15 Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses, Ada di Kamu?


Ciri-ciri wirausahawan adalah seseorang yang profesional, pantang menyerah, dan penuh strategi dalam menjalankan bisnisnya. Ingin jadi wirausahawan sukses? Yuk, cek apa saja karakteristik wirausaha yang harus kamu kuasai!

Apa Itu Wirausahawan?

Wirausahawan adalah individu yang memulai dan menjalankan bisnis mereka sendiri berdasarkan ide, passion, dan strategi yang diciptakan untuk mencapai tujuannya.

Seorang wirausaha (entrepreneur) menanggung tanggung jawab besar agar bisnisnya bisa sukses dan terus bertumbuh secara berkelanjutan. 

Wirausahawan juga dinilai sebagai inovator di mana mereka mencetuskan ide, sumber daya, prosedur, dan strategi baru dalam bisnis. 

Contoh wirausahawan adalah para pedagang, pemilik perusahaan startup, penggiat bisnis digital, dan mereka yang menciptakan peluang usaha sendiri.

Ciri-Ciri Wirausahawan Sukses 

Menjadi seorang wirausahawan sukses membutuhkan kemampuan spesifik. Beberapa karakteristik mungkin tumbuh secara alami pada jiwa seseorang dengan mental pengusaha, namun sebagian besar kemampuan itu harus dipelajari dan dikembangan. 

Dalam artikel ini, mari membahas ciri-ciri wirausaha yang dapat membantumu menjadi pemimpin bisnis dan inovator yang sukses!

1. Profesional 

Seorang wirausaha harus memiliki jiwa profesionalisme. Artinya, mereka harus mempraktekan keterampilan dan keahliannya dalam berbisnis sesuai ketetapan. 

Ini termasuk mengaplikasikan kedisiplinan, keandalan, perilaku yang baik, dan budaya organisasi untuk mencapai target yang ditentukan. Bila tidak profesional, tujuan cenderung akan gagal dan akan merugikan pihak lain yang bekerja sama. 

BACA JUGA :  Halo, Perkenalkan Kami Adalah Praktisidigital!

2. Berani Ambil Risko

Sebagai individu yang menjalankan bisnisnya sendiri, tentu harus punya kemampuan mengambil risiko. Termasuk mencoba strategi baru, menjelajahi potensi baru, menjalankan 6M dalam wirausaha, dan menggali ide-ide segar untuk menemukan peluang usaha yang menjanjikan. 

Bila tidak mau ambil risiko, tidak berani mencoba, maka tidak akan bisa berkembang. Semua itu harus diperhitungkan dengan matang dengan cadangan untuk setiap risiko yang mereka ambil.

3. Memiliki Perencanaan Matang

Tanpa rencana yang terorganisir, semua tujuan bisa tidak tercapai. Katanya, ‘Jika kamu gagal membuat perencanaan, maka kamu merencanakan untuk gagal’.

Perencanaan bisnis adalah bagaimana cara menyusun strategi, menyiapkan semua sumber daya, merancang struktur dan proses berpikir, dan langkah-langkah yang optimal untuk mencapai tujuan. 

Dengan perencanaan yang matang, kamu meminimalisir risiko dan kerugian. Kamu juga akan tahu plan A, plan B, dan seterusnya. 

4. Memiliki Keterampilan Sosial

Keterampilan sosial akan membantu kamu dalam membangun hubungan dengan calon klien atau calon konsumen. Kamu juga akan lebih terarah dalam merekrut sumber daya, talent, dan merumuskan strategi dalam tim. 

5. Kreatif

Creativepreneur adalah wirausaha yang melibatkan ide dan strategi kreatif dalam setiap prose bisnis. Ini termasuk mencari cara inovatif untuk menciptakan produk, menyelesaikan masalah konsumen, atau pun proses pemasaran yang unik. 

6. Memiliki Pengetahuan Luas

Ciri-ciri wirausahawan sukses adalah mereka memiliki pengetahuan luas tentang apa yang mereka kerjakan. 

Itu termasuk pengetahuan lengkap tentang produk/layanan yang ditawarkan, industri tersebut, target konsumen, strategi penjualan dan pemasaran, serta perkembangan dan tren pasar terbaru. 

Dengan bekal pengetahuan yang terus diperbaharui, mereka dapat melihat masalah dari akarnya dan mencari solusi. Juga terus melakukan inovasi agar bisnisnya tetap relevan dan berguna untuk konsumen.

BACA JUGA :  10 Tips Belanja Hemat Harbolnas, Bisa Untung Besar!

7. Terbuka 

Terbuka pada pengetahuan baru, inovasi bisnis baru, tren terkini, saran dan kritik orang-orang, dan bahkan kegagalan. Tidak merasa sebagai wirausaha paling sukses dan paling menguasai pasar, namun terus menggali potensi dari manapun sumbernya. 

Juga memiliki jia terbuka untuk mengakui kegagalan dan kesalahan, tidak sombong saat sukses, belajar dari pengalaman, dan selalu punya pandangan positif dalam banyak tantangan bisnis yang dijalani. 

8. Memiliki Empati

Ciri-ciri wirausaha sukses adalah mereka punya empati, tidak sekadar menjalankan bisnis untuk mencari keuntungan semata. 

Wirausahawan yang punya kecerdasan emosional akan memahami apa yang pegawai butuhkan agar bisa optimal dalam mengerjakan tugas mereka. Juga menciptakan lingkungan kerja yang sehat, menjaga kesejahteraan, dan menginspirasi tim dengan baik. 

9. Punya Passion yang Kuat

Pekerjaan berdasarkan passion akan membuat kamu menikmati proses dan terus termotivasi untuk menjalankannya, memperbaiki, dan hingga mencapai hasil yang diharapkan. 

Kamu bahkan akan terus terdorong untuk berinvestasi waktu dan tenaga demi menciptakan produk/layanan yang ditargetkan. Termasuk kamu memiliki hasrat untuk mencoba, menyelesaikan rintangan, dan mencari solusi terbaik untuk mencapai puncak tujuan kamu. 

10. Percaya Diri

Pengusaha sukses percaya bahwa mereka dapat mencapai tujuan mereka. Ya, mereka tetap punya rasa ragu, takut, atau khawatir. 

Namun, mereka tetap akan bertahan menghadapinya dan percaya diri untuk mencari solusi dan menciptakan yang lebih baik dari sebelumnya. 

11. Punya Motivasi Kuat 

Motivasi adalah alasan dan keinginan untuk mencapai target tertentu. Tanpa motivasi, pengusaha tidak akan punya alasan untuk tetap bertahan atau pun melaju. 

Tingkatkan motivasi dengan memasang target-target kecil yang akan membantu kamu mencapai target yang lebih besar. 

12. Memiliki Jaringan yang Luas 

Wirausaha tidak bisa bekerja sendiri. Mereka harus membangun hubungan dengan klien dan konsumen, menggali peluang kemitraan, dan bertemu orang-orang baru agar mendapat akses yang terkait dengan bisnis kamu. 

BACA JUGA :  Perempuan Indonesia Terbaik Dalam Hal Wirausaha

Kamu bisa lebih mudah mempromosikan produk/layanan ke komunitas di mana kamu terlibat dan mereka mempercayai kamu. Ini juga membuka kesempatan untuk kerja sama, mencari sumber daya, dan membuka peluang usaha. 

13. Manajemen Keuangan yang Baik 

Ciri-ciri wirausahawan sukses adalah mereka harus punya manajemen keuangan yang baik. Bukan hanya pandai mengelola permodalan, menghitung revenue, atau keuntungan. Tapi juga harus memahami situasi keuangan bisnis dan kondisi pasar. 

14. Tanggung Jawab

Tentu saja seorang pengusaha punya tanggung jawab penuh atas segala detail di bisnis. Tanggung jawab atas semua akibat dari keputusan yang diambil. 

Baik itu tanggung jawab atas kerugian, kegagalan, keuntungan, hingga tanggung jawab pada pegawai dan lingkungan sekitar. 

15. Menganggap Konsumen Nomor Satu 

Pemahaman tentang konsumen adalah segalanya. Pengusaha yang cerdik akan memahami bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Bagaimana cara menarik perhatian konsumen, serta membuat konsumen tetap terhubung dengan produk/layanan yang ditawarkan. 

16. Kemampuan Beradaptasi

Wirausahawan harus punya kemampuan beradaptasi atas semua kemungkinan perubahan tren, strategi pasar, struktur organisasi, dan transaksi organisasi. Misalnya, saat ini pelaku bisnis harus beradaptasi dengan perkembangan di dunia digital dengan cara bisnis online

Bisnis online memiliki banyak keuntungan, termasuk memperluas jangkauan konsumen, memudahkan transaksi jual beli, dan tidak ada batasan dalam berbisnis. Caranya adalah kamu harus punya toko online yang bisa diintegrasikan dengan platform e-commerce dan media sosial toko kamu. 

Praktisidigital adalah platform solusi e-commerce tercanggih di Indonesia untuk membantu merchant bisnis online dengan optimal. 

Ada banyak fitur dan fasilitas yang disediakan, termasuk payment gateway, pilihan 100+ template desain, pilihan jasa pengiriman, dan didukung fitur digital marketing lengkap. Yuk, kembangkan bisnis dengan buat toko online melalui Praktisidigital sekarang!