10 Manfaat Pinjaman Modal Usaha, Bikin Bisnis Berkembang!


Kira-kira apa saja manfaat pinjaman modal usaha? Bukan hanya untuk yang baru memulai usaha, pinjaman modal juga bisa didapatkan oleh kamu yang bisnisnya sudah berjalan. Pinjaman ini bisa dimanfaatkan untuk mengembambangkan bisnis kamu dalam berbagai aspek. Simak berbagai manfaatnya agar kamu tidak salah dalam mengelolanya!

Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

Pinjaman modal usaha dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis agar semakin luas jangkauannya. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Menambah Stok Barang

Manfaat pinjaman modal usaha yang pertama adalah untuk menambah stok barang. Tentunya ini bergantung pada jenis bisnis kamu juga. Apabila kamu melakukan produksi sendiri, maka bisa dipertimbangkan untuk menyetok bahan baku atau inventaris lainnya.

Intinya, pinjaman modal ini dapat digunakan untuk memastikan stok produk tetap aman agar dapat memenuhi permintaan pelanggan. Jika permintaan terpenuhi, tentu omzet juga akan meningkat.

Apabila pembeli terlalu lama menunggu, bisa jadi mereka akan lebih tertarik untuk membeli produk di toko lain.

2. Membuat Produk Baru

Selain dapat digunakan untuk menambah stok produk yang sudah ada, pinjaman modal juga bisa dimanfaatkan untuk launching produk baru. Adanya varian produk baru ini menandakan bahwa bisnis kamu semakin berkembang.

Memang dalam hal launching produk baru bukan hanya budget pengadaan barang saja yang dibutuhkan, kamu juga membutuhkan biaya promosi dan biaya lainnya. Semua biaya ini harus diperhitungkan dengan baik sehingga harga jual dapat ditentukan dengan tepat.

BACA JUGA :  Cara Memilih Partner Bisnis, Harus Punya 11 Kriteria Ini!

3. Menggaji Karyawan

Kendala dalam menggaji karyawan adalah hal yang serius dalam sebuah bisnis. Pasalnya karyawan memiliki peranan penting dalam berjalannya sebuah bisnis, sehingga pemilik usaha harus memenuhi hak karyawan tepat waktu agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Apabila kamu mengalami kendala ini, maka pinjaman modal dapat kamu manfaatkan untuk menggaji karyawan agar bisnis dapat tetap berjalan dan modal tersebut juga dapat berputar kembali.

4. Pengadaan Alat

Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah untuk pengadaan alat. Setiap bisnis tentu membutuhkan peralatan atau perlengkapan untuk dapat berjalan lancar.

Contohnya bisnis laundry yang membutuhkan mesin cuci, bisnis katering yang membutuhkan alat masak, bisnis konveksi yang membutuhkan mesin jahit, atau mungkin alat transportasi yang dibutuhkan untuk operasional berbagai jenis bisnis.

Ketika peralatan dan tenaga kerja ditambahkan, tentunya produksi juga dapat ditingkatkan, hasilnya pendapatan dan keuntungan juga akan meningkat.

5. Perawatan Alat

Selain mengadakan alat-alat baru, jangan lupa juga perhatikan perawatan alat-alat yang sudah ada.

Sebagian bisnis membutuhkan biaya maintenance alat yang jumlahnya tidak sedikit. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan pinjaman modal untuk biaya ini.

Sebaiknya periksa semua kelengkapan peralatan dan perlengkapan usaha kamu sebelum menentukan mana yang perlu diperbaiki dan mana yang perlu dibeli.

Perlu diketahui juga bahwa perawatan dan pembaruan alat ini adalah hal yang harus dilakukan secara rutin dan berkala dan tidak boleh diabaikan dalam bisnis.

6. Membuka Cabang Baru

Ketika ingin membuka cabang baru, bisa dikatakan bahwa modal merupakan salah satu hal utama yang harus dipikirkan. Manfaat pinjaman modal usaha selanjutnya adalah untuk membuka cabang baru dari usaha kamu.

BACA JUGA :  Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Online yang Harus Kamu Ketahui |

Jika kamu memiliki bisnis barang atau jasa dengan brand yang sudah kuat di suatu daerah, tentu tidak ada salahnya mencoba untuk mengembangkan bisnis kamu melalui cabang baru.

Sebelum membuka cabang baru suatu bisnis kamu harus mempertimbangkan beberapa hal mulai dari lokasi bisnis yang potensial hingga keberadaan target pasar kamu di sekitar lokasi tersebut. 

7. Menyewa Gudang atau Kantor

Belum memiliki gudang atau kantor yang sesuai padahal bisnis kamu membutuhkannya? Kamu bisa memanfaatkan pinjaman modal untuk keperluan ini.

Stok barang yang meningkat atau semakin banyaknya karyawan adalah salah satu tanda bahwa bisnis kamu berkembang. Tentunya perkembangan ini juga membutuhkan fasilitas yang sepadan seperti adanya gudang dan kantor yang lebih besar.

8. Biaya Promosi

Tanpa sebuah promosi, sebagus apa pun produk yang kamu miliki tidak akan dilirik oleh pembeli.

Sebagai seorang penjual, kamu bukan hanya harus menyediakan produk, tapi juga menawarkannya dengan seluas mungkin.

Pinjaman modal usaha bisa kamu manfaatkan untuk biaya promosi yang lebih luas sehingga lebih banyak yang tahu dan menginginkan produk kamu. Jenis media promosinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

Jangan lupa tentukan target pasar yang tepat agar promosi yang dilakukan tidak sia-sia!

9. Melancarkan Arus Kas

Terkadang arus kas bisa terhambat apabila kamu tidak memiliki modal yang cukup. Sudah banyak barang yang diproduksi atau dijual, tapi perkiraan uang kembali membutuhkan waktu karena satu dan lain hal. Pada saat-saat seperti ini kamu bisa memanfaatkan pinjaman modal agar arus kas tetap lancar dan bisnis dapat terus berjalan.

10. Dana Darurat

Manfaat pinjaman modal usaha yang terakhir adalah sebagai dana darurat. Artinya dana tersebut akan dipakai untuk keperluan yang benar-benar mendesak.

BACA JUGA :  Website Toko Online Vs Marketplace: Lebih Untung Pakai Apa?

Tentunya setiap bisnis membutuhkan dana ini agar jika terjadi hal yang benar-benar di luar dugaan, bisnis kamu masih tetap bisa terselamatkan.

Itu dia berbagai cara untuk memanfaatkan pinjaman modal bisnis. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan bisnismu dan pastikan untuk menggunakannya dengan bijak, ya!

Jangan ragu untuk mulai berbisnis atau mengembangkannya. Pastikan kamu sudah pakai website toko online dari Praktisidigital untuk memaksimalkan pemasaran dan transaksi jual-beli online kamu.

Jangan khawatir modal bisnis kamu habis karena Praktisidigital menyediakan layanan berlangganan gratis. Yuk, segera daftar dan upload minimal 3 produkmu!