8 Waktu Terbaik Memulai Usaha Bisnis yang Tepat


Kapan kira-kira waktu terbaik memulai usaha? Buat kamu yang ingin berbisnis tapi masih ragu, pertanyaan ini pastinya sering muncul di kepala. Bisnis memang tidak hanya tentang ide dan modal saja, tapi juga timing yang tepat. Jadi, kapan sih sebaiknya kita memulai bisnis? Apa ada patokan usia?

Waktu Terbaik Memulai Usaha dan Bisnis

1. Usia Muda

Usia muda adalah waktu yang tepat untuk memulai sebuah bisnis. Mengapa demikian? Ketika masih muda, kamu akan memiliki energi yang lebih banyak dan kreativitas yang lebih tinggi. Kamu juga jadi punya lebih banyak waktu untuk belajar tentang bisnis.

Meskipun seseorang dengan usia muda terkadang cenderung membuat kesalahan, tapi ini justru akan memberikan lebih banyak lagi pelajaran dan pengalaman berharga untuk kamu. 

2. Tidak Nyaman dengan Pekerjaan saat Ini

Waktu terbaik memulai bisnis selanjutnya adalah ketika kamu tidak nyaman dengan pekerjaan yang kamu jalani saat ini. Coba tanyakan pada diri sendiri, apa tujuan kamu bekerja? Apakah pekerjaan saat ini sudah sesuai dengan passion kamu?

Memang tidak semua orang bekerja sesuai passion, bahkan mungkin ada yang tidak tahu apa passion-nya. Kamu tidak perlu tahu apa passion kamu untuk menilai nyaman atau tidaknya kamu pada suatu pekerjaan. Bosan dari pekerjaan juga berbeda engan rasa tidak nyaman.

Jika kamu tidak merasa nyaman dengan pekerjaan saat ini, entah karena lingkungan kerja yang toxic atau karena merasa tidak cocok dengan pekerjaannya, kamu bisa membertimbangkan untuk berbisnis. Tidak perlu langsung mundur dari pekerjaanmu, tapi bisa coba berbisnis kecil-kecilan sambil bekerja. Setelah merasakan keduanya, kamu akan tahu mana yang membuat kamu nyaman.

3. Jadi Korban PHK

Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan baik itu karena PHK maupun dirumahkan. Apakah kamu salah satu yang mengalami kondisi ini? Jangan menyerah dulu jika hal ini terjadi pada kamu, bisa jadi ini menjadi kesempatan kamu untuk memulai usaha.

Bisnis tidak selalu harus memerlukan modal yang besar. Kamu juga bisa memulai dari bisnis kecil lebih dulu. Contohnya seperti berjualan dengan sistem pre-order atau kamu juga bisa berjualan dengan sistem reseller atau dropshipper.

5. Punya Uang yang Dapat Dikelola

Jika kamu memiliki uang yang potensial dikelola menjadi bisnis, tentu sebaiknya jangan disia-siakan. Selain dengan menabung, ada banyak memang cara lain yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan lebih banyak uang. Salah satunya adalah dengan investasi. 

Ada banyak jenis investasi, mulai dari saham, reksa dana, P2P lending, dan masih banyak lagi. Bisnis franchise juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi.

4. Ide Bisnis Sudah di Kepala

Waktu terbaik memulai usaha selanjutnya adalah ketika kamu memiliki ide bisnis yang cemerlang. Perlu kamu tahu bahwa tidak semua orang berpikir tentang bisnis. Jadi jika kamu memiliki ide cemerlang tentang sebuah bisnis, jangan sampai ide tersebut terbuang begitu saja. Kamu harus coba untuk mewujudkannya.

Mulailah dari langkah kecil dulu seperti melakukan survei pasar, meneliti produk yang mau kamu jual, lalu menyusun sebuah business plan. Jangan pernah berpikir bahwa ide ini tidak akan terwujud hanya karena kamu belum memiliki modal. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha, mulai dari pinjaman, mencari investor, dan lainnya.

6. Memiliki Waktu untuk Fokus

Selain modal dan ide bisnis, waktu untuk fokus juga dibutuhkan dalam bisnis. Sebelumnya kamu mungkin memiliki tanggung jawab lain seperti kuliah, pekerjaan, atau bahkan urusan pribadi yang membuat waktu kamu tersita, sehingga tidak dapat fokus pada bisnis.

Ketika sudah memiliki banyak tanggung jawab memang sebaiknya kamu tidak memaksakan untuk menambah kegiatan lagi karena pada dasarnya bisnis membutuhkan waktu. Jika beberapa tanggung jawab kamu sudah berkurang, itu mungkin pertanda bahwa kamu harus mulai memfokuskan waktu kamu untuk berbisnis.

7. Punya Hobi yang Bisa Mendatangkan Uang

Ide bisnis itu bisa datang dari mana saja, termasuk dari hal yang kita sukai. Hobi mendatangkan uang memang bukan merupakan hal baru. Nah jika kamu sudah mulai melihat peluang bisnis dari hobi yang kamu jalani, enggak ada salahnya untuk memulainya.

Contohnya untuk kamu yang punya hobi masak dan mulai mampu menciptakan resep-resep unik, kamu bisa coba untuk memasarkan hasil masakan kamu. Bagi kamu yang punya hobi gardening selama pandemi ini, coba juga untuk memulai usaha jual beli tanaman dan alat berkebun.

8. Sekarang Juga!

Waktu terbaik memulai usaha yang paling tepat adalah memulainya saat ini juga. Tentu bukan berarti kamu harus terburu-buru dalam memulai usaha. Mulailah dari langkah kecil lebih dulu.

Jika belum punya ide, mulailah untuk mencari ide. Apabila kamu sudah punya ide tapi belum punya modal, mulailah susuh business plan yang bisa memudahkan kamu untuk mencari bantuan modal. Memulai langkah baru memang bisa menjadi bagian paling sulit, tapi setelah kamu sudah mulai dan menikmatinya, proses ke depannya pasti akan lebih lancar.

Tertarik memulai bisnis, tapi masih bingung? Kamu bisa temukan berbagai referensi bisnis di Blog Praktisidigital.

Sudah tahu mau bisnis apa dan sudah yakin untuk memulainya? Langsung fokus dan buat bisnis kamu jadi lebih profesional dengan memiliki website bisnis. Kamu bisa buat website gratis untuk toko online di Praktisidigital. Kamu hanya perlu daftar, isi data diri, dan upload produk untuk mulai jualan!