11 Keuntungan Iklan Online untuk Kesuksesan Bisnis


Keuntungan iklan online adalah dapat memperkenalkan atau mempromosikan produk sesuai dengan target audiens yang ditentukan dengan biaya yang lebih efisien. Yuk, lihat lebih jelas manfaat iklan online dalam meningkatkan bisnis berikut ini!

Manfaat dan Keuntungan Iklan Online 

Iklan online adalah konten iklan yang dipublikasikan melalui jaringan internet termasuk mesin pencari, media sosial, dan aplikasi smartphone

Ini adalah bagian dari strategi mobile marketing yang dianggap lebih efektif dalam menjaring calon konsumen potensial karena bisa diatur sesuai target audiens.

Lebih jelasnya, berikut ini daftar manfaat iklan online

1. Menargetkan Iklan dengan Tepat 

Kamu bisa mengatur target iklan untuk menjangkau orang-orang yang memang akan berminat dengan produk kamu. 

Kampanye pemasaran secara online bisa ditargetkan berdasarkan:

  • Kata Kunci (Keywords): Kata atau frasa yang mengambbarkan produk kamu. Misalnya, kamu jual sepatu wanita, maka setiap kali audiens ketik ‘sepatu wanita’ di mesin pencari atau media sosial, konten iklan kamu bisa muncul di layar mereka. 
  • Lokasi Iklan: Kamu bisa atur di mana iklan kamu akan muncul, misalnya situs web di sisi mana atau media sosial (feeds atau story).
  • Usia, Bahasa, dan Lokasi: Bisa atur untuk targetkan iklan pada pelanggan dengan usia berapa, bahasa apa, dan lokasi mereka di mana. 
  • Hari, Waktu, dan Frekuensi: Kamu bisa jadwalkan iklan kamu akan muncul di waktu prime time dan berapa kali. 
  • Perangkat: Kamu bisa desain model iklan sesuai jenis perangkat audiens. 
BACA JUGA :  9 Manfaat Kewirausahaan dalam Bisnis, Cek Penjelasannya!

2. Mengontrol Biaya Pemasaran

Kamu juga bisa mengatur berapa biaya yang ingin kamu habiskan untuk beriklan. 

  • Pay-per-click (PPC): Bayar per klik, jadi kamu hanya akan bayar iklan ketika ada yang klik. 
  • Cost per click (CPC): Biaya iklan ditagih sesuai dengan berapa kali pengunjung mengklik iklan tersebut. 

Untungnya juga, kamu pasang iklan ke calon konsumen potensial jadi tidak akan buang-buang biaya pemasaran ke audiens yang tidak akan tertarik.  

Kamu bisa pasang iklan mulai dari Rp15 ribu per hari di media sosial dan mesin pencari. Bandingkan dengan biaya iklan di media cetak atau TV yang bisa jutaan rupiah. 

3. Identifikasi Merek dan Produk

Manfaat iklan online untuk mengomunikasikan brand identity, termasuk elemen logo, keunggulan, dan keunikan produk. 

Melalui iklan juga akan menjalin hubungan emosional antara merek dan konsumen, sehingga mereka familiar dengan produk dan mengingatnya. 

4. Memberi Informasi Produk dan Promosi ke Konsumen

Tujuan iklan untuk memberi informasi produk, apalagi untuk produk baru agar mulai diidentifikasi oleh audiens. 

Produk-produk lama juga harus tetap diiklankan agar konsumen tidak melupakannya. Pasalnya, ada banyak sekali brand di industri tersebut yang membuat konsumen bisa beralih dengan mudah. 

Selain itu, manfaat iklan online untuk memberi tahu bila ada promosi, kupon, potongan harga, penawaran terbaru, atau kampanye pemasaran produk lainnya. 

5. Mudah Mengukur Kesuksesan Kampanye 

Kamu bisa membuat target pencapaian dan mengukurnya dengan mudah. Ada tools metriknya sendiri, misalnya Google Analytics dan Ads Manager sendiri dari media sosial tempat kamu beriklan.

Kamu bisa tahu seberapa besar engagement dan hasilnya, berapa banyak yang melihat, membeli, melakukan tindakan, siapa saja yang terjaring oleh iklan, dan sebagainya. 

BACA JUGA :  Sukses Menyeimbangkan Bisnis Online dan Offline a la Dstore

Hasil itu bisa dijadikan acuan untuk mengatur iklan online selanjutnya. 

6. Mengelola Kampanye Iklan dengan Efektif

Kamu bisa mengatur iklan tersebut harus menjangkau audiens yang memang butuh produk-produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa mendapat data mereka sebagai calon konsumen potensial. 

7. Membangun Basis Pelanggan

Keuntungan iklan online adalah untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan calon pelanggan, pelanggan yang sudah ada, pebisnis grosir, dan pemangku kepentingan lainnya. 

Ini dapat menjaga konsistensi dan loyalitas pelanggan terhadap produk/layanan dan merek, serta mempertahankan basis pelanggan saat ini. 

8. Menampilkan Harga Kompetitif

Melalui iklan online kamu bisa menampilkan harga produk yang kompetitif, serta bila ada diskon. Pelanggan bisa dengan mudah membandingkan penawaran harga terbaik atau mencari produk sesuai dengan kemampuan pembelian mereka. 

9. Meninjau Tren Baru

Brand bisa tetap terhubung dengan konsumen dan bersaing di pasar dengan meluncurkan iklan yang sesuai dengan tren saat ini. 

Pengiklan juga menggunakan tren baru sebagai acuan untuk melakukan inovasi, perbaikan, atau peluncuran produk/layanan/ide baru agar pelanggan tetap bersamanya. 

10. Mendorong Konsumen untuk Membeli

Presentasi iklan yang kuat dengan pendekatan emotional marketing akan mendorong audiens untuk membeli dan mencoba barang/jasa/ide yang ditawarkan sebuah brand. Ini akan meningkatkan penjualan dan popularitas merek. 

11. Keuntungan Iklan Online Lainnya 

Memantau strategi pemasaran kompetitor. 

  • Membangun brand image perusahaan. 
  • Mengingatkan brand awareness.
  • Menghasilkan permintaan produk.
  • Membangun preferensi merek. 
  • Mendorong audiens untuk beralih ke merek kamu. 
  • Mengingatkan audiens akan produk dan merek kamu. 

Itulah beberapa manfaat iklan online bagi pertumbuhan bisnis. Iklan online akan lebih efektif bila kamu juga punya bisnis online baik melalui marketplace, media sosial, dan website resmi. 

BACA JUGA :  Apa Itu IUMK? Keuntungan, Syarat, dan Cara Daftar

Bila belum punya website resmi, kamu bisa buat toko online melalui Praktisidigital. Kamu bisa mengintegrasikan website dengan media sosial, pasang iklan di seluruh platform, dan integrasi Instagram Shopping juga. 

Selain itu, Praktisidigital menawarkan fasilitas bisnis online yang lengkap. Mulai dari integrasi kurir, pilihan pembayaran COD, payment gateway, dan desain website yang dipersonalisasi. Coba sekarang!