12 Bisnis Kuliner Kekinian yang Menjanjikan, Paling Laris!


Bisnis kuliner adalah bisnis yang selalu menjanjikan. Tentu saja, industri kuliner kan hadir untuk memenuhi salah satu kebutuhan pokok kita, yaitu kebutuhan pangan. Jika ingin terjun ke bisnis satu ini, kamu harus tahu dulu nih apa yang sedang hits di masyarakat. Masih bingung mau jualan apa? Sima beberapa ide bisnis makanan yang bisa jadi inspirasi kamu!

Inspirasi Bisnis Kuliner Kekinian

1. Frozen Food dan Ready-to-Cook

Masa pandemi yang mengharuskan kita untuk di rumah saja membuat frozen food dan makanan ready-to-cook semakin diminati oleh masyarakat. Maklum saja, keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan bisa jadi jalan kita untuk terpapar virus. Maka dari itu, menyetok makanan di rumah menjadi pilihan bijak agar intensitas ke luar rumah pun bisa dikurangi.

Selain karena sedang banyak diminati, ada beberapa keuntungan lain berbisnis frozen food ini. Pertama, kamu jelas bisa memasarkannya secara online. Selain itu, makanan ini bertahan lama sehingga risiko makanan terbuang pun jauh lebih kecil.

2. Es Kopi Susu

Kamu tentunya tahu bahwa beberapa tahun belakangan, bisnis es kopi susu semakin menjamur. Setiap brand memiliki ciri khas yang berbeda-beda, meskipun ada beberapa menu andalannya yang punya kemiripan dalam hal komposisi. Jika kamu adalah pecinta kopi susu kekinian, tidak ada salahnya mencoba bisnis satu ini.

Selain menjualnya dalam kemasan gelas, kamu juga bisa membuat kemasan botol dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga 1 liter. Kemasan botol ini lah yang nantinya lebih mudah kamu pasarkan secara online.

3. Dessert Box

Dessert box adalah dessert yang dibuat di dalam sebuah box transparan atau sejenis kotak makan. Satu box biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga lebih umum untuk dimakan dalam satu kali sajian. Ini tentunya menjadi cara yang lebih menyenangkan untuk menikmati dessert, dibandingkan dengan harus menyajikannya di piring. 

Kamu bisa menjualnya dengan sistem pre-order atau melalui aplikasi delivery makanan. Umumnya dessert berbentuk manis tapi mudah hancur. Namun ketika kamu membuatnya di dalam box, kamu tidak perlu khawatir meskipun makanan ini harus menempuh perjalanan cukup jauh.

4. Nasi Salmon Mentai

Nasi salmon mentai adalah nasi dengan topping saus mentai dan salmon. Saus mentai sendiri merupakan campuran dari mayones, saus sambal (opsional), dan telur ikan pollock, dan ditambah rempah pelengkap lainnya. Makanan ini kemudian dipanggang hingga salmon matang sesuai selera. Sama seperti dessert box, makanan ini paling banyak dijual di aplikasi delivery makanan.

5.Dimsum Mentai

Dimsum mentai adalah salah satu kreasi dari saus mentai yang sedang hits ini. Jika sebelumnya kamu menggunakan saus mentai sebagai topping nasi, sekarang kamu menggunakannya sebagai topping dimsum. Jika kamu berminat untuk mencoba bisnis satu ini, kamu bisa berinovasi dengan bahan dimsum hingga topping-nya.

Kamu bisa menjualnya dengan sistem pre-order atau menjualnya lewat layanan delivery makanan. Dimsum juga bisa dijual sebagai frozen food jika kamu ingin lebih awet agar bisa dipasarkan secara online.

Baca Juga: 15 Cara Memulai Bisnis Kuliner, Bisa Cepat Sukses!

6. Menu Diet

Melakukan diet untuk menurunkan berat badan itu tidak mudah. Salah satu yang paling sulit dilakukan adalah memasak menu diet sendiri. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka bisnis catering menu diet. Paket menu diet dapat beragam bergantung pada jenis dietnya. Contohnya diet mayo, biasanya jasa catering akan menawarkan paket untuk 2 minggu atau 13 hari. Diet lain yang banyak ditawarkan adalah seperti diet atkins, diet keto, atau diet rendah kalori.

Selain menyediakan menu diet untuk menurunkan berat badan, kamu juga bisa menyediakan menu diet sehat lainnya seperti menu untuk ibu hamil, diet untuk jantung sehat, hingga diet untuk penderita diabetes.

7. Camilan Sehat

Selain menu diet sehat, bisnis kuliner camilan sehat juga enggak kalah menarik. Target pasarnya masih sama, yaitu orang yang ingin menurunkan berat badan, orang dengan kondisi medis tertentu, atau orang yang sekedar ingin hidup lebih sehat. Beberapa camilan yang termasuk ke dalam jenis camilan sehat adalah seperti snack tanpa MSG, kacang-kacangan panggang, camilan rendah garam dan gula, dan masih banyak lagi.

8. Spaghetti Brulee

Makanan olahan pasta memang banyak sekali macamnya. Salah satu yang sedang hits belakangan ini adalah spaghetti brulee, yang merupakan spaghetti bolognese yang diberikan topping saus bechamel (saus putih) kemudian dipanggang. Saus bechamel adalah saus khas Perancis yang terdiri dari mentega, tepung, dan susu.

Umumnya saus ini dicampurkan juga dengan keju mozarella atau quick melt untuk menciptakan konsistensi topping brulee yang diinginkan. Makanan ini dapat dijual frozen dan dipanaskan kembali sebelum dinikmati, tapi daya simpannya tidak terlalu lama.

9. Bitterballen

Bitterballen adalah makanan khas Belanda yang sebenarnya juga sudah tidak asing di Indonesia. Mirip dengan kroket, namun bitterballen memiliki ukuran lebih kecil dan bentuknya bulat. Kroket juga berbahan utama kentang, sedangkan bitterballen terbuat dari campuran tepung terigu, daging, dan bahan lainnya. Makanan satu ini juga bisa kamu jual frozen.

10. Roti Srikaya

Ide bisnis kuliner yang menjanjikan selanjutnya adalah roti srikaya. Jajanan khas Kalimantan ini sudah banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, kamu bahkan bisa menemukannya dengan mudah di Jakarta. Roti srikaya biasanya disajikan dengan 3 cara, yaitu goreng, panggang, dan kukus. Belum menemukannya di sekitar tempat tinggalmu? Mungkin bisa kamu jadikan kesempatan untuk mengenalkan jajanan khas Singkawang ini di daerah tempat tinggalmu.

11. Makanan Khas Korea

Budaya Korea memang bukan main ya efeknya di Indonesia. Bukan cuma idol dan dramanya saja, makanan khas Korea juga ikutan hits, nih. Mulai dari kimbap, tteokbokki, jjajangmyeon, ramyeon, kimchi, dan banyak makanan lainnya sudah jadi makanan yang tidak asing di Indonesia. Buat kamu pecinta makanan Korea, enggak ada salahnya coba ide bisnis yang satu ini!

12. Sambal Kemasan

Ide bisnis kuliner online selanjutnya lebih melokal, yaitu berjualan sambal kemasan. Sambal ini memang sulit dipisahkan dari budaya makan orang Indonesia, ya. Tanpa sambal, makanan jadi terasa kurang lengkap. Pilihan sambal sendiri ada sangat banyak mulai dari sambal bawang, sambal terasi, sambal kacang, sambal teri, dan masih banyak lagi. 

Sambal matang bisa tahan di suhu ruangan selama 2-3 hari, sedangkan jika disimpan di lemari es, sambal kemasan bisa tahan hingga 3 bulan. Cocok sekali kan dijadikan ide bisnis di masa pandemi ini?

Itu dia berbagai ide bisnis kuliner kekinian yang bisa kamu coba. Memulai bisnis makanan itu tidak sulit kok, bisa dimulai dari skala kecil. Kamu juga bisa memasarkan produkmu secara online dengan mudah. Bukan hanya lewat media sosial, sebaiknya kamu juga punya website untuk bisnis!

Segera buat website toko online kamu di Praktisidigital untuk memaksimalkan pemasaran dan memudahkan calon pembeli menemukan produk kamu. Kamu bisa coba buat akun di Praktisidigital untuk buat website gratis sendiri. Mudah dan praktis!