10 Tips Bisnis Aksesoris Wanita untuk Pemula, Untung Besar!


Bisnis aksesoris wanita adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Meski hanya sebagai pelengkap penampilan, tapi aksesoris bisa menjadi hal yang sangat penting bagi sebagian besar wanita. Bahkan banyak wanita yang merasa aneh ketika tidak menggunakannya, sehingga tidak sedikit wanita yang punya berbagai koleksi. Ingin mencoba bisnis ini untuk dapat untung besar?

Tips Bisnis Aksesoris Wanita untuk Pemula

1. Analisis Pasar

Sebelum terjun ke bisnis ini, kamu harus lebih dulu melakukan analis pasar. Coba pelajari apa jenis aksesoris yang paling diminati di pasaran, harga jual, dan siapa saja yang berpotensi menjadi kompetitor bisnismu.

Kamu juga harus memerhatikan dengan baik strategi seperti apa yang dilakukan para kompetitor untuk membuat produknya laku di pasaran. Pahami dengan baik juga kebutuhan dan permintaan pasar, sehingga kamu tahu barang seperti apa yang layak kamu jual.

2. Pilih Produk yang Ingin Dijual

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis produk apa yang ingin kamu jual. Aksesoris wanita ada banyak jenisnya, mulai dari perhiasan, kacamata, topi, ikat pinggang, aksesoris rambut, aksesoris hijab, dan masih banyak lagi. Kamu bisa fokus pada jenis aksesoris tertentu maupun membuat toko yang lengkap menyediakan berbagai macam aksesoris. 

3. Tentukan Target Pasar

Tips bisnis aksesoris wanita selanjutnya adalah menentukan target pasar dengan tepat. Secara umum tentunya target bisnis ini adalah wanita, namun perlu diketahui juga bahwa target ini masih sangat luas dan harus dikerucutkan lagi dalam beberapa aspek. Misalnya kamu ingin membuat aksesoris untuk remaja, tentu bisa berbeda dengan aksesoris yang bergaya lebih dewasa.

Kamu juga bisa mementukan target pasar berdasarkan daya belinya, aksesoris yang target pasarnya menengah ke bawah tentu akan berbeda dengan yang menengah ke atas. Target pasar ini akan memengaruhi jenis produk, harga jual, hingga strategi marketing kamu ke depannya.

4. Temukan Supplier

Supplier adalah salah satu kunci utama dalam bisnis. Kamu harus bisa menemukan supplier yang bisa memberikan produk dengan kualitas yang bagus dengan harga yang kompetitif.

Jika kamu mencari supplier barang siap jual, kamu bisa berjualan dengan sistem reseller atau dropshipper. Jika kamu ingin memproduksi produkmu sendiri, maka kamu harus mencari supplier yang bisa memasok bahan baku untuk produkmu. Lakukan riset supplier dengan teliti agar kamu bisa mendapatkan supplier terbaik.

5. Pastikan Harga Jual dan Tawarkan Produkmu

Sudah tahu mau jual aksesoris apa dan sudah tahu target pasarnya? Kini saatnya menentukan harga jual produk dan kemudian kamu bisa langsung mulai berjualan.

Sebelumnya, jangan lupa untuk dokumentasikan produk kamu dengan baik untuk menciptakan katalog produk yang bagus. Saat ini pasar online adalah yang lebih mudah dijangkau, sehingga kamu harus mempersiapkan katalog produk sebagus mungkin agar pembeli bisa tertarik meskipun tidak melihat produkmu secara langsung.

6. Maksimalkan Toko Online

Sudah coba jualan aksesoris di Instagram atau marketplace? Itu saja tidak cukup!

Kalau ingin bisnis kamu lebih berkembang, sebaiknya coba buat website toko online kamu sendiri. Selain memudahkan transaksi, adanya website untuk bisnis bisa meningkatkan kredibilitas toko kamu. Jika masih ragu, kamu bisa coba buat website menggunakan Praktisidigital karena tersedia layanan berlangganan gratis yang bisa kamu upgrade ke paket Premium. Menariknya, kamu juga bisa buat IG Shopping kalau punya website!

7. Miliki Unique Selling Point

Unique selling point (USP) adalah hal yang membedakan produk kamu dengan produk kompetitor dan membuat pembeli lebih menginginkan produkmu dibandingkan produk yang lain.

Jika kamu memproduksi sendiri barang yang kamu jual, kamu bisa membuat unique selling point dari desain produk yang unik, harga yang terjangkau, maupun faktor lainnya. Apabila kamu berjualan sebagai reseller, kamu juga tetap bisa memiliki USP, salah satunya dari packaging produk.

8. Jaga Relasi dengan Pelanggan

Cara bisnis aksesoris wanita yang tidak boleh diabaikan yaitu pastikan kamu memberikan layanan terbaik dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Jangan ragu untuk meminta review pelanggan terhadap produk dan pelayanan toko kamu. Ajak juga pelanggan untuk membagikan pengalamannya menggunakan produk kamu di media sosial, sehingga lebih banyak orang akan mengenal produk kamu.

9. Adakan Promo

Promosi harus dilakukan secara rutin agar toko kamu selalu ramai. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi yang paling ampuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan toko kamu, misalnya dengan memberikan diskon hari spesial untuk followers toko kamu di media sosial. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ads yang ada di media sosial dan menggunakan jasa influencer bila perlu.

10. Ikuti Tren Wanita

Cara bisnis aksesoris wanita terakhir yang harus kamu terapkan adalah mengikuti tren. Kamu harus benar-benar memahami aksesoris seperti apa yang sedang banyak dicari di pasaran. Kamu bisa dengan mudah tersalip oleh kompetitor apabila kurang bisa memehami tren. Sering-seringlah cek media sosial untuk mengetahui apa yang sedang tren saat ini

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam bisnis perlengkapan wanita. Yuk, segera rencanakan dan pasarkan produkmu. Jangan lupa daftar di Praktisidigital untuk buat website toko online gratis dan praktis!