28 Ide Bisnis di Komplek Perumahan yang Potensial


Apa saja ide bisnis di komplek perumahan? Bisnis kuliner dan kebutuhan sehari-hari sangat cocok dijalankan di area ramai penduduk seperti perumahan. Yuk, cek inspirasi bisnis di komplek perumahan berikut ini! 

Rekomendasi Bisnis di Komplek Perumahan

Memulai bisnis bisa dijalankan di sekitar tempat tinggal kita. Di sana banyak warga yang pasti perlu banyak kebutuhan mulai dari sembako, makanan, dan jasa lainnya. 

Meskipun warga komplek perumahan dinilai ‘sepi’ dibandingkan masyarakat di kampung, namun tetap saja mereka akan butuh barang dan jasa di toko terdekat. 

Berikut ini beberapa ide bisnis di komplek perumahan yang mungkin bisa kamu coba:

1. Toko Sembako

Di area komplek perumahan atau pun di kampung, toko sembako akan selalu banyak pelanggannya. Sembako menyediakan berbagai kebutuhan pokok yang digunakan setiap hari, jadi selalu dicari. 

Meskipun ada minimarket atau supermarket, warga sekitar cenderung akan belanja di toko sembako atau toko kelontong terdekat karena lebih cepat dan praktis. 

Harga barang kebutuhan di toko sembako juga lumayan lebih murah. Tetap kembangkan toko sembako kamu agar tetap relevan dengan tipe pelanggan saat ini. 

Cek cara jual sembako online sebelum memulainya!

2. Jual Sayuran

Ide bisnis di komplek perumahan adalah jualan sayur. Ya, karena warga akan mencari sayur dan bahan makanan segar setiap pagi ide bisnis di komplek perumahan setiap hari. 

Bahan makanan seperti daging, ikan, sayuran, dan rempah atau bumbu adalah kebutuhan setiap hari, jadi peluang bisnis ini cukup menjanjikan. 

Warga di komplek perumahan juga cenderung akan membelinya di tempat jual sayur terdekat, apalagi kalau sudah langganan. Ini akan memudahkan pelanggan yang tidak sempat pergi ke pasar atau pun supermarket. 

Pastikan kamu menyediakan bahan-bahan makanan yang segar, dan bisa sesuai dengan permintaan pelanggan. 

Selain jual sayur secara konvensional, ini tips jual sayur online!

3. Jual Buah-buahan

Selain sayur, jual buah-buahan juga akan lagu di sekitar perumahan. Sediakan buah-buahan segar, buah potong siap makan, atau sesuai pesanan. 

Jenis buah yang laku dijual setiap hari adalah pisang, jeruk, apel, semangka, dan mangga. Nah, siapkan juga beragam buah musiman atau parsel buah. 

Bila lokasi toko buah di depan komplek, itu sangat strategis sehingga lebih mudah pemasarannya. Selanjutnya, ada juga cara jual buah online yang bisa kamu terapkan, loh!

4. Jual Jajanan 

Peluang bisnis di komplek perumahan selanjutnya adalah jual jajanan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa suka mengonsumsi jajanan. 

Sesuaikan dengan target pelanggan kamu. Misalnya:

  • Jajanan pasar: Kue putu, nagasari, kue lumpur, risol, pastel, klepon, dll. 
  • Jajanan kaki lima: Batagor, siomay, bakso aci, seblak, bisnis gorengan, dll. 
  • Jajanan anak: Telur gulung, cilok, kue jaring laba-laba, makaroni, rambut nenek, dll. 
  • Jajanan kekinian yang lagi hits: Burger, Korean snack, makaroni pedas, corn dog, sandwich, sosis bakar, dll. 

5. Bisnis Kuliner 

Bisnis apa lagi yang paling laris kalau bukan bisnis kuliner. Di mana pun lokasinya, masyarakat akan mencoba kuliner baru dan datang lagi untuk mencoba makanan yang enak-enak. 

Bila kamu punya resep andalan baik itu makanan berat, camilan, atau minuman, boleh banget dikelola jadi peluang bisnis kuliner. 

Apalagi bila di sekitar komplek perumahan kamu ada pujasera atau kantin, kamu bisa ikut jualan di situ. 

Kunci sukses bisnis kuliner adalah rasa yang enak, harga masuk akal, dan inovasi. Nah, kamu juga butuh strategi bisnis untuk menjalankannya. 

6. Bisnis Frozen Food

Masih dari industri bisnis makanan, jual frozen food juga punya potensi yang menjanjikan. Mulai dari sosis, nugget, dimsum, dumpling, seafood, dan kentang goreng. 

Bahkan jenis makanan lain juga bisa dijual dengan cara frozen sekarang. Misalnya, donut, risol mayo, cireng, bakpao, tempura, spring rolls, bakso, mie, hingga nasi dan lauknya. Ini adalah solusi praktis biar bisa makan enak tapi tidak perlu masak dari awal. 

Makanan beku juga tahan lama pastinya, dari sisi bisnis bisa mengurangi risiko kerugian akibat bahan makanan tidak laku. Cek tips bisnis frozen food modal kecil di sini!

7. Bisnis Laundry Kiloan 

Ide bisnis di komplek perumahan selanjutnya adalah usaha laundry kiloan. Laundry kiloan akan sangat membantu dan juga dinilai lebih terjangkau daripada mencuci sendiri. 

Pasti ada warga komplek sekitar yang tidak sempat untuk mencuci pakaiannya sendiri, atau butuh bantuan untuk mencuci karpet, sprei yang berat, atau jaket. Itulah basis pelanggan yang jadi target bisnis kamu. 

Sebelum memulai bisnisnya, cek dulu peralatan usaha laundry kiloan yang harus dipersiapkan di sini! 

8. Buka Warung Nasi

Salah satu jenis usaha yang tak pernah sepi adalah warung nasi. Hampir laris setiap hari!

Apalagi bila rasanya enak, porsi pas, dan harga terjangkau. Warung nasi kamu bisa jadi favorit, loh! 

Begitu juga bila buka usaha warung nasi di sekitar komplek perumahan. Warga akan mencari opsi menu nasi yang nikmat, misalnya warung nasi rames, nasi goreng, nasi Padang, nasi Warteg, nasi pecel, hingga nasi ala angkringan. 

Tantangannya adalah mungkin sudah banyak atau sudah ada warung nasi sejenis, jadi warung nasi kamu harus lebih enak dan punya ciri khas untuk memikat pelanggan. 

9. Bisnis Katering

Bisnis katering bisa dimulai di rumah. Pilih jenis katering apa, misalnya katering untuk acara syukuran, hajatan, acara ulang tahun, atau katering khusus kantoran. Tawarkan beragam menu nasi dan lauknya, atau menu makanan lain sesuai pesanan. 

Nah, saat ini juga sedang tren usaha katering untuk diet sehat. Di mana kamu harus kerja sama dengan ahli gizi untuk menciptakan menu sehat yang enak. 

10. Usaha Makanan untuk Sarapan

Ide bisnis di komplek perumahan selanjutnya adalah buka usaha makanan untuk sarapan. Ya, sebagian besar warga lokal punya tradisi untuk makan besar di waktu sarapan. 

Menu untuk sarapan pun beragam, mulai dari nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam, bubur kacang ijo, lontong sayur, hingga jajanan pasar banyak peminatnya. 

Kamu bisa buka lapak sederhana di sekitaran komplek kamu tentu dengan izin, atau jualan di pujasera bila ada.

11. Agen Air Minum 

Sama esensialnya dengan kebutuhan sembako, agen air minum juga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan karena selalu dibutuhkan. 

Mengingat warga komplek cenderung tidak tertarik dengan air minum isi ulang karena juga kurang sehat, sebaiknya kamu buka agen air minum distributor resmi dari sebuah atau beberapa merek terpercaya. 

Mulai dari jual air galon hingga air kemasan botol dan gelas, atau dus-dusan. Berikan penawaran antar gratis untuk warga sekitar.

12. Agen Gas Elpiji

Menjadi agen gas elpiji resmi dari Pertamina memang butuh modal cukup mahal, mulai dari Rp100 jutaan. Namun, potensi keuntungannya bisa selalu besar karena gas elpiji dibutuhkan mulai dari skala rumah tangga hingga untuk pebisnis kuliner. 

Kamu juga bisa buka grosir agen gas elpiji, namun kerja sama dengan vendor resmi agar produk gas resmi dan bukan oplosan. 

13. Bisnis Kue Kering

Kue kering yang enak dan renyah juga banyak disukai, yang berarti ada peluang bisnis di sana. 

Meskipun permintaan akan kue kering sangat tinggi hanya di hari raya, bukan berarti bisnis ini tidak bisa bertahan di luar musim hari raya. 

Selain untuk makanan selingan sendiri, biasanya kue kering dijadikan sebagai hampers hadiah. Cek apa saja ide bisnis kue kering yang paling laris di pasaran!

14. Jual Minuman

Selain makanan, jual minuman juga bisa laris loh! Apalagi cuaca kota yang cenderung selalu panas, minuman segar dan dingin selalu dicari. 

Ada banyak menu minuman lokal yang nikmat, seperti es kelapa, es cendol dawet, es teler, dll. 

Juga sedang viral ide bisnis minuman kekinian seperti boba, kopi susu hits, cheese tea, yakult tea, minuman coklat, es jamu, dan banyak lagi. 

Silakan eksplor menu minuman dan studi kelayakan bisnis lebih dulu. Sesuaikan dengan target pelanggan dan modal kamu, ya! 

15. Jual Camilan 

Masih dalam sektor kuliner, bisnis camilan juga menjanjikan loh. Ada banyak orang yang cemal-cemil, apalagi sesuatu yang renyah, gurih, dan pedas.

Ada banyak pilihan jenis camilan. Cek ide bisnis makanan ringan yang cepat laku yang bisa dijadikan rekomendasi usaha!  

Modal bisnis snack juga relatif kecil. Kamu bisa jualan secara konvensional atau secara online

16. Buka Les Privat

Ide usaha sampingan guru untuk menghasilkan tambahan yaitu buka les privat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. 

Bisa berupa les privat yang sesuai dengan subjek yang dikuasai, misalnya ilmu eksak matematika, bahasa Inggris, dan pelajaran lainnya. 

Kamu juga bisa buka kursus untuk keterampilan lain, misalnya menari, merajut, memasak, pelatih olahraga, tutor online, ilmu musik, komputer, keterampilan interpersonal, dan lainnya. 

17. Jasa Belajar Mengaji 

Dalam rangka membantu anak-anak atau siapa saja di sekitar komplek perumahan untuk belajar mengaji atau ilmu agama.

Pihak penyelenggara biasanya memang tidak mematok uang iuran dan biaya lainnya. Meski begitu, kegiatan membantu seseorang dalam belajar mengaji adalah sesuai yang mulia dan akan membuahkan hasil dalam bentuk istimewa lainnya. 

18. Bisnis Tanaman Hias

Kawasan  komplek perumahan biasanya lumayan terurus dengan penanaman tanaman di sepanjang jalan dan di halaman rumah warga. Ini artinya ada peluang bisnis tanaman hias di wilayah sekitar. 

Apalagi tren merawat tanaman hias yang mahal dan unik mulai berkembang sekarang. Ide bisnis tanaman hias

  • Kaktus mini
  • Sukulen 
  • Monstera
  • Bunga anggrek
  • Lidah mertua
  • Oxalis 
  • Caladium
  • Juga beragam jenis bunga yang cantik dan harum. 

Masih ragu untuk memulainya? Kamu bisa cari tahu dulu detail tips bisnis tanaman hias.

19. Jual Mainan Anak

Asumsinya di lingkungan komplek perumahan banyak anak-anak, jadi jualan mainan anak bisa cukup potensial. Ada banyak ide bisnis mainan anak perempuan dan laki-laki. 

Tantangan bisnis mainan anak-anak adalah mungkin orang tua tidak menyukainya. Maka dari itu, sediakan juga opsi mainan edukatif dan bermanfaat yang orang tua setujui dan anak-anak juga suka memainkannya. 

20. Tempat Cuci Motor 

Boleh dipetimbangakan untuk buka usaha tempat cuci motor sebagai bisnis kecil-kecilan di rumah. Modal usaha cuci motor mulai dari Rp8 jutaan, itu tergantung pada lokasi, fasilitas, dan pelayanan yang akan diberikan ke pelanggan. 

21. Bisnis Pom Bensin Mini

Bila di sepanjang jalanan komplek perumahan belum ada pom bensin atau jauh dari pom bensin, maka bisnis pom bensin mini bisa bermanfaat dan menghasilkan. 

Kamu bisa jadi agen distributor SPBU Mini Pertashop resmi dari Pertamina. Namun, modalnya cukup besar mulai dari Rp80 jutaan untuk kemitraan resmi Pertamina. 

22. Agen PPOB 

PPOB (Payment Point Online Banking) adalah fasilitas pembayaran secara online dengan sistem perbankan. 

Misalnya, untuk beli pulsa, data internet, top up uang digital, pembayaran marketplace, token PLN, beli tiket, bayar tagihan, beli voucher game, dan sebagainya. 

Saat ini banyak transaksi yang dilakukan secara online, namun tidak semua orang punya akses pembayaran digital. Agen PPOB bisa sangat membantu. 

Namun, kamu riset pasar dulu apakah warga komplek sekitar sekiranya butuh jasa PPOB atau tidak. Atau, kamu bisa menyasar target konsumen para driver ojek online yang sepertinya akan selalu butuh jasa PPOB. 

23. Bisnis Minimarket 

Ide bisnis di komplek perumahan adalah bisnis minimarket. Mungkin kamu bisa upgrade toko kelontong tradisional dalam bentuk minimarket sederhana di dalam komplek. Bila di sekitar komplek perumahan itu belum ada minimarket

Ini akan membuat warga sekitar lebih mudah dan lebih nyaman berbelanja. Bila punya modal cukup, bisa ikut franchise dengan minimarket yang sudah ternama.

25. Bisnis Dropship

Skema bisnis dropship lumayan praktis dan tanpa modal. Kamu membantu vendor atau toko resmi menjualkan barang dagangan mereka. 

Kamu akan dapat bonus atau komisi bila ada pelanggan yang beli produk mereka melalui kamu. Ada cukup banyak ide bisnis dropship yang bisa dicoba! 

25. Bisnis Reseller 

Jenis bisnis online yang cukup potensial adalah menjadi reseller. Nah, apa perbedaan reseller dan dropshipper?

Reseller adalah pihak yang menjualkan barang kembali dari vendor. Artinya, dia perlu beli dulu dan menyimpan stok. 

Sementara menjadi dropshipper artinya tidak perlu menyimpan stok, hanya membantu memasarkan produk tersebut.

26. Bisnis Kos-kosan 

Bila di sekitar komplek perumahan ada perkantoran atau kampus, maka bisnis kos-kosan bisa menguntungkan. 

Bila kamu kebetulah punya ruangan kosong yang bisa disewakan. Untuk menampung para pendatang, pekerja, atau mahasiswa di sekitar yang butuh tempat tinggal sementara.

27. Bisnis Warkop

Pilih lokasi strategis di sekitar komplek, biasanya di depan komplek perumahan agar mudah terdeteksi. 

Suasana warkop yang nyaman dan santai selalu jadi tempat nongkrong masyarakat sekitar. Baik untuk berkumpul atau sekadar ngopi sebentar. 

28. Bisnis Online 

Ide usaha selanjutnya adalah ikut bisnis online. Kamu bisa jual apa saja dengan sistem online. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, skin care, pakaian, perabot, alat elektronik, hingga makanan. 

Bisa dikatakan bisnis online memudahkan para pebisnis untuk berkembang dan memperluas jangkauan bisnis. Ini juga menjadi solusi bagi seseorang yang baru mau mulai bisnis dengan modal yang terjangkau karena tidak perlu sewa toko dengan biaya operasional yang besar. 

Selain bergabung dengan aplikasi marketplace dan media sosial, optimalkan juga dengan website toko online yang menyajikan informasi lengkap dan tersedia untuk transaksi online juga. 

Buat toko online melalui Praktisidigital saja! Caranya mudah dan gratis, loh. Kamu bisa dapat semua fasilitas bisnis online dan perangkat digital yang komprehensif.