11 Fungsi Website untuk Perusahaan dan Bisnis Online


Fungsi website adalah untuk sebagai blog, brand awareness perusahaan, hingga jualan online. Website untuk bisnis tentunya cukup penting untuk keberlangsungan usaha, baik itu bisnis kecil atau bisnis skala besar.

Sayangnya, masih banyak pemilik bisnis yang belum menyadari bahwa manfaat website itu sangat banyak. Selain sebagai sarana penjualan, website juga bisa digunakan sebagai sarana marketing, informasi, iklan, dan juga customer support

Manfaat dan Fungsi Website untuk Bisnis

1. Meningkatkan Kredibilitas

Keuntungan pertama yang didapatkan yaitu tentunya meningkatkan kredibilitas perusahaan. Di era digital seperti sekarang ini, penggunaan website di perusahaan sangatlah penting karena sebagian besar orang mencari informasi melalui internet. Tanpa website, calon customer akan pergi ke kompetitor yang sudah terlebih dulu memiliki website. 

2. Media Promosi 24 Jam

Punya website berarti kamu bisa mempromosikan bisnis atau perusahaan selama 24 jam. Kenapa? Ini karena website kamu bisa diakses oleh siapa pun dalam jangka waktu yang tidak terbatas.

3. Hemat Biaya Promosi

Jika dibandingkan dengan biaya promosi offline seperti di surat kabar atau reklame, maka biaya membangun website jauh lebih hemat. Mungkin akan terkesan mahal di awal, namun jika dihitung lagi akan lebih murah.

4. Hemat Waktu 

Selain hemat biaya promosi, kamu juga bisa lebih menghemat waktu. Ketika memiliki website, maka kamu bisa memberikan informasi tentang produk dan jasa dalam satu waktu ke berbagai audiens.

5. Menjangkau Target Pasar yang Luas

Fungsi website juga bisa dimanfaatkan untuk menjaring banyak calon konsumen. Bukan hanya di kota yang sama, bisnis kamu juga bisa dijangkau se-Indonesia atau bahkan secara global.

BACA JUGA :  Panduan Menggunakan Praktisidigital | Praktisidigital

6. Menjadi Katalog Produk

Apa pun bisnis kamu, website bisa menjadi tempat untuk menampilkan katalog produk dengan lengkap dan mudah. Jika kamu membuka usaha di bidang jasa, maka website bisa juga menjadi wadah portofolio. Bisa juga tambahkan beberapa testimoni customer di website kamu.

7. Meningkatkan Penjualan

Kamu bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa dengan membuat website. Terkait hal ini, manfaatkan SEO untuk website agar membantu meningkatkan posisi hasil pencarian website kamu. Jika website ditemukan, maka sales kamu kemungkinan meningkat.

8. Selalu Terhubung dengan Customer

Jika dibandingkan dengan brosur cetak atau katalog, website adalah sarana yang jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan kamu. Website lebih efektif dalam memberikan info kepada para calon customer tentang produk baru, acara mendatang, hingga promosi khusus.

9. Lebih Mudah Mencari Partner Bisnis

Fungsi website tidak hanya untuk mendapatkan calon pelanggan, namun juga bisa digunakan untuk mencari partner kerja sama. Di luar sana terdapat banyak perusahaan yang mencari mitra bisnis. Ketika kamu punya website, maka perusahaan lain atau pebisnis lain akan lebih mudah menemukan bisnis kamu.

10. Menjadi Pusat Edukasi

Selain sebagai media promosi, kamu juga bisa mengedukasi customer melalui website. Sebagai contohnya, kamu bisa membuat halaman pusat bantuan untuk penjelasan produk. Kamu juga bisa membuat halaman blog yang memuat artikel-artikel tips edukatif.

11. Mudah dalam Mendapatkan Feedback

Ingin bisnis sukses? Coba dengarkan keluhan dan masukan dari customer kamu. Melalui website, kamu bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan feedback. Bisa coba bikin polling atau kuesioner. 

Itu dia beragam manfaat website untuk bisnis yang harus kamu pertimbangkan. Tentu tidak mau ‘kan bisnis kamu kalah dari kompetitor? Yuk, segera buat website toko online kamu di Praktisidigital. Gratis!

BACA JUGA :  5 Tips Memasarkan Produk ke Generasi X