15 Tips Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah agar Sukses


Menjalankan bisnis oleh-oleh tentu tidak mudah. Mengingat banyaknya persaingan dari produk-produk modern yang terkesan lebih diminati. Selain tetap semangat, kamu harus mempelajari beberapa tips sukses jualan oleh-oleh dan souvenir daerah berikut ini! 

Tips Bisnis Oleh-Oleh yang Sukses

Peluang bisnis souvenir dan oleh-oleh sebenarnya sangat besar, sebagai salah satu daya tarik dari tempat wisata atau suatu daerah. Namun seperti beragam jenis bisnis lainnya, ada tantangan dan risiko bisnis yang harus dihadapi. 

Isu yang paling besar adalah produk oleh-oleh dan souvenir yang cenderung tradisional serta berbasis kearifan lokal mulai kehilangan peminatnya karena tergerus produk-produk modern. 

Tentu tidak seburuk itu bila memahami strategi pemasaran terbaru dalam menjual oleh-oleh tradisional. Yuk, pelajari beberapa tips bisnis oleh-oleh agar tetap sukses berikut ini! 

1. Menonjolkan Ciri Khas Daerah

Seseorang pergi ke suatu daerah untuk wisata atau urusan lain, mereka pasti akan mencari oleh-oleh khas daerah setempat yang tidak akan ditemui di tempat lain. Baik itu makanan, minuman tradisional, pakaian, furnitur, dan sebagainya. 

Produk-produk tersebut harus memiliki rasa, budaya,nilai, dan sentuhan istimewa dari daerah tersebut. Sesuatu yang mengingatkan pengunjung akan kampung halaman atau pengalaman spesial yang tidak terlupakan.  

BACA JUGA :  5 Tren Peluang bagi Bisnis Kecil di Tahun 2021

Bila kamu berasal dari wilayah tersebut, pasti lebih mudah untuk menentukan jenis bisnis buah tangan apa yang sesuai khas daerah. Kamu juga akan tahu di mana keunikan, spesialisasi, dan daya jualnya.

2. Menawarkan Produk untuk Wisatawan

Toko souvenir dan oleh-oleh paling sering ditemukan di tempat wisata yang penuh dengan pengunjung. Kamu perlu fokus menjual barang dagangan khas yang sesuai dengan minat pengunjung.

3. Utamakan Orisinalitas dan Kualitas

Pengunjung pasti berharap membawa pulang produk oleh-oleh yang orisinil dan berkualitas. Bila itu produk makanan, rasanya bukan cuma harus enak tapi harus benar-benar autentik. Pengunjung bukan hanya mengingat rasa makanannya, tapi juga pengalaman dan suasananya. 

Begitu juga dengan produk oleh-oleh khas seperti kain Batik yang setiap daearh memiliki corak dan makna simbil berbeda. Motif dan variasi yang mencerminkan ciri khas serta budaya tersebut. 

4. Berdayakan Sumber Daya Lokal

Sumber daya lokal termasuk suber daya manusia dan sumber daya alam sekitar akan membuat produk tradisional dan khas terbaik. Mereka memahami apa yang mereka buat, segala nilai-nilai dan detailnya sesuai dengan budaya, sejarah, dan keunikan daerah tersebut. 

Katakanlah ada banyak warung makan atau restoran legenda kuliner nusantara yang tetap eksis karena mempertahankan resep turun-temurun, yang artinya memberdayakan sumber yang sudah ada dan terus mengembangkannya. 

5. Terapkan Strategi Branding

Produk oleh-oleh tradisional juga butuh strategi branding agar tetap bertahan dan bisa bersaing di pasaran hari ini. Strategi branding adalah cara untuk komunikasikan merek/produk yang kamu melalui identitas seperti logo, warna, kemasan produk, ikon, tagline, dan suara/lagu terkait brand

Misalnya, kamu bisnis kue lapis Bogor. Tonjolkan identitas branding unik dan berbeda yang membuat konsumen lebih ingat pada brand kamu dibandingkan kompetitor–walaupun semua lapis Bogor berwarna kuning dan ungu. 

BACA JUGA :  11 Tips Jual HP Bekas agar Cepat Laku dan Untung

6. Buat Inovasi Terbaru 

Pelanggan tidak tertarik melihat barang yang sama di semua toko oleh-oleh. Cobalah untuk menambahkan item yang lebih inovatif dan menarik. Kejutkan mereka dengan produk inovatif terbaru tanpa mengurangi ciri khas tradisional dari produk.

Misalnya, tetap jadikan kue lapis Bogor original sebagai produk unggulan. Jual juga kue lapis Bogor dengan topping kekinian, misalnya keju, red velvet, dan sebagainya.

Bila jual produk seperti t-shirt lokal, buat desain yang keren tanpa mengurangi nilai kearifan lokal, plus tambahkan logo brand kamu juga.

7. Memberikan Layanan tambahan

Tunjukan kepedulian dan layanan terbaik untuk membuat bisnis oleh-oleh kamu lebih baik dari kompetitor. Misalnya:

  • Layanan gratis untuk bungkus kado. 
  • Paket informasi tentang budaya atau pemandu wisata. 
  • Gratis makanan atau minuman ringan. 
  • Hadiah souvenir. 

8. Kerja Sama dengan Tour and Travel 

Kerja sama dengan perusahaan tour dan travel untuk mendukung promosi dan penjualan. Para pengunjung dari travel itu dapat akses dan coba produk-produk oleh-oleh kami secara eksklusif. Bisa juga diberikan paket hadiah yang harganya termasuk dalam paket wisata. 

9. Buat Promosi Menarik

Salah satu strategi penting untuk meningkatkan bisnis adalah dengan menjalankan program promosi untuk mempertahankan konsumen yang sudah berlangganan, serta menarik minat calon konsumen yang potensial. 

Kamu bisa berikan potongan harga, cashback, jual paket bundling, atau hadiah gratis. Berikan juga tester makanan agar mereka coba rasanya, karena itu pasti menu baru bagi pengunjung.

10. Kerja Sama dengan Mitra Profesional

Kerja sama bisnis yang menguntungkan dengan pihak lain yang juga memiliki visi dan misi yang sejalan. Kerja sama tersebut untuk mengembangkan usaha kecil atau memperkuat jaringan bisnis. 

BACA JUGA :  SEO On Page: Optimasi Halaman Website

Dalam kebutuhan promosi, kamu bisa kerja sama dengan influencers atau seseorang yang berpengaruh. Misalnya, tokoh atau pesohor dari wilayah tersebut untuk memperkenalkan makanan khas daerah itu. 

11. Harus Kreatif dalam Segala Aspek Bisnis

Produk oleh-oleh harus dipajang dengan apik dan estetika. Perbarui tampilan dengan desain, warna, dan produk baru. 

Kamu juga bisa merencanakan segala jenis acara promosi di toko kamu setiap minggu, seperti iklan di media sosial, launching produk baru, atau acara kecil yang seru di dalam toko.

12. Berikan Pelayanan Terbaik

Ya, pelayanan yang membuat pengunjung nyaman. Tawarkan kemudahan dan kenyamanan berbelanja. 

Kebanyakan orang tidak hanya beli satu produk di toko oleh-oleh, namun jangan paksa pengunjung berlebihan untuk membeli lebih dari yang mereka mau. 

13. Berikan Harga Bersaing 

Kebanyakan toko oleh-oleh dan souvenir mematok harga selangit untuk produk-produk yang harusnya tidak semahal itu. Pastikan kamu memasang harga yang relevan. Jangan sampai pengunjung hit and run karena masalh harga dan mampir ke toko sebelah 

14. Pasarkan Lewat Media Sosial

Promosikan toko oleh-oleh kamu di media sosial. Perhitungkan unggahan yang menarik secara visual dan juga penuh nilai. 

Ini akan memudahkan calon konsumen untuk mengetahui apa yang kamu jual dan bagaimana kualitasnya. Tentu ini akan menarik hati mereka untuk beli. 

15. Optimalkan Bisnis dengan Toko Online

Biasanya pengunjung akan cari di internet toko oleh-oleh terdekat di tempat mereka akan pergi. Website toko online akan memudahkan mereka untuk menemukan bisnis oleh-oleh kamu.

Kamu harus menyajikan informasi lengkap di website itu, mulai dari foto produk, deskripsi, informasi harga, lokasi, cara beli, dan sebagainya. 

Bila belum punya toko online, kamu bisa membuatnya melalui Praktisidigital sebagai platform marketplace tercanggih. Buat toko online jadi mudah, praktis, dan gratis. 

Kamu juga akan dapat fasilitas bisnis online lengkap, termasuk 100+ template siap pakai, pilihan payment gateway, dan panduan digital marketing lengkap.