Cara Memilih Partner Bisnis, Harus Punya 11 Kriteria Ini!


Memiliki partner bisnis bisa menjadi salah satu kemudahan untuk usaha yang sedang kamu jalani. Memang terkadang menjalani bisnis sendiri itu berat dan kamu membutuhkan orang lain dengan visi dan misi sama untuk menjalani bisnis tersebut bersama-sama. Tentunya tidak dapat sembarangan dalam memilih orang untuk bekerja sama dalam bisnis.

Apa Itu Partner Bisnis?

Partner bisnis adalah rekan yang memiliki bisnis bersama dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Ada beragam jenis kemitraan dengan pembagian tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda dan ini disesuaikan dengan kesepakatan bersama. 

Cara Memilih Partner Bisnis Terbaik

Tidak bisa sembarangan dalam memilih rekan untuk berbisnis. Ketika dua orang memiliki modal tertentu untuk berbisnis bersama, bukan berarti mereka dapat langsung cocok. Berikut adalah beberapa kriteria orang yang pantas dijadikan mitra bisnis:

1. Visi dan Misi Sama

Hal pertama yang perlu dipastikan ketika memilih rekan bisnis adalah visi dan misi yang sama. Tentunya sebuah bisnis memiliki tujuan dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Apabila tidak dapat sepakat untuk mencapai tujuan dengan langkah-langkah yang sama, tentunya bisnis tidak akan berjalan dengan baik dan bisa salah arah. Maka dari itu, sebelum memulai bisnis sebaiknya diskusikan dan matangkan lebih dulu visi dan misi yang akan menjadi pegangan nantinya.

2. Jujur dan Dapat Dipercaya

Cara memilih partner bisnis yang kedua adalah memastikan bahwa ia jujur dan dapat dipercaya. Ketika berteman dengan seseorang, sikap tidak jujur mungkin hanya akan mengganggu tanpa merugikanmu.

Beda ceritanya ketika berbisnis, tentunya ketidakjujuran akan sangat merugikan sebuah bisnis. Pilihlah orang yang dapat dipercaya sehingga kamu juga tidak akan selalu curiga dan menimbulkan suasana yang kurang nyaman.

3. Mampu Berkomitmen

Sama halnya seperti menjalin hubungan lain, hubungan rekan bisnis juga membutuhkan komitmen. Apalagi sebuah bisnis tidak bisa langsung berhasil dalam waktu singkat dan ada banyak tantangan saat menjalaninya. Bisnis hanya akan berhasil apabila kamu dan rekanmu memiliki komitmen untuk menjalani bisnis tersebut.

4. Solutif

Ini bisa dikatakan menjadi salah satu sifat yang memang wajib dimiliki oleh semua wirausaha. Bukan kamu saja yang harus solutif dan bisa mengambil keputusan dengan baik, tapi miliki juga rekan yang memiliki kualitas yang sama.

Jadi nantinya ketika dihadapkan dengan berbagai rintangan, kamu dan rekanmu akan dapat mencari jalan keluar terbaik agar bisnis dapat terus berjalan.

5. Bisa Saling Mengisi

Partner bisnis yang baik juga sebaiknya bisa saling mengisi kekurangan. Misalnya kamu memiliki kemampuan di bidang produksi dan partnermu memiliki kemampuan di bidang marketing, dengan begini tentunya kalian bisa saling melengkapi.

6. Mampu Bekerja Sama

Apabila tidak memiliki kemampuan kerja sama yang baik dan masih mementingkan ego masing-masing, tentunya bisnis tidak akan bisa berjalan. Pilihlah rekan yang bisa diajak berdiskusi dan bekerja sama sehingga dapat saling meringankan tugas masing-masing.

7. Terbuka Terhadap Kritik

Baik kamu maupun rekanmu harus sama-sama terbuka pada kritik yang membagun. Jika tidak maka bisnis tidak akan berkembang dengan baik. Keterbukaan ini nantinya akan membuat kamu dan rekanmu mampu untuk memperbaiki berbagai hal yang menjadi kelemahan dan kekurangan dari bisnismu.

8. Bertanggung Jawab

Jika salah satu orang meninggalkan tanggung jawabnya maka akan dapat berpengaruh pada bisnis yang sedang dijalani. Menjalani bisnis memang tidak mudah dan merupakan tanggung jawab yang besar.

Maka dari itu, pastikan kamu memiliki partner yang dapat bertanggung jawab sehingga tidak menghambat jalannya bisnis.

9. Punya Jiwa Wirausaha

Sikap yang satu ini juga harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Mindset dan jiwa wirausaha memang tidak dimiliki semua orang karena pada dasarnya profesi yang satu ini memang cukup menantang.

Tanpa adanya jiwa wirausaha, kamu dan rekan bisnismu dapat mudah menyerah ketika menjalani berbagai tantangan saat menjalani bisnis. 

10. Karakternya Cocok

Bukan berarti orang yang memiliki karakter berbeda tidak dapat bekerja sama, tapi hal ini tetap penting untuk diperhatikan. Apabila orang tersebut memiliki karakter yang tidak kamu sukai, sebaiknya hindari untuk bermitra.

Meskipun karakter tersebut tidak secara langsung berpengaruh pada pekerjaan, tapi ketidakcocokan ini tetap berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Sama halnya ketika berteman, tentunya tidak semua teman dapat menjadi teman dekatmu. 

11. Mampu Memberi Motivasi

Partner bisnis harus dapat saling memberikan motivasi dan bukan malah saling menjatuhkan. Ini lah yang nantinya menjadi kekuatan ketika menghadapi tantangan bisnis.

Jadi ketika kamu merasa ragu, ia dapat meyakinkanmu kembali dan begitu juga sebaliknya. Sikap positif ini sangat dibutuhkan untuk dapat menghadapi berbagai hambatan yang mungkin akan ditemui.

Itu dia berbagai tips cara mencari partner bisnis yang bisa diterapkan. Tidak semua orang bisa menjadi rekan bisnis, bahkan teman dekatmu sekalipun. Justru rekan bisnis ini membutuhkan lebih banyak kriteria lagi dibandingkan teman.

Jika sudah siap berbisnis dan kamu memutuskan untuk jualan online, segera kembangkan bisnis dengan buat website. Kamu bisa buat website jualan online profesional secara gratis di Praktisidigital. Cukup isi data diri, upload produk, dan kamu siap berbisnis!