12 Cara Mencari Supplier Baju Terbaik untuk Bisnis Online


Mengetahui cara mencari supplier baju tangan pertama untuk mulai jualan pakaian adalah langkah terpenting. Mempertimbangkan supplier yang tepat tentu menjadi keputusan yang besar karena akan memengaruhi profit dan performa bisnismu. Kamu harus tahu tips dan triknya!

Cara Mencari Supplier Baju untuk Bisnis Online

1. Menentukan Kepentingan Supplier

Pertimbangkan dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan supplier, apakah memang perlu atau kamu bisa memproduksi sendiri. Mungkin kamu memiliki kemampuan untuk memproduksi dan mendesain model pakaian sendiri.

2. Gunakan Mesin Pencarian

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mencari supplier adalah melalui mesin pencariaan di internet. Hanya dengan memasukan kata kunci maka akan banyak muncul berbagai distributor baju untuk dijual kembali. Kamu bisa mencari dengan kata kunci “grosir baju” lalu tambahkan jenis baju yang dicari misalnya “grosir baju muslim”. Kunjungi satu-satu situsnya dan pelajari masing-masing supplier.

3. Cari Rekomendasi

Mungkin kamu memiliki kenalan atau relasi yang telah memulai bisnis baju sebelumnya. Kamu bisa bertanya supplier yang direkomendasikan mereka. Hal ini tentunya akan lebih aman karena mereka sudah berengalaman dengan supplier tersebut. Kamu jadi lebih mudah mengetahui apakah supplier tersebut memiliki kualitas dan kinerja yang baik.

4. Cari Supplier Baju di Bazar

Cara mencari supplier baju selanjutnya adalah dengan mendatangi bazar-bazar pakaian. Biasanya sering diadakan bazar fashion atau pakaian, itulah momen yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari supplier secara langsung. Kamu bisa mengetahui kualitas produk dan bernegosiasi secara langsung dengan supplier.

5. Bertanya di Forum Bisnis

Meskipun kamu baru memulai bisnis, jangan ragu untuk ikut bergabung dalam forum-forum bisnis online. Selain mendapatkan relasi, tentunya kamu juga akan banyak mendapat informasi seputar berbisnis. Manfaatkan forum ini untuk bertanya tentang supplier yang direkomendasikan oleh para relasi.

6. Survei Langsung

Datangilah langsung supplier untuk melihat secara langsung produknya dan bangun koneksi dengannya. Kamu bisa mendatangi pusat perbelanjaan grosir pakaian untuk menemukan berbagai pilihan supplier dalam satu lokasi.

Cara mencai supplier baju ini memang membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, namun kamu bisa melihat langsung kualitas produknya. Selain dapat melihat kondisi produk secara langsung, kamu juga akan lebih mudah untuk bernegosiasi dan membangun hubungan kerjasama.

Baca Juga: 7 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama agar Lebih Untung

7. Pertimbangkan Harga hingga Pengiriman

Ketika sudah memiliki beberapa nama supplier, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti harga, pengalaman, dan pengiriman. Harga tentunya menjadi hal utama, karena akan sangat berpengaruh dengan penjualan kamu.

Cari supplier yang telah berpengalaman cukup lama dibidangnya. Perhatikan juga bagaimana mereka mengirim produk, apakah dikemas dengan baik dan dikirim cepat. Hal tersebut akan berpengaruh dengan performa tokomu, jika produk lama dikirim atau dalam kondisi yang kurang baik tentunya para pelanggan akan kecewa. 

8. Petimbangkan Lokasi

Pertimbangkan juga lokasi supplier yang kamu pilih. Kamu mungkin mendapatkan supplier dengan harga produk yang jauh lebih murah, tetapi lokasi terlalu jauh dari tokomu sehingga jika diperhitungkan dengan ongkos kirimnya menjadi lebih mahal atau sama dengan supplier yang lebih dekat.

Selain itu, kamu juga perlu melihat lagi aspek lainnya, seperti kualitasnya. Apabila kualitasnya memang lebih baik dibandingkan dengan supplier lainnya kamu bisa mempertimbangkannya kembali.

9. Cek Kualitas Baju

Sebelum memutuskan bekerja sama, sebaiknya kamu mengecek dulu kualitas baju. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan memengaruhi kepercayaan pelanggan nantinya. Pastikan baju dipesan sesuai dengan foto katalog dan deskripsi produk. Kamu bisa memastikan kualitas produk dengan mengunjungi supplier langsung.

Apabila mengunjungi langsung tidak memungkinkan, kamu bisa meminta supplier mengirimkan sample. Terkadang supplier tidak bisa memberikan sample, kamu bisa menyiasatinya dengan mencoba membeli produk secara satuan untuk memastikan kualitas sebelum membeli dalam jumlah banyak.

10. Frekuensi Mengeluarkan Model Baru

Langkah mencari supplier baju juga harus memerhatikan apakah mereka sering mengeluarkan model baju terbaru atau tidak. Hal ini cukup penting agar kamu juga memiliki banyak pilihan model pakian untuk dijual. Pelanggan akan cepat bosan jika kamu terlalu lama memasarkan model-model terbaru.

11. Respons Supplier

Cara mencari supplier baju yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu memperhatikan apakah mereka cepat tanggap atau tidak. Maksudnya adalah cepat dalam menjawab pertanyaan stok atau hal lainnya, mudah diajak berkomunikasi, dan tanggapan apabila ada complain.

12. Bisa Dibeli Ecer dan Grosir

Sebaiknya kamu cari supplier yang bisa barangnya bisa dibeli secara ecer dan grosir. Jenis supplier seperti ini sangat cocok untuk kamu yang baru memulai usaha. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar untuk langsung membeli stok dalam jumlah banyak. Sebisa mungkin temukan yang menjual secara eceran dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan grosir.

Apabila sudah menemukan supplier yang cocok, jangan ragu untuk segera mulai bisnis online kamu. Manfaatkan social media untuk promosi dan buat website untuk toko online untuk meningkatkan penjualan dan membuat toko kamu lebih dipercaya.

Sebagai solusi, kamu bisa membuat website toko online di Praktisidigital. Jangan khawatir untuk kamu yang masih baru memulai usaha karena Praktisidigital menyediakan layanan website gratis biaya langganan bulanan. Tunggu apa lagi? Segera cari supplier baju yang tepat dan daftar di Praktisidigital!