9 Tips Bisnis Bertahan Lama dan Terus Untung Maksimal


Ketika memulai suatu bisnis tentunya kamu berharap bisnis bertahan lama dan semakin berkembang. Semakin lama persaingan bisnis akan semakin ketat, kompetitor mulai bermunculan sehingga kamu harus bisa mengatur agar bisnis terus bertahan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisnis kamu terus bertahan dan untung.

1. Memiliki Perencanaan Matang

Bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki perancanaan baik dan strategi yang matang. Bisnis tanpa perencanaan tentunya tidak akan berjalan dengan baik, buatlah rencana target yang ingin dicapai dalam jangka pendek dan panjang.

Rencanakan target pasar, keuangan, pemasaran, dan berbagai hal lainnya. Jangan lupa untuk membuat rencana cadangan apabila rencana awal tidak berjalan dengan mulus. Bisnis yang memiliki rencana yang matang tentunya akan lebih mudah bertahan dibandingkan bisnis tanpa perencanaan.

2. Mempelajari Kompetitor

Ada kalanya kamu perlu mempelajari kompetitor agar bisnis bisa terus bertahan. Pelajari hal yang menjadi kelemahan kompetitor agar kamu bisa memanfaatkan kelemahan tersebut. Pelajari juga keunggulan kompetitor agar kamu bisa mengambil hal baik darinya.

Selain itu dengan melakukan riset kompetitor kamu bisa melihat prefernsi konsumen, mencermati tren, mengetahui brand positioning bisnismu, hingga menetukan strategi pemasaran.

3. Mengikuti Perkembangan Pasar

Kunci dari bisnis bertahan lama adalah adanya kemauan untuk mengikuti perkembangan pasar. Kebutuhan konsumen akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, kamu juga harus bisa mengikuti perubahan tersebut.

Selalu lakukan riset dan survei langsung terhadap perkembangan pasar yang terjadi. Apabila kamu tidak mengikuti perkembangan pasar ini maka bisnismu akan ketinggalan zaman, kemudian pelanggan akan mulai beralih pada kompetitor.

4. Selalu Kreatif dan Berinovasi

Hal penting lainnya yang membuat bisnis kamu semakin untung dan selalu bertahan adalah adanya kreatifitas dan inovasi. Cobalah berpikir out of the box untuk bisa melakukan inovasi.

Inovasi dan kreatifitas tidak hanya dilakukan untuk perkembangan produk yang kamu jual, tetapi juga dalam hal lain seperti pelayanan, promosi, dan lainnya. Tidak perlu langsung berinovasi besar, kamu bisa melakukan inovasi dalam hal-hal kecil. Perhatikan kelemahan dan kekurangan bisnismu dan pikirkan sebuah inovasi yang bisa dibuat dari hal itu.

5. Memberi Pelayanan yang Baik

Keberadaan pelanggan setia juga menjadi kunci sukses bisnis bertahan lama. Pelanggan tentunya merupakan peran yang penting dalam sebuah usaha. Selalu berikan pelayanan yang baik dan memuaskan untuk para pelanggan.

Pelanggan yang memiliki pengalaman menyenagkan dengan bisnis kamu tentunya akan berpikir untuk datang kembali atau bahkan merekomendasikannya pada orang lain. Berikanlah hadiah untuk memberikan rasa terima kasih atas kesetiannya, misalkan beri diskon khusus pelanggan atau bonus tambahan.

Karakter pelanggan tentunya sangat beragam, kamu mungkin akan menemukan yang kurang kooperatif. Sikapilah pelanggan tersebut dengan bijak, jangan terbawa emosi yang nantinya akan merugikan bisnismu.

6. Membangun Koneksi

Membuat koneksi seluas-luasnya akan sangat baik untuk bisnis kamu. Tidak hanya menjalin koneksi dengan pelanggan dan supplier saja, kamu bisa membangun koneksi dengan sesama pebisnis lainnya.

Semakin banyak koneksi yang kamu miliki akan semakin banyak kemudahan yang didapatkan nantinya, misalnya dalam bentuk promosi. Ingat tidak hanya sekedar menjalin koneksi, namun selalu jalin koneksi yang baik sehingga bisnismu juga akan dikenal baik.

7. Membuat SOP

Tips lainnya agar bisnis bertahan lama adalah membuat Standard Operational Procedure (SOP). Memiliki SOP dalam setiap pekerjaan baik dari segi produksi, keuangan, pemasaran, pengiraman, dan lainnya akan baik untuk bisnismu.

Keberadaan SOP membuat kamu memiliki standarisasi tersendiri untuk setiap kegiatan sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan. Pegawai juga akan lebih mandiri karena sudah mengetahui standar pekerjaannya. Apabila ada kesalahan terjadi dapat dilakukan penelusuran untuk mencegah terulang kesalahan kembali.

8. Mempelajari Keinginan Konsumen

Selain mengikuti perkembangan pasar, kamu juga harus mengetahui apa yang konsumen inginkan dan butuhkan. Lakukan berbagai riset untuk mengetahui apa yang saat ini konsumen inginkan.

Kamu juga bisa melakuan survey untuk melihat kecendrungan konsumen. Perhatikan juga kritik dan saran yang diberikan oleh para pelanggan. Melalui kritik dan saran tersebut dapat kamu bisa melihat keinginan konsumen yang sebenarnya. Bisnis yang mampu bertahan lama adalah bisnis yang mau mendengar saran dari pelanggannya dan mau menerima serta menyikapi kritik dengan baik.

9. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, agar bisnis bertahan lama maka selalu ikuti perkembangan tersebut. Kamu harus mengikuti perkembangan yang ada agar tidak tertinggal oleh kompetitor. Selalu cari tau perkembangan teknologi terkini yang bisa mendukung bisnismu agar semakin maju.

Misalnya perkembangan sosial media, dulu mungkin aktivitas sosial media hanya sekadar berbagi unggahan foto dan video kemudian semakin berkembang. Banyak interaksi yang bisa dilakukan dengan pelanggan melalui sosial media.

Contoh lainnya adalah keberadaan website untuk bisnis. Mungkin dulu membuat website sangat rumit sehingga kelangan bisnis tertentu saja yang bisa memiliki website. Sekarang semua pelaku bisnis bisa memiliki website dengan mudah dan bahkan gratis di Praktisidigital.

Adanya website akan membuat bisnis kamu terlihat lebih professional dan terpercaya, sehingga sangat penting untuk memilikinya. Melalui Praktisidigital kamu bisa memiliki website secara gratis dengan desain yang keren sesuai dengan brand image. Kamu juga bisa mengelola bisnis lebih efisien karena website Praktisidigital memberikan pengelolaan secara otomatis dari mulai pemesanan hingga pengiriman.

Segera buat website toko online mudah, praktis, dan gratis menggunakan Praktisidigital!