8 Tips Memilih Jasa Pengiriman Terbaik untuk Toko Online


Banyaknya jasa ekspedisi yang tersedia terkadang membuat kita bingung untuk memilih jasa pengiriman. Pilihannya tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis online kamu. Biar tidak semakin bingung, simak berbagai tips memilih jasa ekspedisi!

Tips Memilih Jasa Pengiriman Terbaik

Pilihan jasa ekspedisi ada sangat banyak dan biasanya memiliki layanan yang beragam. Berikut beberapa tips untuk memilih jasa kirim terbaik buat online shop:

1. Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Pilih jasa pengiriman yang memiliki komunikasi dan hubungan baik dengan toko online kamu. Sebagai pelanggan, tentu kamu ingin mendapatkan pelayanan terbaik kan dari penyedia jasa tersebut. Jika kamu dan jasa kirim memiliki komunikasi yang baik, maka proses pengiriman barang ke pelanggan juga bisa menjadi lebih lancar.

Kamu juga bisa lebih santai untuk bertanya berbagai hal terkait pengiriman dengan penyedia jasa tersebut. Selain itu, apabila nantinya pembeli kamu mengalami kendala dalam proses pengiriman barang, pihak ekspedisi akan dengan sigap membantu masalah tersebut.

2. Pengiriman Tepat Waktu

Semakin cepat pengirimannya tentu saja akan semakin baik. Kecepatan pengiriman barang menjadi salah satu indikator bagus tidaknya sebuah toko online.

Kamu bisa mewujudkan ini hanya apabila kamu juga bekerja sama dengan jasa pengiriman barang yang bisa mengirim barang tepat waktu sesuai estimasi yang diberikan. Jika kamu mengirim barang cepat ke pelanggan tapi pihak ekspedisinya lelet, tentu saja barang tetap tidak akan sampai cepat ke pelanggan.

Kamu bisa bertanya kepada sesama pemilik toko online atau melakukan survei kepada orang-orang sekitarmu yang pernah belanja di toko online. Pastinya tidak sulit kan mengumpulkan informasi tersebut, apalagi saat ini sudah hampir semua orang berbelanja online.

3. Keamanan Barang Terjamin

Selain sampai tepat waktu, tentu keamanan barang juga menjadi hal yang wajib diperhatikan. Tentu akan percuma apabila pengiriman cepat tapi barang tidak sampai ke pelanggan dengan selamat.

Pada beberapa kasus, ada barang yang sama sekali tidak sampai ke pelanggan. Jika barang rusak biasanya yang disalahkan adalah penjual, bukan jasa kirim.

Pastikan kamu memilih jasa pengiriman barang yang memiliki kredibilitas dalam hal ini. Jasa kirim juga sebaiknya memiliki pilihan asuransi penggantian barang rusak atau hilang agar kamu bisa lebih tenang ketika mengirim barang yang harganya cukup mahal.

4. Biaya Pengiriman Terjangkau

Biaya pengiriman biasanya menjadi pertimbangan khusus bagi pelanggan sebelum berbelanja online. Jika ongkos kirim terlalu mahal, bukan tidak mungkin pembeli batal melakukan transaksi.

Jadi, pastikan kamu menggunakan jasa pengiriman yang menawarkan harga wajar. Usahakan juga untuk memberikan beberapa pilihan biaya kirim agar pelanggan memiliki pilihan. 

5. Layanan Beragam

Tips memilih jasa pengiriman bisa juga dengan melihat layanan yang tersedia. Setiap layanan biasanya juga ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, layanan ekspres harganya lebih mahal dari reguler tapi barang sampai lebih cepat. Ada juga layanan trucking yang melayani pengiriman barang-barang berat. Selain itu, kini sudah ada juga yang melayani pengiriman cash on delivery (COD).

Jika bekerja sama dengan satu jasa ekspedisi saja kamu sudah memiliki beberapa pilihan, tentu pilihan akan semakin banyak jika kamu bekerja sama dengan beberapa ekspedisi. Layanan yang beragam ini juga bisa membantu kamu untuk menawarkan variasi harga ongkos kirim yang sudah disebutkan sebelumnya.

6. Kemudahan Tracking

Tips selanjutnya adalah memilih jasa yang memiliki sistem bagus sehingga proses tracking mudah dan bisa dilihat secara real-time.

Pembeli biasanya tidak sabar menerima barang yang sudah dibayar. Mereka selalu ingin mengetahui keberadaan barang dan estimasi barang sampai.

Itu lah gunanya kamu memberikan nomor resi atau tracking number pada pelanggan. Jika barang sulit untuk di-tracking, pelanggan biasanya akan terus bertanya pada penjual dan ini dapat merepotkan kamu.

7. Jangkauan Pengiriman Luas

Semua orang tertarik untuk berbelanja online, bahkan yang juga tinggal di pelosok.

Kamu harus menggunakan jasa pengiriman yang jangkauannya luas agar toko kamu juga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan hingga ke pelosok. Sebelum mengirim barang ada baiknya kamu cek dulu apakah jasa ekspedisi tersebut bisa mengirimkan hingga alamat yang diinginkan.

Ada jasa yang tetap menerima pengiriman barang ke suatu daerah, tapi justru mengharuskan pelanggan mengambil barang di gudang dan tidak mengirimkan langsung ke alamat. Jika hal ini terjadi, tentu pelanggan sudah harus mengetahuinya sebelum barang dikirim.

Pilihan utamanya adalah tetap menggunakan jasa kirim yang bisa mengirimkan barang hingga ke depan pintu rumah pelanggan.

8. Memiliki Layanan Pick Up

Tips memilih jasa pengiriman yang terakhir adalah yang memiliki layanan pick up. Ini tentunya akan mempersingkat waktu kamu karena tidak perlu mengirimkan barang ke tempat jasa ekspedisi tersebut. Selain hemat waktu, layanan ini juga sangat berguna apabila barang yang kamu kirim banyak atau berat. 

Itu dia berbagai hal yang harus kamu pikirkan sebelum memilih jasa kirim untuk toko online kamu. Pada dasarnya semakin banyak pilihan jasa pengiriman, biasanya akan semakin menarik untuk pelanggan.

Kamu yang punya bisnis online juga bisa menggunakan berbagai jasa kirim dengan membuat website toko online di Praktisidigital. Ada banyak pilihan jasa kirim yang bekerja sama dengan Praktisidigital, sehingga akan memudahkan kamu dan pembeli dalam bertransaksi. Yuk, buat website toko online kamu sekarang!T