnis kreatif dan berbeda dari pesaing di pasar. Ini akan melahirkan peluang industri baru, plus memenuhi kebutuhan konsumen yang dulu tidak terpikirkan. 

Berikut ini beberapa ide bisnis gila yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar: 

1. Jasa Sewa Pacar

  • Peluang bisnis dengan target audiens para jomlo. Pelayanan yang diberikan seputar:
  • Menemai chatting dan telepon. 
  • Menemani kencan (dinner, nonton, hang out, atau jalan-jalan).
  • Menemani untuk hadir ke acara (kondangan, gathering, nonton konser, dll).

Siapkan kontrak yang jelas agar klien dan talent tidak melebihi batasnya. Mungkin juga butuh pendampingan pihak ketiga atau aturan-aturan lain untuk mencegah masalah/kerugian yang tak diinginkan.

2. Jasa Teman Curhat

Mungkin ada banyak orang di luar sana yang ingin cerita masalah hidupnya, namun tidak punya teman curhat atau tidak mau cerita pada orang terdekatnya. 

BACA JUGA :  29 Ide Bisnis Jasa yang Paling Banyak Dicari

Ini bisa membantu klien meringankan atau sekedar mengungkapkan perasaannya. Jasa teman curhat bisa berperan hanya sebagai pendengar anonymous atau memberi saran terbaik tanpa menggurui. 

Harus ada kontrak yang jelas, tentang berapa biayanya, berapa lama durasi curhatnya, dan aturan untuk tetap menjaga privasi klien. 

3. Sewa Gadget Terbaru

Di masa modern ini ada pergeseran gaya hidup di mana penggunaan gadget atau gawai bukan sekadar alat komunikasi atau untuk akses informasi, tapi juga sebagai status sosial.

Kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis untuk buka jasa sewa gadget terbaru. Konsepnya sama seperti sewa mobil. 

Gadget tipe apa, berapa hari sewa, biayanya berapa, dan siapkan kontrak yang jelas. 

4. Jual atau Sewa Baju

Banyak orang yang cukup konsumtif untuk beli baju mahal yang hanya dipakai satu kali. Solusinya adalah mereka bisa sewa baju saja, mulai dari gaun pesta, baju resmi, atau pakaian branded

Jadi, mereka tidak perlu beli baju hanya untuk satu kali acara. Plus, mereka akan dapat banyak pilihan model, desain, dan brand baju tidak terbatas dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. 

Ini salah satu ide bisnis gila dan kreatif yang akan banyak peminatnya.

5. Jual atau Sewa Kostum 

Cosplayer adalah seseorang yang hobi memainkan berkostum seperti karakter di komik, anime, novel, film, atau game. Sekarang banyak juga orang menjadikan cosplayer sebagai profesi. 

Itu berarti ada peluang bisnis untuk menjual atau menyewakan kostum-kostum plus properti dari karakter tersebut.

6. Sewa Barang Branded 

Ide bisnis gila selanjutnya adalh sewa barang-barang branded, seperti tas mewah, sepatu, furnitur, aksesori, alat make up, dan sebagainya. 

Setiap konsumen punya tujuannya masing-masing kenapa dia butuh barang branded. Misalnya, untuk keperluan bikin video, shooting, atau iklan. 

BACA JUGA :  11 Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Laku Setiap Hari!

Sewa kamera, laptop, atau perlengkapan video juga bisa berguna bagi mereka yang sedang belajar fotografi tapi sekarang belum punya alat tersebut. 

7. Bisnis Toko Barang Mantan

Konsep toko barang mantan ada di beberapa cerita novel atau fiksi. Boleh juga kamu jadikan bisnis di dunia nyata. 

Kamu menerima dan membeli barang mantan dari seseorang. Lalu, menjualnya kembali di toko fisik atau toko online kamu. 

Konsepnya sama dengan jual barang preloved. Bila barang itu punya backstory yang berkesan dan emosional, kamu boleh menceritakannya di deskripsi produk tentu setelah mendapatkan izin. 

Barang-barang itu harus dalam kondisi yang masih baik dan punya daya guna bagi konsumen, ya. 

8. Desain Uang Mahar dan Seserahan

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan adalah desain uang mahar atau seserahan. Calon pengantin biasanya punya permintaan unik untuk kemasan uang mahar dan seserahan mereka. 

Untuk mengemasnya dengan spesial dan estetik. Setelahnya mungkin bisa jadi pajangan sebagai tanda cinta mereka. 

9. Jual Cake Desain Unik

Sekarang cake bukan hanya sekadar makanan, tapi juga tampilannya punya filosofi atau simbol lainnya. Terutama cake ulang tahun, cake pernikahan, atau cake untuk hadiah ke orang tersayang. 

Kamu harus bisa baking dan desain sekaligus. Misalnya, bikin kue bentuk masjid, bentuk karakter kartun, atau bentuk unik lainnya sesuai dengan permintaan klien. 

10. Buka Cafe Reptil

Kafe kucing dan kafe anjing sudah lumayan banyak. Apalagi yang belum ada?

Ide bisnis gila bagi pencipta reptil adalah bisnis kafe reptil. Selain sajian menu makanan dan minuman yang enak, pengunjung akan ditemani dengan reptil-reptil jinak.

Kamu bisa beri edukasi seputar reptil juga di sana, atau memfasilitasi para pecinta reptil lainnya. 

BACA JUGA :  10 Cara Jual Bunga Online, Omzet Bisa Ratusan Juta! 

11. Jual Minuman Unik 

Tren bisnis minuman sedang meningkat pesat. Ada saja menu minuman baru setiap hari. 

Kamu juga bisa bisnis minuman unik, misalnya:

  • Jual minuman dalam wadah yang unik, seperti botol dot, bohlam lampu, atau plastik tapi dengan desain baru. 
  • Minuman di wadah botol yang desainnya seperti botol pembersih piring, pembersih lantai, dll. 
  • Minuman rasa jeruk tapi warnanya merah. Minuman warna coklat tapi rasa vanila, dan sebagainya. 

Itulah beberapa ide bisnis gila yang bisa kamu coba. Ide bisnis kreatif lainnya adalah bikin cafe atau resto alam di tengah hutan, buka hotel khusus hewan peliharaan, jual pakaian dan aksesori hewan peliharaan, atau jual barang-barang unik secara online

Kamu bisa optimalkan bisnis dengan membuat toko online untuk memperluas jangkauan pemasaran bisnis. Ribet? Tentu tidak!

Ada Praktisidigital yang menyediakan layanan buat toko online siap pakai. Dilengkapi berbagai fitur lengkap untuk menunjang bisnis kamu!