7 Cara Membuat Instagram Shopping (Panduan Lengkap)


Masih bingung cara membuat Instagram Shopping Indonesia? Tak jarang para pemilik bisnis online sudah mencoba mengaktifkan fitur ini, namun gagal. Tak perlu bingung, kali ini Praktisidigital akan menjelaskan panduan lengkap agar permohonan kamu diterima.

Apa Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur yang akan membantu customer mengetahui harga barang yang dijual di Instagram secara langsung tanpa perlu berkunjung ke website. Customer bisa langsung mengetahui harga produk melalui Instagram.

Memangnya, apa saja manfaat IG Shopping? Mengapa orang-orang ingin buru-buru memilikinya? Fitur Instagram ini ibarat etalase digital di mana para penjual online bisa menjajakan produknya secara langsung di Instagram serta memudahkan pembeli untuk berbelanja.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan fitur ini:

  • Menjangkau pasar yang lebih luas. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia saja mencapai 59,8 juta. Jumlah ini bisa jauh lebih banyak lagi jika target customer kamu mencakup customer internasional atau global.
  • Memudahkan customer dalam berbelanja. Customer yang melihat postingan produkmu bisa mengetahui informasi lebih lanjut hanya dengan mengetuk tag harga dan melakukan order tanpa perlu keluar dari aplikasi. 
  • Meningkatkan traffic website toko online. Kamu juga bisa mengarahkan konsumen yang melihat postingan produkmu ke website kamu untuk mendapatkan info lebih lanjut sehingga traffic semakin meningkat.
  • Menjaga hubungan baik dengan customer. Kepuasan dan hubungan dengan customer dapat terjaga karena kamu berhasil menyediakan proses berbelanja yang praktis dan informasi yang lengkap. Jika pembeli memiliki pertanyaan terkait sebuah produk, mereka bisa dengan mudah mengirimkan DM atau menuliskan komentar.
  • Sebagai sarana promosi yang unik dan beragam. IG shopping dapat membantu melakukan promosi dengan berbagai cara dan format, mulai dari foto, video, hingga live. Kamu juga bisa mengiklankan produkmu melalui fitur Shopping Ads atau bekerja sama dengan influencer melalui fitur Shopping for Creators. 
BACA JUGA :  Cara Pakai Fitur Instagram Shopping untuk Jualan Online

Cara Membuat Instagram Shopping

Tidak sembarang akun bisnis dapat membuat Instagram Shopping. Oleh karena itu, perhatikan persyaratan berikut agar permintaanmu diterima oleh Instagram:

1. Konfirmasi Kelayakan Bisnis

Pastikan bisnismu memiliki produk yang memenuhi syarat. Barang yang kamu jual harus berupa produk fisik, bukan jasa atau layanan. Tujuannya adalah gambar produk dapat ditandai dengan tag atau label harga setelah mendapatkan persetujuan untuk Instagram Shopping.

Selain itu, bisnis kamu juga harus mematuhi Perjanjian Pelapak dan Kebijakan Perdagangan yang sudah ditentukan oleh pihak Facebook, yang merupakan perusahaan induk dari Instagram.

2. Beralih ke Akun Bisnis

Cara mengajukan Instagam Shopping yaitu kamu harus mengubah akun menjadi akun bisnis terlebih dulu. Pengaturan ini bisa kamu temukan di menu Pengaturan Akun pada aplikasi Instagram.

Setelah beralih ke akun bisnis, kamu bisa menambahkan informasi bisnis yang relevan, seperti jam buka toko, alamat bisnis, nomor telepon, dan tautan ke website kamu. Sebaiknya pilih kategori Shopping & Retail agar menunjukkan bahwa tokomu menjual produk fisik. Hindari mengatur kategori bisnis sebagai shopping service, brand, atau others.

3. Hubungkan ke Halaman Facebook

Tentunya, akun bisnismu juga harus terhubung dengan Halaman Facebook atau Facebook Page. Caranya adalah dengan membuka profil Instagram kamu, pilih “Settings”, lalu pilih “Accounts Center” dan hubungkan Facebook Page kamu.

Jika belum memiliki Halaman Facebook, maka akan terdapat opsi untuk membuatnya terlebih dulu. Perlu diingat, hal yang diperlukan pada langkah ini hanya Halaman Facebook, bukan Toko Halaman Facebook.

4. Unggah Katalog Produk

Setelah langkah-langkah di atas terpenuhi, kamu harus mengunggah katalog produk. Ada tiga cara membuat katalog produk, yaitu dengan satu per satu secara manual, melalui file CSV, dan juga dari Pixel. Sangat disarankan untuk memahami lebih jauh mengenai cara upload product feed untuk Facebook Catalog.

BACA JUGA :  Facebook Pixel: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat

Ketika memasukkan produk ke katalog, pastikan kamu menamai produk sejelas mungkin. Hindari penggunaan huruf kapital pada semua kata (contoh: gunakan Numa shirts dan bukan NUMA SHIRTS). Selain itu, tunjukkan sejelas mungkin apa yang kamu jual (contoh: Numa daily cotton pants).

5. Verifikasi Domain

Verifikasi domain diperlukan untuk membuktikan bahwa domain website yang digunakan memang benar-benar milikmu. Langkah ini dilakukan di Pengaturan Bisnis di Pengelola Bisnis Facebook dan tersedia melalui tiga cara, yaitu DNS Verification, HTML File Upload, dan Meta Tag Verification. Jika kamu menggunakan Praktisidigital, kamu bisa memilih opsi yang terakhir, yaitu Meta Tag Verification.

6. Membuat Facebook Shop di Commerce Manager

Langkah ini tidak boleh terlewat karena Facebook Shop di Commerce Manager berfungsi untuk menghubungkan website kamu dengan Facebook dan Instagram. Jangan lupa, kamu harus berstatus admin di Pengelola Bisnis Facebook, ya!

Cara membuat Facebook Shop yaitu dengan membuka halaman Commerce Manager, lalu klik “Buat Toko Anda”. Pastikan kamu menggunakan komputer untuk melakukan langkah ini.

7. Mengajukan Peninjauan

Setelah semua langkah di atas sudah terpenuhi, selanjutnya adalah peninjauan akun di Instagram kamu. Proses ini bisa berlangsung cepat atau lama. Jika permohonan Instagram Shopping disetujui, kamu akan dapat melihat “View Shop” pada bagian profilmu. Cara mudah yang harus dilakukan:

  • Buka akun Instagram kamu
  • Klik Pengaturan
  • Pilih menu Bisnis
  • Klik “Siapkan Instagram Shopping”, lalu ikuti langkah yang tersedia

Selanjutnya, hasil Instagram Shopping akan tersedia di notifikasi akunmu.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Melalui Praktisidigital

Mau punya Instagram Shopping untuk bisnis kamu? Kamu bisa coba buat website toko online di Praktisidigital untuk bisa mengintegrasikan dengan IG Shopping secara mudah. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Berlangganan Premium agar bisa custom domain.
  2. Sudah memiliki Facebook Business Manager
  3. Sudah memiliki akun Instagram untuk toko online yang aktif
BACA JUGA :  Apa Itu Link Bio? Keunggulan, Jenis, dan Cara Membuat

Sudah memenuhi persyaratannya? Selanjutnya kamu bisa cek panduan pengaturan Instagram Shopping di Praktisidigital. Selamat mencoba!