15 Ide Bisnis UKM untuk Pemula yang Bisa Untung Besar


Ide bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) berikut ini bisa jadi inspirasi bagi kamu yang baru akan memulai bisnis. Suatu bisnis masuk kategori UKM berdasarkan aset atau omzet tahunan yang didapat. Usaha kecil adalah yang omzetnya Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar dan usaha menengah adalah yang omzetnya Rp2,5 miliar hingga Rp50 miliar per tahun.

Ide Bisnis UKM Modal Kecil dan Menjanjikan

Ada banyak sekali dukungan untuk para pelaku bisnis UKM, termasuk dari pemerintah. Ingin terjun ke bisnis ini? Berikut beberapa yang bisa dijadikan ide:

1. Bisnis Fashion

Ide bisnis UKM pertama adalah dalam bidang fashion. Seperti yang kita tahu, pakaian atau sandang adalah kebutuhan pokok, sehingga semua orang membutuhkannya. Saat ini banyak orang juga yang sudah aware dengan keberadaan produk fashion lokal yang berkualitas.

Bukan hanya pakaian saja, produk seperti tas, aksesori, hingga sepatu juga bisa jadi pilihan. Bisnis fashion sangat luas dan hadir dalam berbagai pilihan kategori yang berbeda mulai dari berdasarkan gaya, usia, hingga jenis kelamin.

2. Bisnis Kuliner

Ide bisnis lain yang tidak kalah potensial adalah bisnis kuliner.

Sama halnya seperti pakaian, makanan juga termasuk kebutuhan pokok yang dibutuhkan semua orang. Bisnis makanan ini juga banyak bentuknya mulai dari jasa katering, restoran, kedai, kaki lima, makanan ringan, hingga frozen food.

Tren makanan memang dapat berubah-ubah dengan cepat sehingga pelaku bisnis ini harus terus berinovasi dan menciptakan produk yang tak lekang oleh tren.

BACA JUGA :  15 Bisnis Makanan Korea yang Hits, Pasti Laku!

3. Bisnis Otomotif

Selanjutnya ada bisnis otomotif seperti bengkel, salon kendaraan, rental kendaraan, hingga bisnis jual beli suku cadang. Bisnis satu ini cocok untuk kamu yang punya hobi atau keahlian di bidang otomotif.

4. Bisnis Pertanian

Negara dengan iklim seperti di Indonesia memang cukup bagus untuk bertani dan berkebun. Perlu diketahui juga bahwa saat ini bidang pertanian ini semakin modern dan banyak inovasi.

Lahan yang tidak terlalu luas bahkan bukan lagi menjadi halangan karena adanya inovasi seperti tabulampot (tanaman buah dalam pot) hingga hidroponik.

5. Bisnis Peternakan

Selain bertani dan berkebun, bisnis hewan ternak juga menjadi ide bisnis UKM yang tidak kalah potensial. Hewan yang paling umum diternak adalah seperti sapi, kambing, ayam, bebek, hingga ikan lele dan nila.

Sebagai permulaan memang sebaiknya memilih hewan yang permintaannya tinggi di pasaran dan budi dayanya juga tidak terlalu sulit seperti hewan yang sudah disebutkan di atas.

6. Bisnis Salon Kecantikan

Selanjutnya adalah bisnis di bidang kecantikan berupa salon. Salon kecantikan biasanya menawarkan jasa seperti tata rambut, perawatan kuku, make up dan make over, hingga spa.

Umumnya salon ini target pasarnya adalah wanita tapi ada juga salon yang melayani keduanya. Biasanya salon yang khusus untuk wanita adalah salon dengan konsep salon muslimah yang pelanggan hingga seluruh stafnya memang khusus wanita.

7. Skin care dan Make Up

Masih dalam bidang kecantikan tapi yang ditawarkan kali ini adalah barang bukan jasa. Beberapa tahun belakangan ini produk skin care dan make up lokal semakin berkembang pesat.

Menciptakan brand baru untuk skin care dan make up juga kini bukan hal yang sulit, kamu bisa membuatnya melalui jasa maklon kosmetik. Sedangkan untuk pemasaran produk bisa melalui media sosial dan bekerja sama dengan banyak beauty influencer dari berbagai skala.

BACA JUGA :  11 Peluang Bisnis K-Pop Potensial untuk Para K-Popers

8. Perlengkapan Bayi

Meskipun kecil, tapi bisa dikatakan bahwa bayi membutuhkan perlengkapan lebih banyak daripada orang dewasa.

Hal ini yang membuat adanya toko khusus yang menjual perlengkapan bayi. Toko perlengkapan bayi ini laku baik offline maupun online

9. Jasa Foto dan Video

Bisnis selanjutnya cocok untuk kamu yang punya hobi dalam bidang fotografi dan videografi. Jasa foto dan video ini bisa melayani berbagai jenis dokumentasi mulai dari acara seperti pernikahan, lamaran, prewedding, hingga untuk keperluan foto produk untuk katalog.

Cara memasarkan jasa ini juga sangat mungkin melalui media sosial. Kamu hanya perlu membuat akun khusus untuk dijadikan portofolio yang memamerkan hasil kerjamu.

10. Perlengkapan Rumah Tangga

Ide bisnis UKM selanjutnya adalah perlengkapan rumah tangga. Jenisnya ada banyak sekali dan perlengkapan rumah tangga tentunya dibutuhkan di setiap rumah.

Saat ini perlengkapan rumah tangga yang unik dan estetik biasanya lebih diminati, terutama di pasar online. Selain estetik tapi barang-barang ini juga tetap harus fungsional karena itu lah fitur yang pertama dicari oleh pembeli.

11. Bisnis Jasa Kebersihan

Bisnis jasa kebersihan ini ada banyak jenis, bisa bersih-bersih rumah atau cuci kendaraan. Memang bersih-bersih ini membutuhkan keahlian khusus jika ingin rumah atau kendaraan bersih maksimal. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan jasa ini.

Biasanya jasa bersih-bersih rumah ini dibutuhkan oleh orang yang sibuk bekerja atau yang tidak memiliki asisten rumah tangga. Sementara untuk bisnis jasa cuci kendaraan, sekarang sudah lebih inovatif dan banyak yang juga menyediakan layanan untuk dipanggil ke rumah.

12. Bisnis Produk Kreatif Daur Ulang

Produk yang terbuat dari bahan daur ulang ini biasanya memiliki peminatnya tersendiri. Bisnis ini sangat bagus dilakukan dan bisa dimulai dari skala home industry. Tidak hanya menciptakan produk yang inovatif tapi bisnis ini juga bisa turut mencegah pemanasan global.

BACA JUGA :  Bisnis Plan: Manfaat, Jenis, Elemen, Contoh, dll

13. Bisnis Kesehatan

Bisnis di bidang kesehatan seperti apotek dan toko obat adalah bisnis esensial. Tentunya bisnis ini juga termasuk ide bisnis UKM yang bisa dijadikan pilihan.

Bisnis ini cocok untuk orang yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan. Jika tidak, kamu juga bisa mempekerjakan orang yang memang memiliki kompetensi di bidang tersebut.

14. Bisnis Bidang Pendidikan

Ada juga UKM yang berjalan di bidang pendidikan. Contohnya seperti tempat les atau tempat kursus. Saat ini menjalani bisnis ini bisa jadi lebih mudah karena kelas juga bisa dilakukan secara online. Ini bisa menjadi salah satu pilihan praktis untuk mendapatkan lebih banyak murid.

Jenis kelas bisa disesuaikan dengan minat dan kompetensi yang kamu miliki. Selanjutnya bisa dengan mempekerjakan tenaga pengajar profesional lain agar bisa semakin banyak kelas yang ditawarkan.

15. Perlengkapan Dekorasi Pesta

Perlengkapan dekorasi pesta seperti aneka balon, perlengkapan photo booth, lilin, lampion, dan pernak-pernik menjadi hal yang banyak dicari.

Ketika tidak mengadakan pesta, banyak orang yang masih mencari perlengkapan dekorasi ini untuk menghias rumah dan sekadar mengabadikan momen tersebut.

Mana ide bisnis UKM di atas yang paling cocok denganmu? Sebaiknya pilih bisnis sesuai minat dan kompetensimu agar lebih mudah ketika menjalaninya. Jangan ragu juga untuk berbagai ilmu dengan rekan yang sudah lebih dulu terjun ke bidang ini!

Perluas cakupan bisnis kamu dengan membuat website toko online yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Buat website toko kamu sekarang dengan gratis di Praktisidigital! Tak perlu setting apa pun, kamu bisa langsung upload katalog produk dan berjualan.