Endorse: Manfaat untuk Bisnis, Cara Kerja, Tips, dll


Endorsement atau endorse adalah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam bisnis online. Ini merupakan salah satu strategi marketing yang ampuh dalam meningkatkan penjualan. Ketahui selengkapnya mulai dari pengertian, manfaat untuk bisnis, cara kerja, dan tipsnya berikut ini!

Apa Itu Endorse?

Endorse artinya mendukung atau menerima dalam bahasa Inggris. Istilah lainnya adalah endorsement yang berarti dukungan.

Endorsement dalam bisnis online adalah dukungan untuk sebuah brand yang biasanya dilakukan oleh influencer atau KOL (key opinion leader) yang memiliki pengaruh pada masyarakat.

Pelaku bisnis dapat bekerja sama dengan influencer dengan memberikan produk secara gratis dan membayarkan sejumlah fee yang sudah ditentukan. Nantinya influencer akan menggunakan produk tersebut dan memberikan ulasan agar followers-nya tertarik dengan produk tersebut.

Manfaat Endorse untuk Bisnis

Sebagai salah satu strategi marketing paling banyak digunakan, endorsement memang memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Followers

Pertama, manfaat endorse adalah untuk mendapatkan lebih banyak followers.

Ketika pengguna media sosial penasaran dengan produk yang digunakan seorang influencer, biasanya dia akan mengunjungi akun dari brand tersebut dan mengikutinya untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.

Jumlah followers ini juga penting untuk meningkatkan kredibilitas sebuah toko online.

2. Produk Semakin Dikenal

Manfaat kedua adalah produk yang semakin dikenal. Influencer dapat menjangkau ribuan hingga jutaan pengguna media sosial dan sebagian dari orang tersebut akan melihat produkmu.

Apabila dipromosikan dengan konten foto maupun video yang bagus, tentu akan semakin banyak orang yang melihat unggahan tersebut dan jadi mengetahui keberadaan produk tersebut.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan terhadap sebuah brand dapat memengaruhi keputusan dalam pembelian. Tentunya sulit membuat seseorang percaya apabila orang tersebut belum mencoba sendiri produknya. Influencer atau KOL memiliki pengaruh tersendiri di masyarakat.

Ketika mereka menggunakan dan memercayai sebuah produk, sebagian followers-nya akan melakukan hal yang sama. Influencer ini juga umumnya merupakan seorang trendsetter, jadi banyak orang yang ingin menggunakan produk yang mereka endorse.

4. Meningkatkan Penjualan

Ketika followers dan kepercayaan terhadap brand sudah naik, tentunya penjualan juga akan naik seiring waktu. Maka dari itu, pilih juga waktu yang tepat ketika ingin mempromosikan produk dengan cara ini.

Misalnya melakukan ketika sedang launching produk baru atau saat sedang mengadakan diskon. Ini akan menjadi daya tarik yang bisa langsung membuat orang ingin membeli produk. Bisa juga menggunakan diskon referral seperti membagikan kode promo khusus dengan nama influencer yang diajak kerja sama.

5. Bahan Promosi

Ketika bekerja sama dengan influencer, feedback yang diberikan adalah berupa foto maupun video ulasan. Selain di-posting di akun milik influencer, nantinya konten ini juga bisa di-repost di akun media sosial brand atau online shop.

Online shop pun jadi memiliki bahan untuk promosi di media sosial yang bisa diunggah kapan saja. Bahkan ketika konten tersebut sudah tidak bisa dilihat di akun medsos sang influencer, pihak brand masih memiliki dokumentasi yang bisa dijadikan sebagai bahan promosi.

6. Bisa Dilakukan tanpa Uang

Strategi marketing ada banyak sekali jenisnya. Ternyata endorse adalah salah satu yang bisa diterapkan tanpa menggunakan uang. Ada nano dan micro influencer yang bersedia mempromosikan produk dan sebagai gantinya cukup diberikan produk secara gratis.

Jadi jika belum memiliki budget tambahan untuk membayar fee tambahan influencer, sebaiknya gunakan saja cara ini agar produk tetap dapat dipromosikan.

Cara Kerja Endorse

Cara kerja endorse dapat berbeda-beda, tergantung pada skala dari influencer, platform yang digunakan, dan ketentuan dari kedua belah pihak. Salah satu platform yang paling umum untuk praktik kerja sama ini adalah Instagram.

Apabila dirangkum, cara endorse selebgram secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Menghubungi contact person yang infonya tertera pada akun Instagram milik selebgram.
  2. Pihak selebgram akan memberi tahu tentang ketentuan endorsement. Biasanya di sini akan dijelaskan informasi tentang harga, produk apa saja yang diterima, hingga estimasi waktu produk akan dipromosikan.
  3. Setelah setuju, pihak brand dapat membayar fee yang ditentukan oleh pihak selebgram.
  4. Setelah itu, pihak brand memberikan pilihan produk yang bisa dipilih oleh selebgram, apabila selebgram ingin memilih sendiri produk yang dipromosikan.
  5. Pihak brand mengirimkan produk pilihan ke pihak selebgram sesuai dengan alamat yang diberikan.
  6. Pihak brand menunggu selebgram mengunggah postingan promosi dari barang tersebut.

Biasanya produk tidak segera di-posting karena adanya antrian dengan brand lainnya. Pihak brand bisa melakukan follow up terhadap selebgram apabila produk tidak kunjung dipromosikan hingga estimasi waktu yang diberikan sebelumnya.

Apabila tidak sesuai perjanjian, pihak brand juga bisa menuntut uang yang produknya untuk dikembalikan.

Tips Endorse Influencer

Sebelum memilih influencer untuk diajak bekerja sama, perhatikan tips berikut ini:

1. Pastikan sesuai Target Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan followers dari influencer tersebut cocok dengan target pasar. Misalnya yang ingin dipromosikan adalah produk pakaian wanita, berarti harus memilih influencer yang mayoritas followers-nya adalah wanita.

2. Sesuaikan dengan Budget

Ada banyak jenis influencer dengan tarif yang berbeda-beda. Sebaiknya sesuaikan dengan budget dan jangan memaksakan untuk menggunakan jasa influencer dengan followers jutaan karena bukan hanya jumlah followers saja yang berpengaruh.

3. Cermati dulu Akunnya

Jangan sembarangan menggunakan jasa influencer hanya dengan melihat jumlah followers karena jumlah tersebut bisa saja palsu. Perhatikan juga jumlah likes dan komentar pada setiap unggahannya. Apabila jumlahnya tidak seimbang dengan followers, bisa jadi karena followers palsu atau tidak aktif sehingga sebaiknya urungkan niat untuk endorse.

4. Pilih yang Kontennya Berkualitas

Isi konten yang ada pada akun influencer tersebut kurang lebih menggambarkan bagaimana cara mereka akan mempromosikan produk. Jika kontennya tidak terlihat menarik ketika mempromosikan produk serupa dengan brand-mu, sebaiknya jangan dipilih.

Selain konten yang bagus secara visual, perhatikan juga kualitas foto dan video karena ini juga akan memengaruhi seberapa banyak calon pelanggan yang akan tertarik.

5. Lihat Riwayat Endorsement

Layaknya sebuah bisnis, jasa endorsement juga bisa memiliki berbagai testimoni dari brand yang pernah menggunakannya. Ini merupakan salah satu hal yang wajib dicari tahu sebelum memutuskan untuk bekerja sama.

Jika banyak brand lain –terutama yang produknya serupa dengan produkmu– yang memberikan feedback positif, ini merupakan sebuah pertanda baik.

Itu dia berbagai hal tentang endorse yang adalah strategi marketing yang perlu diketahui. Sama halnya dengan strategi marketing lainnya, cara ini juga sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten oleh pelaku bisnis.

Jangan menyerah apabila baru mencoba sekali tapi efeknya belum maksimal. Lakukan kembali riset dan coba kembali!

Kamu juga bisa coba untuk memperluas bisnis dengan membuat website toko online. Kamu bisa buat website gratis di Praktisidigital. Dapatkan kemudahan bertransaksi untuk penjual dan pembeli dan datangkan semakin banyak pelanggan!