11 Ide Bisnis Tanaman Hias Rumahan yang Menguntungkan


Lagi cari ide bisnis tanaman hias? Jika kamu memang senang berkebun, sebenarnya ada banyak tanaman yang mudah untuk dibudi daya dan memberikan keuntungan yang besar. Hal lain yang tidak boleh dilupakan yaitu kamu juga harus jenis, karakter tanaman, hingga cara merawatnya.

Ide Bisnis Tanaman Hias Rumahan untuk Pemula

Hobi memelihara tanaman hias kini sudah seperti tren di masyarakat. Hal ini tentu membuka peluang bisnis yang bisa dikembangkan. Tertarik? Berikut ini rekomendasi bisnis tanaman hias yang banyak dicari:

1. Kaktus Mini dan Sukulen

Kaktus mini dan sukulen adalah tumbuhan kecil dalam pot. Jenis tanaman ini sangat cocok sebagai tanaman hias indoor. Perawatannya yang mudah dan tidak membutuhkan banyak air juga membuatnya diminati oleh banyak orang.

Kini banyak kaktus dan sukulen ditata menggunakan pot yang yang estetik, sehingga penampilannya makin cantik. Kalau ingin terjun di bisnis ini, kamu bisa mencoba menghias kaktus dan sukulen semenarik mungkin agar pelanggan semakin ingin mengoleksinya.

2. Monstera

Salah satu ide bisnis tanaman hias yang recomended adalah jual monstera. Tengah banyak dicari, tanaman tropis satu ini sering kali dijadikan sebagai dekorasi rumah dengan gaya minimalis. Ada banyak jenis monstera, salah satu yang paling populer adalah janda bolong atau yang disebut juga dengan Monstera adansonii. Harga tanaman monstera beragam, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah.

BACA JUGA :  Seberapa Penting Traffic Website untuk Bisnis Anda?

3. Aglaonema

Aglonema atau aglaonema adalah tanaman hias dari suku Araceae atau talas-talasan. Kurang lebih terdapat 30 spesies aglaonema yang berbeda dan setiap spesies ini bisa terbagi menjadi beberapa varietas lagi.

Jenis aglaonema yang cukup populer dan harganya terjangkau adalah seperti aglaonema lipstik dan donacarmen. Jenis ini bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp50.000. Jika ingin menjual aglaonema yang harganya ratusan ribu, kamu bisa mencoba budi daya aglonema suksom atau aglaonema red sumatra.

4. Anggrek

Anggrek memang bukan merupakan tanaman baru dalam dunia tanaman hias di Indonesia. Identik dengan harga mahal, tapi sebenarnya harga anggrek ini bergantung pada jenisnya. Ada jenis anggrek yang harganya mencapai puluhan juta, tapi ada juga jenis pohon anggrek yang dapat dijual dengan harga puluhan ribu rupiah.

Beberapa jenis anggrek yang cukup populer di Indonesia adalah seperti anggrek bulan, anggrek selop, anggrek kebutan, anggrek tebu, anggrek larat, anggrek hitam, cattleya, dan masih banyak lagi. 

5. Bunga Mawar

Sama halnya seperti anggrek, mawar juga merupakan bungan yang sudah eksis sejak dulu dalam dunia tanaman hias. Kecantikan bunga mawar hingga kini memang sepertinya tidak ada yang mengalahkan, ya. Bunga satu ini memang hingga kini masih terus diminati. Nah jika kamu budi daya mawar, kamu tidak hanya bisa menjualnya dalam bentuk tanaman di pot, tapi juga bisa menjual bunganya dalam bentuk bouquet.

6. Calathea

Ide bisnis tanaman hias yang bisa dicoba adalah tanaman calathea. Tanaman yang dikenal juga dengan nama kalatea adalah tanaman hias yang mirip dengan aglaonema, tapi lebih kalem dan sederhana. Meskipun tidak seterang aglaonema, tapi tanaman ini tidak kalah cantik.

BACA JUGA :  8 Cara Menentukan Harga Jual Produk (Rumus Mudah)

Kalatea sering disebut dengan prayer plant karena ciri khas daunnya yang suka menggulung. Daun kalatea memang peka terhadap cahaya, biasanya tanaman ini menggulung daunnya untuk mengurangi jumlah paparan cahaya.

7. Sansevieria (Lidah Mertua)

Jual tanaman lidah mertua atau snake plant juga bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan. Faktanya, jenis tanaman yang satu ini cukup umum ada di rumah-rumah, baik itu di pekarangan atau di dalam ruangan (indoor).

Salah satu hal yang membuat tanaman ini diminati yaitu perawatannya yang mudah karena tidak membutuhkan terlalu banyak cahaya matahari dan hanya butuh sedikit air. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang kerdil hingga berukuran besar.

Baca Juga: 9 Tips Bisnis Tanaman Hias, Raup Keuntungan dari Tren!

8. Bougenville

Bougenville atau bunga kertas adalah salah satu tanaman hias yang tahan hampir di segala musim. Menariknya, ketika musim hujan pun tanaman ini masih bisa bertahan. Tak heran jika tanaman ini banyak dicari. Selain ketahanannya, kecantikan bunganya pun tidak perlu dipertanyakan lagi.

Kini tanaman bougenville dengan lebih dari satu warna bunga dalam pot banyak diburu orang. Apakah kamu tertarik juga untuk membudidayakannya?

9. Peperomia

Peperomia adalah tanaman dengan daun kecil tebal yang teksturnya seperti karet. Tanaman hias satu ini dikenal sebagai tanaman abadi. Ada banyak sekali jenis tanaman peperomia hingga mencapai 1.600 spesies. Berhubung ukurannya yang mungil, peperomia ini biasanya ditempatkan di pot berukuran kecil juga. Cocok sekali dijadikan tanaman yang bisa menghias meja kerja.

10. Caladium

Caladium dikenal juga dengan nama tanaman keladi hias berasal dari keluarga Araceae atau talas-talasan. Kata keladi sendiri merujuk pada tanaman lain yang tidak termasuk caladium, tapi bentuknya mirip, salah satunya adalah talas. Sekilas memang daun keladi hias mirip dengan daun talas, namun variasi warnanya berbeda, lebih beragam dan lebih beberapa memiliki warna yang lebihrah.

BACA JUGA :  Cara Menghitung Diskon Berdasarkan Jenis, Dilengkapi Rumus!

11. Oxalis

Ide bisnis tanaman hias terakhir yang bisa kamu coba adalah budi daya oxalis. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik, daunnya menyerupai sayap kupu-kupu. Selain bentuknya yang unik, warna daun oxalis juga bermacam-macam. Salah satu yang paling menarik adalah jenis Oxalis triangularis, yang memiliki daun berwarna ungu. 

Kini sudah dapat ‘kan ide jualan tanaman hias? Jangan lupa untuk pelajari dulu karakter tanamannya agar tumbuh dengan baik dan bisa dijual dengan harga tinggi. Jika mau lebih untung, tips bisnis tanaman hias yang bisa dilakukan adalah jangan hanya menjual tanaman, tapi juga keperluan berkebun lainnya seperti pot, media tanam, dan lainnya.

Mau bisnis tanaman kamu punya lebih banyak pembeli? Kamu bisa langsung buat website toko online di Praktisidigital. Punya website akan membantu kamu dalam mengelola order dan juga membantu customer untuk melihat langsung katalog dan harga tanaman kamu. Yuk, coba buat website gratis di Praktisidigital!