16 Keuntungan Menjadi Pengusaha, Bukan Hanya Cuan!


Ada banyak keuntungan menjadi pengusaha. Tentunya dapat mewujudkan ide, bakat, dan potensi diri dalam bisnis yang profitabel. Yuk, cek beberapa manfaat wirausahawan di bawah ini! 

Keuntungan Menjadi Pengusaha

Menjadi pengusaha atau entrepreneur berarti memulai bisnis sendiri berdasarkan visi-misi, ide, nilai, dan kemampuan yang dia yakini. 

Seorang pengusaha atau wirausahawan juga bertanggung jawab penuh atas bisnisnya, mengambil risiko besar dan akan menuai sebagian besar manfaat dan keuntungan dari bisnisnya. 

Bagi orang-orang dengan jiwa wirausaha dan pola pikir yang teguh, tentu akan mengambil kesempatan untuk menciptakan bisnis sendiri. 

Cek beberapa keuntungan menjadi pengusaha berikut ini: 

1. Peluang untuk Membangun Karier yang Selaras

Poin utama dari seorang pengusaha adalah membangun bisnis sendiri yang sesuai dengan keyakinan, nilai-nilai, tujuan, kemampuan, dan keyakinan diri. 

Seorang pengusaha punya kesempatan untuk menyelaraskan keinginannya ke dalam bisnis–menciptakan produk/layanan yang bukan hanya akan memberi keuntungan tapi juga bermanfaat, berkualitas, dan sejalan dengan keyakinan dan nilai-nilai kamu.

2. Pertumbuhan dan Perkembangan yang Berkelanjutan

Seorang wirausahawan atau pengusaha dituntut untuk terus tumbuh secara konstan. Di antaranya:

  • Harus selalu beradaptasi dengan bisnis yang berkembang atau perubahan tren pasar. 
  • Memiliki pola pikir yang luas untuk melihat tantangan sebagai peluang dan kegagalan sebagai pembelajaran untuk jadi lebih hebat lagi.
  • Selalu belajar hal-hal baru demi kebutuhan untuk perbaikan diri untuk bisnisnya.

Bila seorang pengusaha tidak punya rasa untuk ingin selalu tumbuh, maka dia akan kesulitan menjalankan bisnisnya di tengah kompetisi pasar red ocean yang kejam. 

3. Jadilah Bos dan Bekerja untuk Diri Sendiri

Keuntungan menjadi pengusaha adalah kamu jadi bos untuk diri sendiri dan juga bekerja maksimal untuk diri sendiri. 

Bila kamu tidak tertarik untuk menjawab ekspektasi orang lain atau ingin punya kebebasan berkreasi yang luas, maka jadilah wirausahawan. 

Kamu bisa menentukan bisnis kamu sendiri. Itu termasuk bertanggung jawab, mengambil risiko, manajemen, dan eksplorasi semua detail bisnis sendiri. 

4. Mampu Meningkatkan Kemampuan Manajerial

Kewirausahaan akan membantu kamu mengidentifikasi dan mengembangkan keterampilan manajerial. 

Keterampilan manajerial adalah pengetahuan, kemampuan, sikap, serta perilaku yang dapat dikembangkan untuk memimpin dan mengelola perusahaan atau organisasi.

Kondisi bisnis dan pengalaman yang harus dialami dapat meningkatkan pengetahuan bisnis dan kemampuan kepemimpinan untuk membangun bisnis yang sukses.

5. Bertemu dan Bekerja Sama dengan Orang-Orang yang Berpikiran Sama

Mejadi wirauahawan atau pengsaha akan memungkinkan kamu bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion dan tujuan yang sama dengan kamu.

Pada gilirannya, kelompok individu tersebut akan saling mendorong untuk bekerja sama untuk menciptakan peluang bisnis yang hebat. 

Kamu juga akan punya kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang potensial dengan sumber daya yang saling menguntungkan. 

5. Dapat Memilih Tim dan Klien yang Punya Visi dan Misi yang Sama

Kamu bisa memilih untuk mengerjakan apa dan bekerja bersama siapa dalam suatu proyek bisnis. 

Pengusaha memiliki hak istimewa untuk memilih karyawan, klien, dan kemitraan. Kamu juga punya kendali penuh untuk menentukan program kerja, proyek, budaya perusahaan, strategi bisnis, dan semua detail proyek bisnis tersebut. 

6. Potensi Keuntungan Bisa Lebih Tinggi dari Gaji

Sebagai pegawai–seberat apapun pekerjaannya dan seberapa besar apapun hasilnya–mereka akan mendapat gaji dan bonus yang terbatas sesuai dengan yang sudah disetujui. 

Ketika kamu adalah seorang pemilik bisnis, kamu berpotensi mendapatkan lebih banyak keuntungan, manfaat, dan gaji setelah berhasil mengeksekusi ide dari strategi/rencana bisnis yang hebat. 

7. Ruang untuk Terus Belajar Setiap Hari

Pengusaha punya kesempatan dan ruang untuk belajar pengetahuan hari demi hari. Pemilik bisnis harus berkembang sempurna di berbagai sektor jika ingin sukses.

Untungnya saat ini akses pembelajaran jadi semakin mudah melalui internet. Kamu bisa belajar seputar bisnis dan keuangan dari ahlinya secara gratis melalui Praktisidigital Business Academy

8. Mencintai dan Menikmati Pekerjaan

Membangun bisnis sesuai minat dan bakat akan membuat seseorang sangat termotivasi untuk kerja keras hingga sukses. 

Dalam perjalannya meskipun ada banyak tantangan dan risiko bisnis, seorang wirausaha akan selalu punya cara untuk menikmati dan mencintai pekerjaannya–bangun dengan energi dan bersemangat agar bisnisnya berhasil. 

9. Rasa Bangga dan Kepuasan

Pengusaha bekerja untuk menciptakan sesuatu–dibantu dengan banyak tim dan mitra. 

Melakukan proses bisnis dari awal, menyusun rencana, merasa kegagalan, dan semua langkah yang harus ditempuh. 

Ketika bisnis itu sukses, pasti akan sangat membahagiakan dan punya perasaan bangga. Juga semangat untuk terus berkembang. 

10. Menciptakan Layanan dan Produk Tepat 

Wirausahawan bekerja untuk menciptakan produk atau layanan untuk menjawab permasalahan pelanggan.

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis kamu sendiri adalah bisa mendesain produk dan layanan sesuai dengan ekspektasinya.

11. Kembangkan Semua Ide

Apakah kamu punya banyak ide yang berpotensi jadi semua proyek atau bisnis?

Menjadi seorang wirausahawan bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena memungkinkan kamu untuk mengeksekusi semua ide tersebut menjadi bisnis

12. Jadwal yang Fleksibel 

Keuntungan menjadi pengusaha adalah kamu punya jadwal kerja yang fleksibel. 

Dilansir dari Indeed, orang-orang yang bekerja di jam kerja yang fleksibel dinilai lebih produktif aripada mereka yang terjebak di ruang kerja selama sembilan jam atau lebih setiap harinya.

Walaupun seorang pengusaha memang harus mencurahkan energi dan waktu yang ekstra untuk mengembangkan bisnis. 

Kamu juga bisa bekerja dari mana saja–serta mencari inspirasi dan inovasi dari berbagai sumber. 

13. Menciptakan Lapangan Pekerjaan 

Wirausahawan sukses bukan untuk dirinya sendiri saja, namun mampu membuka lapangan pekerjaan. Menampung sumber daya manusia dengan kemampuan dan passion yang dibutuhkan. 

14. Meningkatkan Taraf Hidup

Pengusaha mengembangkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan standar hidup. Juga menyelesaikan masalah mereka dari produk dan layanan tersebut. 

15. Mengembangkan Bakat dan Potensi 

Bila kamu tidak menemukan pekerjaan yang sesuai dengan pilihan kamu atau tidak menemukan produk/layanan yang sesuai ekspektasi kamu, maka kamu bisa menciptakannya sendiri dengan menjadi wirausaha atau pengusaha.

16. Mental Pengusaha

Melatih mental pengusaha, sekelompok karakteristik yang menjadi modal seseorang untuk membangun bisnis dari awal. 

Itulah beberapa keuntungan menjadi pengusaha. Kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan sambil belajar. Meskipun tidak mudah dan ada banyak tantangan.

Salah satunya dengan bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal yang terjangkau. Bisnis online membuka peluang siapa saja untuk bisa memiliki bisnisnya sendiri dan menjalankannya secara mandiri. 

Kamu bisa coba jual apa saja dengan bisnis online. Untuk memaksimalkannya, pastikan juga untuk buat toko online profesional melalui Praktisidigital. Praktis dan gratis!

Kamu cukup daftar (sign up), masukan data diri, dan informasi toko online tanpa perlu coding atau setting yang ribet. Yuk, pelajari sekarang!