10 Tips Meningkatkan Repeat Order Toko Online


Setiap penjual tentunya menginginkan pelanggan loyal yang akan melakukan repeat order di toko miliknya. Mempertahankan pelanggan ini bisa lebih susah daripada mencari pelanggan baru. Berdasarkan hal tersebut, amu membutuhkan berbagai tips dan trik untuk dapat bisa memuaskan pelanggan sehingga pelanggan balik lagi ke toko kamu.

Apa Itu Repeat Order?

Arti repeat order dalam bahasa Indonesia adalah pesan ulang. Istilah yang cukup populer dalam jual-beli ini digunakan ketika seorang pembeli membeli kembali suatu barang di toko yang sama.

Contohnya kamu membeli snack di toko ABC, beberapa waktu setelah snack kamu habis, kamu membeli kembali di toko tersebut, maka disebut dengan repeat order. Biasanya pembeli akan melakukan order lagi karena merasa puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut.

Tips Meningkatkan Repeat Order Pembeli

1. Berikan Diskon untuk Pembelian Selanjutnya

Cara yang terbukti ampuh untuk meningkatkan repeat order adalah dengan memberikan diskon untuk pembelian selanjutnya.

Tentu saja ketika pada pembelian pertama pembeli diberikan diskon untuk pembelian selanjutnya, pembeli kemungkinan besar akan memanfaatkan diskon tersebut dengan baik. Jalan satu-satunya untuk memanfaatkan diskon adalah tentu saja dengan melakukan pembelian ulang di toko kamu.

Tidak harus selalu untuk produk yang sama, istilah repeat order juga berlaku jika pelanggan yang sama belanja di toko kamu, meskipun produk yang dibeli berbeda. Kamu bisa memberikan diskon ini dalam bentuk kode voucer unik.

BACA JUGA :  Apa Itu Bisnis F&B? Cek Struktur dan Tips Memulainya!

2. Pastikan Kualitas Produk Baik

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk membuat pembeli balik ke toko kamu lagi adalah dengan memastikan kualitas produk kamu baik. Jika produk yang kamu jual tidak sesuai ekspektasi pelanggan, tentu saja kemungkinan kecil pelanggan akan kembali lagi.

Jika produk kamu sesuai ekspektasi, bukan tidak mungkin pelanggan akan membeli lagi produk tersebut di toko kamu ketika membutuhkan. Bisa jadi pelanggan tersebut juga akan penasaran dengan produk kamu yang lain, sehingga tertarik untuk mencobanya.

3. Harga Barang Harus Kompetitif

Tips selanjutnya adalah memastikan produk kamu dijual dengan harga yang kompetitif. Jika harganya terlalu mahal, tentu pembeli bisa beralih pada toko yang punya harga lebih murah. Jika harga terlalu murah, bisa jadi pembeli akan berpikir produk kamu tidak bagus. 

Terutama ketika kamu berjualan online, pembeli tidak dapat langsung memegang produk kamu, sehingga mereka juga menilai dari harga yang ditawarkan. Harga yang terlalu rendah bisa membuat pembeli berpikir produk kamu kualitasnya rendah atau bahkan barang kamu palsu.

Baca Juga: 8 Cara Menentukan Harga Jual yang Mudah dan Efektif

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Hal lainnya yang enggak kalah penting untuk diperhatikan adalah pelayanan kepada pelanggan. Bayangkan kamu membeli produk yang sama dengan harga yang sama di dua toko yang berbeda, toko mana yang akan kamu pilih kembali? Jika kualitas produk dan harga sudah sama, tentu pertimbangan selanjutnya adalah pelayanan yang lebih baik kan.

Perlu kamu ketahui juga bahwa bagi sebagian orang pelayanan ini bahkan lebih penting dibandingkan harga. Banyak orang yang memilih berbelanja di toko yang penjualnya ramah namun harganya lebih tinggi dibandingkan toko yang barangnya lebih murah namun dengan penjual yang tidak ramah dan tidak responsif.

BACA JUGA :  Strategi Bisnis: Fungsi, Jenis, Komponen, Contoh, dll

5. Kirim Barang Tepat Waktu

Pengiriman barang tepat waktu ini merupakan salah satu bentuk dari pelayanan yang baik. Biasanya pembeli akan lebih memilih toko yang sanggup mengirim barang di hari yang sama dibandingkan yang harus makan waktu berhari-hari, namun bergantung pada jenis barangnya juga.

Hal yang penting diperhatikan adalah kamu harus mengirim barang sesuai dengan kesepakatan dengan pembeli. Jangan menjanjikan bisa mengirim barang cepat jika tidak dapat memenuhinya.

6. Berikan Freebies

Freebies atau barang gratis dapat beragam bentuknya. Salah satunya adalah bisa berbentuk sample dari produk lain yang kamu jual.

Contohnya kamu menjual snack, maka kamu bisa memberikan tester berupa kemasan kecil, sehingga pelanggan dapat mencoba dan mungkin akan tertarik dengan produk tersebut. Jika kamu menjual produk skin care, kamu mungkin bisa memberikan sample dalam bentuk sachet.

7. Pastikan Packaging Menarik

Tips meningkatkan repeat order selanjutnya adalah dengan memberikan packaging yang menarik. Bukan tidak mungkin lho pembeli berbelanja ulang karena tertarik dengan packaging dari produknya. Selain itu, packaging ini juga menjadi salah satu ciri khas brand kamu agar semakin mudah dikenal.

8. Minta Testimoni Pelanggan

Testimoni dari pelanggan dapat meningkatkan penjualan toko kamu. Selain itu, pelanggan juga jadi lebih merasa diperhatikan ketika kamu meminta pendapat mereka tentang produk kamu.

Kamu dapat mengumpulkan user generated content (UGC) di media sosial atau website kamu untuk dapat meningkatkan kredibilitas toko kamu. Maka dari itu, jangan ragu untuk meminta setiap pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka menggunakan produk kamu di media sosial. 

9. Adakan Program VIP

Program VIP ini bisa membuat pelanggan merasa spesial sehingga mereka ingin melakukan transaksi kembali di toko kamu. Program loyalitas pelanggan akan menilai siapa pelanggan yang melakukan transaksi paling banyak.

BACA JUGA :  Langkah Praktis Mencari Produk untuk Bisnis Online

Semakin sering bertransaksi, maka semakin banyak poin dan benefit yang didapat. Misalkan kamu bisa memberikan diskon khusus, merchandise, atau akses khusus untuk mencoba produk baru kamu sebelum resmi di-launching.

10. Gunakan Strategi Remarketing

Remarketing adalah strategi iklan yang targetnya adalah orang yang sudah pernah melakukan aktivitas di website toko online kamu. Khusus untuk meningkatkan repeat order, kamu bisa setting iklan ini untuk ditujukan pada andience yang memang sudah pernah bertransaksi di toko kamu.

Itu dia berbagai tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan loyal customer di toko kamu. Mau punya banyak customer yang repeat order? Pastikan kamu sudah punya website toko online yang memiliki fitur lengkap. Yuk, buat website untuk jualan online di Praktisidigital. Tersedia biaya berlangganan gratis selamanya!