11 Cara Bisnis Katering Rumahan untuk Pemula Modal Kecil


Cara bisnis katering rumahan ini bisa kamu terapkan bagi kamu yang ingin memulai bisnis dari rumah. Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Tak heran jika bisnis di bidang kuliner tidak pernah sepi, termasuk untuk katering. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai dan menjalani bisnis katering dari rumah.

Cara Bisnis Katering Rumahan

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu tertarik dengan bisnis satu ini:

1. Pilih Jenis Katering

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih jenis katering yang akan dibuat. Umumnya katering rumahan melayani katering untuk acara syukuran atau sejenisnya dengan makanan berupa nasi box

Selain itu, kamu juga bisa melayani katering kantoran maupun katering sehat. Ini bisa menjanjikan penghasilan yang lebih stabil dibandingkan katering rumahan yang hanya melayani acara tertentu.

Khusus untuk katering sehat, kamu mungkin memerlukan konsultasi dengan ahli gizi dalam menentukan menu. Terutama apabila katering ini ditujukan untuk diet menurunkan berat badan atau orang dengan kondisi medis tertentu seperti katering ibu hamil, katering penderita diabetes, dan lainnya.

2. Melakukan Riset Pasar

Cara bisnis katering rumahan yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Kamu sudah menentukan ingin fokus pada katering rumahan jenis apa sehingga ini bisa lebih memudahkan dalam melakukan riset.

Kamu bisa langsung mengecek pada kompetitor yang berjualan produk serupa. Perhatikan menu seperti apa yang sedang banyak diminati dan berapa harga jual rata-rata makanan katering saat ini.

3. Menentukan Brand

Selanjutnya kamu bisa menentukan brand dari bisnis yang akan kamu jalani ini. Meskipun hanya berupa bisnis rumahan, tapi brand ini sangat penting untuk sebuah bisnis. Ini akan menjadi identitas dari bisnis yang membuatnya lebih mudah dikenali.

Pilihlah nama brand yang unik tapi tetap mudah diingat dan diucapkan. Pastikan juga kamu memilih nama brand yang belum ada yang menggunakan.

4. Mencari Supplier

Tips bisnis katering rumahan selanjutnya adalah mencari supplier terpercaya yang bisa memberikan harga terjangkau. Beberapa bahan makanan tidak baik untuk disimpan lama. Maka dari itu, kamu butuh pemasok yang bisa terus memberikan supply bahan makanan yang fresh.

Memiliki lebih dari supplier juga bisa jadi pilihan agar kamu tidak bingung bila supplier utama sedang tidak tersedia. Apabila sudah menjadi supplier tetap, kamu tidak hanya bisa dapat harga lebih murah tapi juga sistem pembayaran yang lebih mudah. Misalnya pembayaran dilakukan per minggu atau per beberapa hari.

5. Menyiapkan Modal

Modal bisnis katering rumahan pada dasarnya tidak begitu besar karena usaha ini cukup dilakukan dari rumah. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat sehingga lebih hemat.

Modal bisa difokuskan untuk membeli peralatan dapur dan bahan baku secukupnya. Nantinya setiap keuntungan bisa kamu gunakan untuk mengambangkan bisnis ini. Misalnya untuk memperbanyak alat dapur, mempekerjakan karyawan, hingga merenovasi dapur di rumah sehingga lebih mudah untuk memasak dalam jumlah banyak.

Modal tidak harus keluar dari kantong sendiri. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pinjaman modal usaha atau mencari investor.

6. Menentukan Menu

Menentukan menu menjadi cara bisnis katering rumahan selanjutnya. Miliki beberapa menu pilihan agar pelanggan semakin tertarik. Menu ini tentunya juga harus diperbarui seiring waktu agar tidak bosan dan mengikuti tren pasar.

Selain itu, kamu juga bisa membuat menu spesial yang penjualannya terbatas seperti menu spesial mingguan atau menu spesial bulanan. Ini bisa membuat pelanggan penasaran.

7. Persiapkan Alat-Alat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, modal awal bisnis katering akan fokus pada peralatan dapur. Apabila di awal bisa memanfaatkan peralatan yang ada di rumah maka lebih bagus, tidak semua alat harus baru.

Sebelum membeli alat, pastikan juga kualitasnya. Jangan asal memilih alat murah tapi cepat rusak yang pada akhirnya membuat semakin boros. Sebaiknya gunakan alat yang berkualitas baik karena alat tersebut akan digunakan setiap hari.

8. Promosi dengan Efektif

Tanpa adanya promosi yang benar, bisnis kamu tidak akan ditemukan oleh pelanggan. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan promosi dengan efektif dan efisien.

Saat ini tentunya promosi dapat dilakukan lebih mudah dengan adanya media sosial. Buatlah konten-konten yang menarik untuk meningkatkan awareness bisnis kamu ini.

Fokus pemasaran bisnis katering adalah yang jaraknya dekat dan terjangkau. Jadi baik promosi melalui online maupun offline, pastikan targetnya merupakan individu yang tinggal dalam radius jarak tertentu dari tempat tinggalmu.

9. Berikan Tester

Pengusaha makanan tidak boleh ragu dalam memberikan testes. Ini merupakan salah satu cara bisnis katering rumahan kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Setiap memiliki menu baru, jangan ragu untuk memberikan tester gratis kepada pelanggan, terutama pelanggan tetap. Khusus orang yang belum pernah mencoba masakanmu, kamu juga bisa menawarkan pelanggan tersebut untuk mencobanya dulu sebelum setuju untuk membeli.

10. Jaga Citra Rasa dan Kualitas Makanan

Cita rasa yang konsisten dan makanan berkualitas adalah hal yang sangat penting dalam bidang ini. Kamu harus melakukan quality control yang ketat agar makanan selalu punya rasa yang konsisten.

Hal ini penting dilakukan karena selera setiap orang sungguh berbeda-beda. Terkadang perubahan sedikit saja bisa membuat orang kurang suka, padahal makanan tersebut masih terasa enak di lidah orang lain. Menjaga konsistensi cita rasa dan kualitas akan membantu kamu dalam mempertahankan pelanggan loyal.

11. Berikan Pelayanan Terbaik

Bukan hanya makanan enak saja, pelayanan baik juga tentunya menjadi pertimbangan orang dalam memilih katering. Pelayanan yang baik ini dapat meliputi penjual yang ramah, pengiriman yang selalu tepat waktu, hingga terbukanya penjual terhadap setiap kritik yang diberikan.

Jangan ragu untuk selalu minta feedback dan review dari pelanggan tentang makanan dan juga pelayanan dari bisnis kamu. Ini akan sangat membantu kamu untuk membuat bisnis katering rumahan ini agar semakin berkembang.

Itu dia berbagai tips cara bisnis katering rumahan yang bisa dilakukan agar sukses. Bisnis yang satu ini bisa kamu lakukan bahkan dengan modal yang minim. Jadi, jangan ragu untuk memulainya. Bagi kamu yang punya hobi masak, mungkin ini saatnya untuk kamu agar dapat menjadikan hobi kamu sumber penghasilan.

Usaha satu ini juga sangat cocok untuk kamu yang merupakan ibu rumah tangga. Kamu pun jadi bisa berbisnis sambil mengurus rumah dan bisa tetap terus dekat dengan keluarga. Selamat mencoba, ya!

Kembangkan bisnismu dengan berjualan melalui website toko online. Buat website kamu sekarang juga lewat Praktisidigital. Selain memudahkan transaksi dengan berbagai metode pembayaran dan pengiriman serta berbagai fitur lainnya, brand kamu juga semakin tepercaya dengan adanya website ini.

Tak perlu khawatir berlebihan soal biaya. Buat website bisnis di Praktisidigital bisa gratis!