7 Tujuan Marketing Campaign untuk Bisnis Makin Sukses


Pernah mendengar istilah marketing campaign? Jika kamu mengingat suatu cara pemasaran yang sangat ikonik dari suatu brand, bisa jadi ini merupakan bagian dari kampanye pemasaran brand tersebut. Kampanye ini penting untuk mempromosikan sebuah bisnis. Yuk, ketahui pengertian dan tujuannya untuk bisnis!

Apa Itu Marketing Campaign?

Kampanye pemasaran atau marketing campaign adalah suatu strategi untuk mempromosikan suatu bisnis, brand, atau produk. Strategi ini merupakan langkah-langkah yang disusun untuk tujuan tertentu dengan tetap berpegang pada strategi pemasaran utama.

Ada beberapa cara yang pelaksanaan kampanye ini. Mulai dari melalui televisi, iklan cetak, email marketing, hingga yang paling umum saat ini adalah media sosial.

Tujuan Marketing Campaign untuk Bisnis

Jenis campaign yang berbeda biasanya memiliki objektif atau tujuan yang berbeda. Berikut ini beberapa tujuan yang ingin dicapai dari sebuah kampanye pemasaran:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan pertama yang juga merupakan hal yang penting untuk sebuah bisnis adalah meningkatkan brand awareness. Fokus utama dari kampanye ini adalah untuk memperkenalkan brand kamu seluas mungkin di masyarakat.

Semakin banyak yang mengenal brand tersebut tentu semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan penjualan. Meskipun begitu, campaign yang baik seharusnya tidak hanya membuat audiens sadar akan keberadaan brand tersebut, tapi juga harus membuat mereka berpikir bahwa kehadiran brand atau produk tersebut menjadi solusi untuk kehidupannya.

2. Menjangkau Leads Sebanyak Mungkin

Tujuan marketing campaign yang kedua adalah untuk menjangkau leads sebanyak mungkin. Apa itu leads? Leads adalah orang-orang yang memiliki potensi besar untuk dapat dijadikan pelanggan. Jadi, orang-orang ini berada di antara pada audiens kampanye yang kamu adakan.

Contohnya kamu melakukan kampanye pemasaran melalui e-mail. Pada e-mail tersebut audiens diarahkan untuk mengisi sebuah form apabila tertarik dengan tawaran dari brand kamu. Orang-orang yang mengisi form tersebut dapat disebut dengan leads karena mereka dengan sukarela memberikan data diri sebagai bentuk ketertarikan terhadap produkmu.

3. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kampanye marketing tentunya dapat membantu meningkatkan penjualan. Sebelumnya leads sudah dikumpulkan. Maka dari itu, akan lebih mudah mencari sasaran kampanye pemasaran yang memang tujuan utamanya adalah meningkatkan penjualan.

Kampanye ini langsung menyasar pada individu yang memang sudah menjadi calon pembeli potensial dari produk kita. Tentunya ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang ampuh karena target campaign yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan suatu campaign.

4. Membangun Loyalty

Selanjutnya ada juga kampanye marketing yang dilakukan dengan tujuan untuk membangun loyalty pelanggan. Tentunya campaign ini ditujukan untuk pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya.

Hal ini tentunya sangat penting untuk sebuah bisnis. Adanya loyalty pelanggan juga bisa jadi salah satu bukti kalau produkmu memang berkualitas baik.

Baca Juga: 12 Jenis Marketing Campaign Efektif untuk Promosi Bisnis

5. Memperkenalkan Produk Baru

Memperkenalkan sesuatu yang baru terkadang tidak selalu mudah. Bahkan jika produk lain dari brand-mu sudah banyak peminatnya, belum tentu produk baru bisa langsung dipercaya.

Maka dari itu, biasanya dibutuhkan campaign khusus untuk memperkenalkan produk baru. Tentunya campaign yang jitu bisa membuat banyak orang langsung mengingat produk tersebut sekaligus sadar bahwa mereka memang membutuhkannya.

6. Memperluas Jangkauan Bisnis

Tujuan selanjutnya adalah untuk memperluas jangkauan bisnis. Misalnya ketika ingin menjangkau pasar baru yang belum dijangkau sebelumnya oleh brand. Pasar baru ini bisa berbentuk segmentasi pasar yang lain atau bisa juga daerah yang tertentu yang belum dijangkau sebelumnya.

Dibutuhkan sebuah campaign yang relevan dengan pasar tersebut. Sebelum membuat campaign, pelajari dulu tentang pola konsumsi dan minat dari pasar baru tersebut.

7. Menjaga Brand Image

Selain untuk meningkatkan awareness, tujuan marketing campaign lainnya adalah untuk menjaga brand image. Tentunya di awal memperkenalkan produk sebisa mungkin kita membuat citra baik tentang brand.

Banyak faktor eksternal maupun internal yang bisa memengaruhi brand image. Maka dari itu, mempertahankan image baik dari brand ini penting untuk dilakukan. Bukan hanya bisa membantu menjaga brand image yang sudah terbentuk, bahkan campaign yang tepat juga bisa membantu memperkuat atau meningkatkan brand image.

Itu dia pengertian marketing campaign dan beberapa tujuannya. Jadi bisa disimpulkan bahwa kampanye marketing ini merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis agar dapat terus berkembang. Tentunya setiap kampanye yang dilakukan tetap mengacu pada strategi marketing utama dari brand.

Ingin brand semakin dikenal dan produk kamu semakin laku? Mulai jualan lewat website toko online sekarang juga. Tak hanya mempermudah transaksi dan memperluas jangkauan, website untuk bisnis bisa meningkatkan kredibilitas dari brand. Tak perlu takut ribet dan biaya mahal, buat website bisnis kamu sekarang juga di Praktisidigital. Gratis!