27 Usaha Sampingan Guru Honorer, Untung Besar!


Ada beberapa ide usaha sampingan guru untuk menambah pendapatan, mencari peluang, dan mengasah kemampuan lain di luar profesi mendidik siswa. Bagi para pahlawan tanpa tanda jasa, yuk pelajari ide bisnis sampingan untuk guru honorer berikut ini! 

Rekomendasi Usaha Sampingan Guru

Selain mengajar para murid sehari-hari, ibu dan bapak guru bisa memilih pekerjaan sampingan lain untuk menambah penghasilan setiap bulannya. Jenis pekerjaan sampingan tersebut bisa berhubungan dengan dunia pendidikan, namun tidak menutup kemungkinan untuk bisnis di bidang usaha lain yang menguntungkan. 

Mulai dari memberikan jasa les privat, kelas online, hingga bisnis online shop di berbagai sektor, berikut ini beberapa ide bisnis sampingan guru honorer yang bisa kamu coba: 

1. Les Privat 

Pekerjaan sampingan yang paling umum dan terbuka bagi para guru adalah dengan menjadi guru les privat bagi murid-murid yang membutuhkan pelajaran tambahan. 

Biasa para orang tua murid akan mengusulkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah untuk memantapkan ilmu anak. Kamu bisa ikut berkontribusi menjadi guru les privat bagi mereka. 

Bisa juga membuka les privat untuk murid-murid dari sekolah lain, sesuai dengan bidang pelajaran yang bapak ibu guru tekuni. Kamu dapat memasarkan jasa guru les privat, word of mouth dari orang tua siswa, atau secara langsung maupun online.

2. Bisnis Online 

Di era digital ini, siapa saja bisa bisnis online asalkan mau mencoba dan terus belajar—termasuk bagi para guru. Bapak dan ibu guru bisa mencari peluang barang-barang yang paling laris dijual online, misalnya pakaian, sepatu, kebutuhan sekolah, elektronik, alat rumah tangga, dan sebagainya. 

Keuntungan bisnis online adalah tidak perlu modal besar, tidak butuh sewa toko, dan fleksibel dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Ini sangat cocok bagi bapak ibu guru yang sibuk di pagi dan siang hari, namun punya waktu agak lowong di sore dan malam hari. 

3. Jual Buku Online 

Masih terkait dunia pendidikan, usaha sampingan guru honorer yang paling cocok adalah jualan buku baik secara offline dan online. Lebih disarankan untuk jual buku online karena lebih praktis, jangkauan konsumen luas, dan lebih menguntungkan. 

Silakan sediakan berbagai jenis buku sesuai dengan minat pasar, mulai dari buku pelajaran anak sekolah, kamus, buku pengetahuan umum, alat tulis sekolah, buku cerita anak, atau pun buku-buku fiksi yang seru dan tetap mendidik. Agar lebih untung, bisa jual buku fanfiction juga! 

4. Freelance Menulis atau Translation 

Terutama bagi guru bahasa dan sastra, bisa mencoba freelance menulis dan translation. Jasa freelance ini sering dibutuhkan untuk berbagai bidang, misalnya artikel di website, media, perusahaan, dan sebagainya. 

BACA JUGA :  12 Bisnis Kuliner Kekinian yang Menjanjikan, Paling Laris!

Kamu bisa mencari pekerjaan menulis sampingan di berbagai platform freelancers atau dari koneksi terdekat. Sebagai informasi, freelance menulis dalam bahasa Inggris dan translation biasanya penawaran harganya lebih tinggi dan dibayar per kata. 

5. Menjadi Tutor Online 

Jaman sekarang murid-murid juga suka belajar secara online, baik belajar pelajaran utama atau bimbel tambahan. Bapak dan ibu guru bisa melamar untuk bergabung di platform tutor online

Biasanya juga ada instansi atau komunitas pendidikan yang butuh guru tambahan untuk mengajar secara online atau membimbing murid-murid dalam projek tertentu. Nah, ini adalah peluang baik untuk bapak dan ibu guru coba!  

6. Pelatih 

Guru dengan keilmuan khusus seperti guru olahraga, guru seni, atau guru musik bisa menjadi pelatih di luar sekolah juga. Bagi murid yang butuh kelas tambahan atau mereka yang ingin ikut kejuaraan dan acara tertentu, biasanya akan membutuhkan pelatih khusus yang profesional.

Selain membantu anak-anak mencapai tujuannya, bapak dan ibu guru juga bisa mendapat penghasilan tambahan. Umumnya, dari sekolah akan mengakomodir sistem pelatih atau tapi bapak dan ibu guru juga bisa membuka jasa privat dan memasarkannya sendiri. 

7. Mentor untuk Kegiatan di Luar Sekolah 

Bapak dan ibu guru bisa menjadi mentor untuk kegiatan ekstrakurikuler atau membimbing murid untuk kegiatan sepulang sekolah. Misalnya, mentor untuk tim cheerleader, tim bola basket, komunitas rohis, klub seni, atau pun membimbing siswa untuk memulai sebuah ekskul baru. 

Selain itu, bapak dan ibu guru bisa bekerja sama dengan orang tua siswa atau sebuah lembaga untuk menjadi mentor bagi anak SMP atau SMA dalam urusan konseling atau pembimbingan akademik. Mengingat remaja di usia tersebut sedang mengeksplor banyak hal dan harus ada yang mengawasi. 

8. Bisnis Kuliner 

Ya, ide usaha sampingan guru honorer selanjutnya adalah bisnis kuliner. Mengingat bisnis kuliner adalah jenis usaha yang tidak ada matinya dan akan selalu laris karena konsumen selalu cinta dengan makanan enak. 

Secara tradisional, guru-guru bisa memulai bisnis kuliner di sekitaran sekolah. Namun, ide bagus juga untuk membuka tempat makan kecil-kecilan atau jual makanan online

Hal yang terpenting adalah menu makanan harus enak dan harganya sesuai. Kamu bisa masak sendiri bila memungkinkan atau mengakomodir orang lain yang bisa masak untuk berbisnis bersama. 

9. Survei Online 

Mengisi survey online adalah jenis pekerjaan sampingan yang paling populer untuk para guru karena bisa dilakukan kapan saja saat sedang ada waktu luang. 

Beberapa platform yang memungkinkan kamu dibayar untuk mengisi survei, riset pasar, atau jajak pendapat suatu tren, seperti YouGov Indonesia, Clixsense Indonesia, ViewFruit, dan masih banyak lagi. 

Silakan ikuti ketentuan yang berlaku dan kebutuhan menjawab survei untuk mendapat penghasilan tambahan yang cukup. Beberapa orang mengklaim mendapat gaji yang lumayan dari pekerjaan sampingan ini bila dilakukan secara konsisten. 

10. Penulis Buku 

Usaha sampingan guru honorer selanjutnya adalah menjadi seorang penulis buku, ghostwriter, atau pun penulis di blog. Tema tulisan bisa seputar dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, atau pelajaran eksak sesuai kemampuan dan latar belakang. 

Tidak menutup kemungkinan seorang guru juga mampu menulis cerita fiksi atau artikel informatif tema umum lainnya. Silakan hubungi penerbit atau media yang memungkinkan kamu menerbitkan sebuah karya. 

11. Jual Barang Preloved

Bapak dan ibu guru punya barang-barang yang masih bagus namun tidak dipakai lagi? Bisniskan saja dengan cara jual barang bekas preloved. 

BACA JUGA :  15 Ide Bisnis Valentine, Peluang Usaha Menguntungkan! 

Bila barang-barangnya memang memiliki daya guna dan kualitasnya masih baik, pasti banyak peminatnya. Kamu bisa pasarkan secara online atau jual di platform e-commerce.

Selain itu, kamu bisa melakukan thrifting dan menjalankan bisnis konsinyasi untuk jualan barang bekas orang lain atau biasanya barang-barang sisa eksport yang kondisinya masih oke. 

12. Usaha Bimbel 

Berhubungan dengan dunia pendidikan, usaha sampingan guru yang bisa dijalankan adalah membuka tempat bimbel. Namun, bisnis ini sepertinya membutuhkan perencanaan besar dan modal yang cukup juga. 

Bila belum memungkinkan, kamu bisa membuka jasa mengajar untuk kelompok kecil murid-murid di sekitar tempat tinggal kamu. Misalnya, untuk belajar mengaji, berhitung, atau sesuai mata pelajaran yang dikuasai.

13. Menjadi Content Creator 

Para guru bisa juga menjadi content creator, lho! Content creator bukan hanya tentang dunia hiburan atau orang-orang yang mengutamakan penampilan visual saja, namun masyarakat luas juga butuh sosok content creator yang pintar dan mampu membagikan ilmunya dengan cara yang asyik. 

Nah, bapak dan ibu guru bisa mengambil peluang tersebut. Misalnya, membuat konten untuk memperkenalkan aplikasi matematika yang mengasyikan, belajar bahasa dengan gaya kekinian, membagikan ilmu bermain alat musik, menjadi creativepreneur, atau pun membuat konten edukasi untuk anak-anak zaman sekarang. 

Kamu bisa mulai dengan membagikan konten edukatif dan bermanfaat di media sosial. Bila dilakukan secara konsisten dan terus belajar mengemas konten yang seru, pasti akan mendapat tempat spesial untuk audiens. 

14. Seminar Online 

Dengan berbagai bidang keilmuan yang dikuasai, bapak dan ibu guru pantas menjadi pembicara untuk seminar baik secara langsung atau seminar online. Biasanya berawal dari acara internal sekolah atau pembicara umum untuk konteks yang dikuasai. 

Kamu juga bisa bergabung di komunitas atau lembaga tertentu untuk berbagi ilmu dengan audiens yang membutuhkannya. Profesi sebagai guru akan menambah profesionalisme dan kredibilitas acara tersebut. 

15. Bisnis Fashion 

Usaha sampingan guru honorer selanjutnya adalah bisnis fashion. Ya, mengapa tidak? Bapak dan ibu guru mungkin sebenarnya memiliki gaya fashion yang oke dan bisa dikembangkan jadi sebuah bisnis. 

Selain itu, bisnis pakaian hampir selalu laku baik itu jenis pakaian anak, fashion pria, dan lebih lagi fashion wanita yang tampaknya sering berganti. Hal yang penting adalah kamu harus belajar cara jual pakaian online

16. Reseller atau Dropship 

Para guru bisa mulai bisnis sampingan sebagai reseller atau dropship. Ini adalah jenis bisnis yang memungkinkan kamu bisa jualan tanpa harus punya modal banyak. 

Cari vendor terpercaya dan produknya berkualitas, lalu bantu mereka menjualkan produknya. Kamu akan dapat komisi dari setiap produk yang laku melalui kamu. 

Ini bisnis yang cocok untuk guru karena fleksibel, tidak perlu sewa toko atau menyiapkan stok produk, dan juga praktis. 

17. Berkebun atau Bisnis Tanaman Hias 

Bila di kesehariannya kamu suka berkebun atau menanam tanaman hias, bisa dikembangan menjadi sebuah bisnis. Terutama bagi tanaman langka, harga jualnya bisa sangat tinggi. 

Selain menanam dan mengurusnya sendiri, kamu bisa kerja sama dengan petani atau vendor tanaman. Sediakan jenis tanaman seasonal juga sesuai dengan minat konsumen agar dapat keuntungan lebih. 

18. Bisnis Ikan Hias 

Bapak dan ibu guru mungkin punya hobi memelihara ikan hias sehari-hari, itu bisa dikembangkan jadi bisnis sampingan. Hal yang terpenting adalah kamu memahami betul tentang jenis ikan hias dan ilmu memelihara ikan yang baik dan benar. 

Selebihnya, siapkan modal yang cukup, rencana bisnis, dan tetapkan target pasar. Bagi pemula, silakan mulai dari jual jenis ikan hias umum dengan harga terjangkau dan pasarkan ke komunitas pecinta ikan terdekat. 

BACA JUGA :  23 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Cepat Laku!

19. Bisnis Peternakan 

Tidak hanya untuk guru, namun beberapa kelompok pekerja memilih bisnis peternakan sebagai bisnis sampingan. Hewan ternak yang biasa dikonsumsi biasanya menjadi pilihan, seperti ayam, bebek, kambing, dan ikan.

Ide bagus juga bila kamu ingin coba ternak hewan untuk diperlombakan seperti burung kicau dan ikan hias. Peternakan untuk pakan hewan seperti kroto, ulat, dan jangkrik juga dinilai menjanjikan. 

20. Bisnis Toko Kelontong

Para guru bisa coba bisnis sampingan dengan buka toko kelontong di sekitar lingkungan rumah atau jual sembako online. Bisnis toko kelontong online dinilai lebih cocok untuk guru karena tidak akan mengganggu jam kerjanya di pagi sampai siang atau sore hari. 

Silaka bergabung di e-commerce, media sosial, dan website toko online untuk memasarkan produknya. Kamu juga bisa menawarkan toko sembako online ke komunitas guru atau pun perkumpulan orang tua siswa. 

21. Sewa Tempat Parkir 

Bila punya lahan kosong di sekitar pusat perbelanjaan, pertokoan, atau perkantoran, kamu bisa memanfaatkannya untuk bisnis sewa tempat parkir. Pastinya, kamu harus memastikan keamanan dan memberikan fasilitas yang sesuai standar tempat parkir. 

Mungkin juga perlu kerja sama dengan otoritas keamanan setempat atau meminta izin dari lembaga legalitas agar tidak menjadi kawasan parkir liar. 

22. Bisnis Kos-kosan 

Membuat kos-kosan atau rumah kontrakan adalah jenis bisnis sampingan yang biasanya dijalankan oleh orang tua sebagai investasi dan pendapatan rutin berjalan. Namun, kamu harus punya modal yang cukup besar untuk menjalankan bisnis ini. 

23. Jual Skin Care dan Kosmetik 

Bapak dan ibu guru bisa memulai bisnis sampingan dengan jualan skin care dan kosmetik. Biasanya ibu guru yang lebih paham tentang produk skin care dan kosmetik terbaik. 

Kamu bisa menjalankannya secara online, berjualan secara konvensional, atau dibuat lebih menarik seperti dengan model cicilan atau arisan. 

24. Bisnis Jersey Bola 

Bagi bapak guru yang juga pecinta sepak bola, bisnis sampingan yang bisa dijalankan adalah jualan jersey bola atau merchandise terkait olahraga, misalnya sepatu dan alat olahraga, . 

Jenis jersey bola asli biasanya harganya lebih mahal untuk target konsumen menengah atas. Kamu bisa menyesuaikan dengan modal yang kamu punya dan target pasarnya. 

25. Bisnis Kerajinan Tangan dan Daur Ulang 

Mengembangkan keterampilan tangan dengan membuat berbagai jenis kerajinan yang unik. Selain mendapat penghasilan tambahan, bisa juga membantu membersihkan lingkungan dan menambah lapangan pekerjaan. 

Misalnya, usaha kerajinan tangan kain flanel, daur ulang botol plastik bekas, kreasi mahar atau hantaran, kerajinan dari koran bekas, ban bekas, kain perca, palet kayu, kertas artificial, atau pun membuat lilin aromaterapi. 

26. Menjadi Influencer

Profesi influencers identik dengan anak muda yang cantik dan tampan, namun sebenarnya orang-orang dari latar belakang profesi profesional lebih cocok untuk menjadi seorang influencers atau key of leader (KOL).

Misalnya, bapak dan ibu guru menjadi pakar untuk dunia pendidikan dan spesifik di materi tertentu. Menjadi pembicara untuk memberi tips-tips belajar siswa, metode pembelajaran yang efektif, atau tema lainnya yang biasanya juga bekerja sama dengan komunitas, media, atau lembaga lainnya. 

27. Bisnis Sesuai Hobi

Selain mengajar formal, bapak dan ibu guru mungkin punya hobi lain yang bisa dikembangkan untuk jadi peluang bisnis. Misalnya hobi makan jadi usaha kuliner, hobi olahraga bisa jadi pengajar, atau jualan sport merchandise, dan sebagainya. 

Nah, itulah beberapa ide usaha sampingan guru honorer. Apapun jenis bisnisnya, sebaiknya kamu buat toko online untuk mempromosikan bisnis dan menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial. 

Kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital. Cara daftarnya sangat mudah, cepat, praktis, dan kamu akan dapat fasilitas bisnis online paling lengkap dan otomatis!