10 Cara Jual Sembako Online: Bisnis Untung Berlipat!


Zaman sekarang kamu juga bisa jual sembako online. Memudahkan konsumen membeli berbagai produk kebutuhan sehari-hari plus membuka peluang bisnis kamu lebih luas lagi. Cek beberapa jual sembako online berikut ini! 

Cara Jual Sembako Online

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998 menetapkan produk sembako (sembilan bahan pokok), yaitu: 

  • Beras
  • Gula pasir 
  • Minyak goreng dan mentega 
  • Daging sapi dan daging ayam
  • Telur ayam 
  • Susu
  • Bawang merah dan bawang putih 
  • Gas elpiji atau minyak tanah 
  • Garam beryodium 

Itu adalah daftar produk kebutuhan sehari-hari masyarakat untuk menunjang kehidupan. Biasanya produk tersebut dijual di toko kelontong, warung, atau toko bahan baku konvensional yang ada di sekitar rumah penduduk. 

Seiring perkembangan zaman dan tren digital marketing, pebisnis baik dalam skala kecil atau besar mulai menjual sembako secara online. Tentu saja untuk mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Bila kamu tertarik, berikut ini beberapa tips dan cara jual sembako online yang bisa kamu ikuti: 

1. Tentukan Sembako yang Dijual 

Judulnya memang sembilan bahan pokok, namun kamu mungkin harus mempertimbangkan lagi barang kebutuhan apa yang mampu kamu sediakan di toko kelontong online milikmu. 

Kamu juga bisa menambahkan produk esensial lainnya, seperti peralatan mandi, produk untuk mencuci baju atau piring, produk kebersihan, camilan, bumbu dapur kering, dan lainnya. 

Kamu harus anilisis lagi mana produk kebutuhan rumah tangga yang paling laris dan memungkinkan untuk dijual secara online. Dalam artian produk yang bisa tahan lama dan aman untuk pengiriman yang jauh atau membutuhkan waktu kirim lama. 

2. Cari Vendor Terpercaya 

Bila sebelumnya kamu sudah punya toko kelontong atau warung konvensional, diasumsikan kamu sudah punya vendor langganan terpercaya. 

Vendor atau supplier barang pokok akan memudah kamu menyediakan berbagai produk jualan partai besar dengan harga murah dan logistik yang efisien. 

Menjadi lebih potensial untuk mengembangkan bisnis sembako toko online bila sudah bekerja sama dengan vendor berkualitas. Pasalnya, stok barang dagangan kamu harus selalu siap di toko sembako online

3. Pilih Jasa Packing dan Pengiriman 

Kamu harus kerja sama dengan jasa pengiriman terpercaya untuk mengantarkan pesanan sembako ke konsumen dengan cepat dan selamat. Tidak hanya satu, berikan konsumen pilihan beberapa jasa ekspedisi sesuai dengan paketnya. 

Kamu juga harus sediakan fasilitas packing yang baik agar produk tidak rusak selama proses pengiriman. Terutama bahan baku seperti telur atau beras, sebaiknya packing lengkap dengan bubble wrap atau busa dan diantar langsung dengan ojek online di hari yang sama. 

4. Bergabung dengan E-Commerce

Cara jual sembako online tentunga dengan mendaftarkan toko kamu di e-commerce, lalu promosikan. Ikuti ketentuan berjualan sesuai dengan peraturan dan saran yang berlaku. 

5. Buat Website Toko Online 

Jangan hanya mengandalkan platform e-commerce, optimalkan bisnis kamu dengan membuat website toko online. Ini membuat toko online kamu terlihat lebih profesional dan kredibel dibandingkan hanya memiliki toko e-commerce saja. 

Kamu bisa koneksikan semua media e-commerce dan media sosial di website toko online kamu. Nah, kamu punya space lebih banyak untuk menampilkan informasi brand atau produk, promo terbaru, dan event terkini di website toko online

Jangan bingung karena ada Praktisidigital yang bisa membantu kamu membuat website toko online dengan mudah dan gratis. Yuk, daftar sekarang juga, unggah katalog, dan siap launching toko sembako online!

6. Buat Strategi Pemasaran 

Ada berbagai pilihan strategi pemasaran, termasuk:

  • Meningkatkan trafik website toko online kamu dengan strategi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
  • Memasarkan melalui sosial media. 
  • Meningkatkan branding toko dengan konten unik dan informatif. 
  • Menggunakan jasa influencer untuk memasarkan brand kamu secara online

Coba dan temukan strategi mana yang paling bekerja untuk bisnis kamu!

7. Buat Program Promosi 

Konsumen suka berbelanja online karena di sana menawarkan banyak diskon. Kamu bisa buat program promosi beli 1 gratis 1, cashback, produk bundling, potongan harga, voucher, atau hadiah gratis.

Konsumen akan langganan dan suka belanja sembako di toko kamu karena hemat dan berkualitas bagus!

8. Bergabung dengan Komunitas  

Menyebut kebutuhan sembako maka target konsumennya pasti ibu dan bapak rumah tangga. Kamu bisa datang ke komunitas mereka untuk memperkenalkan brand kamu, itu bisa secara langsung, melalui grup di media sosial, atau KulWap (Kuliah Whatsapp).

Tawarkan mereka untuk menjadi member untuk mendapat banyak diskon atau hadiah tambahan. Mereka juga akan menjalankan strategi pemasaran word of mouth dengan sendirinya bila toko kamu murah dan bagus. 

9. Beri Edukasi kepada Konsumen 

Selain jual sembako online, kamu harus memberi edukasi ke konsumen kamu. Misalnya, buat konten tentang cara mencuci beras yang benar, menu telur murah dan enak, cara pasang gas elpiji, dan hal-hal terkait sembako lainnya. 

Itu bisa meningkatkan branding toko kamu dan menjadi nilai plus dari pada kompetitor. Dijamin konsumen kamu semakin percaya dengan toko online kamu. 

10. Interaksi dengan Konsumen 

Kamu harus merespons review dan testimoni konsumen baik di platform media sosial, e-commerce, atau komen di website toko kamu. Dengarkan saran dan keluhan mereka untuk memperbaiki kualitas dan pelayanan toko. 

Ini juga cara agar kamu bisa terkoneksi dan dekat dengan konsumen kamu. Intinya agar mereka tetap belanja di toko kamu. 

Itulah beberapa tips jual sembako secara online. Keuntungan berjualan online adalah kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen potensial walaupun jaraknya jauh. 

Biasanya pembeli sembako hanya dari penduduk sekitar toko, namun sekarang bisa sangat luas. Itu berarti keuntungan kamu bisa jadi lebih tinggi!

Jangan lupa untuk miliki website toko online gratis melalui Praktisidigital. Daftar gratis sekarang!