30 Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Ide Bisnis (Lengkap)


Buka toko perlengkapan bayi adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, setiap harinya akan ada bayi yang lahir. Jika kamu melihat ini sebagai salah satu peluang usaha, maka ketahui apa saja yang dibutuhkan oleh para orang tua!

List Perlengkapan Bayi Baru Lahir

1. Baju Bayi

Baju atau pakaian bayi merupakan barang yang paling banyak dicari. Bukan hanya diincar orang tua, namun biasanya benda ini juga dipilih sebagai kado kelahiran anak oleh banyak orang.

2. Celana Bayi

Selain baju, celana bayi juga banyak dicari karena bisa digunakan oleh bayi laki-laki dan bayi perempuan. Biasanya celana lebih digunakan karena praktis, bisa menyangga popok, hingga menghangatkan bagian kaki bayi.

3. Popok Bayi

Bukan hanya pakaian, popok adalah salah satu perlengkapan penting yang dibutuhkan. Kamu bisa pertimbangkan untuk jualan popok kain atau beberapa merek diapers. Cukup lakukan riset untuk mengetahui kebutuhan pasar, sehingga kamu bisa meraup lebih banyak untung.

4. Selimut Bayi

Kulit bayi masih sensitif, termasuk terhadap suhu ruangan. Oleh karena itu, penggunaan selimut diperlukan, terutama untuk bayi baru lahir. Ini bisa menghangatkan tubuh bayi saat malam hari.

5. Bedong Bayi

Bukan hanya selimut, bedong juga digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi. Selain itu, orang tua zaman dulu percaya bahwa bayi harus dibedong agar memiliki kaki yang lurus. Oleh karena itu, jika kamu jualan bedong, maka akan sangat menjanjikan.

6. Sarung Tangan

Perlengkapan bayi baru lahir lainnya yaitu sarung tangan. Fungsi sarung tangan bayi adalah untuk melindungi bagian tubuh si kecil dari goresan kuku mereka sendiri. Meskipun demikian, penggunaannya hanya dianjurkan hingga usia 2-3 bulan karena pada usia ini bayi akan melatih kemampuan motoriknya.

7. Kaos Kaki Bayi

Jika ada sarung tangan, maka tidak lengkap rasanya jika tidak ada kaos kaki. Fungsi kaos kaki bayi yaitu untuk melindungi telapak kakinya yang sensitif. Pastikan untuk menyediakan kaos kaki yang lembut dan menyerap keringat. Sama halnya dengan sarung tangan, kaos kaki juga dianjurkan dipakai hanya hingga usia 2-3 bulan.

8. Perlak

Perlak adalah alas tidur bayi yang terbuat dari karet. Bisa dibilang ini merupakan benda yang harus ada di rumah. Bayi tidak bisa mengontrol rasa ingin buang air kecil, sehingga perlak memiliki peran yang sangat penting.

9. Kain Kassa

Perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan oleh ibu adalah kain kassa. Benda yang satu ini digunakan untuk menutup tali pusar bayi hingga kering. Kamu juga bisa menjual benda ini, namun jangan jadikan sebagai produk utama jika ingin mendapatkan lebih banyak keuntungan.

10. Gendongan

Ada banyak jenis gendongan bayi yang bisa dipilih orang tua. Perlu diperhatikan bahwa ada gendongan bayi yang berbahaya, sehingga sebaiknya sebagai orang tua harus riset atau kalau perlu konsultasi dengan dokter. Jika kamu bertindak sebagai penjual, maka harus riset juga produk apa yang terbaik untuk dijual.

11. Celemek

Bayi seringkali gumoh setelah minum ASI. Biasanya ini membuat harus sering ganti baju. Sebagai solusinya, menyediakan beberapa celemek di rumah adalah salah satu hal yang perlu dilakukan.

12.Tempat Tidur Bayi

Kasur bayi adalah salah satu yang biasanya dipertimbangkan untuk dimiliki. Jika memutuskan untuk menggunakan box bayi, sebaiknya jangan pilih yang memiliki ruang terlalu besar di bagian samping untuk menghindari kaki bayi yang tersangkut.

13. Kelambu

Selain tempat tidur, biasanya menggunakan kelambu untuk menghindari anak dari gigitan nyamuk. Ada kelambu untuk tempat tidur dan ada juga kelambu kecil yang praktis bisa dipindahkan saat digunakan.

14. Pompa ASI

Pompa ASI dibutuhkan oleh ibu untuk menstimulasi ASI agar lebih banyak atau untuk memerah ASI untuk kemudian disimpan. Jenis pompa ASI juga ada yang manual dan elektrik dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

15. Botol Susu

Toko perlengkapan bayi juga menyediakan botol susu. Orang tua yang sibuk biasanya menggunakan botol susu untuk memberikan ASI perah kepada si kecil. Jika buka toko perlengkapan bayi, pastikan untuk menyediakan berbagai ukuran botol susu dan dotnya.

16. Pembersih Botol Susu

Membersihkan botol susu bayi tidak bisa disepelekan. Botol susu harus dipastikan benar-benar bersih sebelum digunakan. Oleh karena itu, pembersih botol bayi sangat diperlukan dan harus digunakan setiap hari.

17. Alat Steril

Alat steril untuk botol bayi cukup penting ada di rumah karena mencuci botol bayi mennggunakan sabun saja tidak cukup. Alat steril ini akan menghilangkan berbagai kuman dan bakteri di botol, sehingga kesehatan bayi akan terjaga.

18. Bak Mandi Bayi

Bak mandi adalah salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang harus ada di rumah. Bagian yang harus diperhatikan yaitu ukuran bak mandi hingga bentuknya. Pastikan aman untuk bayi!

19. Sabun dan Sampo

Perlengkapan mandi bayi bukan hanya bak mandi. Ada sabun khusus yang sudah disesuaikan dengan sensitivitas kulit bayi. Kemudian, biasanya sampo juga sudah dibuat agar tidak perih di mata.

20. Handuk Bayi

Handuk juga tidak bisa dipilih sembarangan. Pastikan berbahan lembut, bisa menyerap air dengan baik, dan tidak kasar di kulit. Pastikan juga ukurannya sesuai, alias tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

21. Baby Lotion

Kelembapan kulit bayi pun perlu dijaga mengingat kulitnya yang sensitif. Biasanya lotion digunakan setelah mandi atau ketika kulit bayi tampak kering. Gunakan secara teratur agar kelembapannya terjaga. 

22. Bedak Bayi

Bedak bayi bermanfaat untuk melembapkan kulit bayi hingga bisa menyerap keringat. Seperti yang kita tahu, bedak bayi cukup wangi, sehingga biasanya digunakan setelah mandi.

23. Minyak Telon

Manfaat minyak telon untuk bayi adalah untuk menghangatkan tubuh, mengatasi perut kembung, mencegah gigitan nyamuk, hingga melembapkan kulit. Tak heran benda kecil yang satu ini selalu ada di salah satu perlengkapan bayi.

24. Gunting Kuku dan Cutton Bud

Bagian telinga bayi harus sesekali dicek dan dibersihkan. Selain itu, kuku bayi juga harus dipotong agar tidak menyebabkan luka di beberapa bagian tubuhnya.

25. Tisu Basah Bayi

Tisu basah bisa digunakan sebagai pengganti air di saat-saat tertentu. Oleh karena itu, produk yang satu ini banyak diperlukan, sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan berbagai kotoran, seperti air seni, tinja, susu, dan keringat.

26. Alat Kesehatan Bayi

Menyediakan alat kesehatan dan obat-obatan bayi merupakan hal penting untuk melakukan pertolongan pertama di rumah. Beberapa masalah kesehatan bayi yang umum terjadi yaitu demam dan kolik. Khusus obat, sangat disarankan untuk konsultasi ke dokter. Jika kamu berniat jual obat bayi pun pastikan sudah memiliki izin.

27. Deterjen Khusus Bayi

Cuci baju bayi, perlengkapan tidur, dan perlengkapan harian lainnya tidak bisa sembarangan. Mengingat kulitnya yang sensitif, penggunaan deterjen pun harus diperhatikan.

28. Stroller

Stroller atau kereta dorong juga dianggap penting oleh para calon orangtua, apalagi saat menyambut anak pertama. Benda yang satu ini juga menjadi sebuah kebutuhan untuk membawa si kecil jalan-jalan ke luar rumah.

29. Tas Bayi

Benda yang satu ini akan sangat berguna untuk orang tua, khususnya ibu. Seperti yang kita tahu, ketika bepergian bersama si kecil, tentu akan membawa banyak barang. Para orang tua harus membawa lebih banyak pakaian bayi, popok, peralatan menyusui, bahkan hingga peralatan mandi. Oleh karena itu, biasanya dibutuhkan tas khusus untuk membawa semuanya.

30. Mainan Bayi

Mainan untuk bayi baru lahir bisa dipilih yang bisa membantu untuk melatih motoriknya. Beberapa di antaranya bisa pilih boneka tanpa bulu, mainan yang bisa digantung di atas kasur bayi, kotak musik, atau mainan yang bisa digenggam.

Itu dia list perlengkapan bayi baru lahir terlengkap yang bisa kamu jadikan untuk referensi buka toko. Kamu bisa memulai dengan buka toko online dan buat websitenya di Praktisidigital secara gratis. Coba sekarang!