Testimoni: Definisi, Jenis, Manfaat, Cara Mendapatkan


Testimoni adalah ulasan dari konsumen tentang produk, barang, atau jasa yang dibeli. Cek apa definisi, jenis, manfaat, hingga strateginya untuk meningkatkan nilai bisnis kamu. 

Apa Itu Testimoni?

Testimoni adalah ulasan atau review jujur dari konsumen yang menegaskan nilai dan kualitas suatu produk atau pelayanan jasa yang baru dibelinya. 

Konsumen yang puas atas keunggulan produk biasanya akan memberi rekomendasi sukarela agar orang lain juga membeli atau mencoba produk tersebut. Sebaliknya, konsumen yang kecewa akan memberi ulasan buruk atas brand tersebut. 

Review pembeli adalah salah satu strategi pemasaran efektif bagi pebisnis. Pebisnis harus meningkatkan kualitas produk/jasa yang ditawarkan plus menggunakan keahlian menjual yang tajam agar konsumen memberi ulasan baik bagi brand

Jenis Testimoni Pembeli

Kamu mungkin pernah memberi review setelah menggunakan produk tertentu. Bukan hanya kata-kata biasa, setidaknya ada 9 jenis review pembeli yang bisa pebisnis pakai sebagai teknik pemasaran terselubung, yaitu:

1. Quotes Review 

Ulasan pembeli yang dikemas dalam bentuk kutipan. Bisa dilengkapi dengan nama lengkap konsumen, foto, rating bintang, dan rekomendasi agar orang lain mau mengecek brand tersebut. 

2. Social Media Review

Ini adalah review pembeli yang paling penting dan berharga karena saat ini semua orang akan mengecek kualitas barang/jasa dari berbagai akun media sosial lebih dulu sebelum benar-benar membelinya. 

Review yang diunggah di media sosial biasanya berupa foto, video, dan dilengkapi dengan caption yang jelas. Warganet umumnya lebih jujur dalam memberikan testimoni produk.

3. Ulasan Konsumen Jujur 

Ini termasuk teknik promosi yang paling berpengaruh. Konsumen akan memberi ulasan jujur bila dia senang dengan produk/jasa tersebut, baik di platform brand, media sosial, website, dan membagikannya kepada semua orang yang dia kenal. 

Bila belum memiliki website, segera buat website toko online gratis di Praktisidigital untuk mengoptimalkan bisnis kamu dan menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Pembeli pun bisa memberikan ulasan di toko online kamu.

4. Influencer Review 

Influencers adalah sekelompok orang terkenal yang cukup berpengaruh di media sosial. Mereka bekerja untuk mempromosikan produk, termasuk memberi ulasan yang menarik untuk mendorong followers-nya membeli produk itu juga.

5. Blog Post Reviews

Konsumen yang juga seorang blogger cenderung akan menuliskan review panjang setelah menggunakan suatu produk. Ulasan dari blogger juga sering menjadi acuan pelanggan baru untuk memengaruhi keputusan pembelian.

6. Video Review

Ulasan yang dibuat dengan format video. Ini termasuk video:

  • Unboxing produk.
  • Mencoba makanan.
  • Memakai produk pakaian. 
  • Menggunakan produk lainnya.

Kamu bisa mempublikasikan video review di media sosial, baik dibuat oleh profesional atau konsumen asli. Calon pelanggan baru biasanya cukup terpengaruh oleh video review. 

7. Serial Dokumenter 

Ini adalah bentuk review pembeli yang lebih profesional, biasanya disiapkan oleh owner (pemilik bisnis) yang bekerjasama dengan media iklan dan influencers lainnya. 

Isi dari serial dokumenter tersebut untuk memperkenalkan produk, cara menggunakan produk, atau lebih jelas tentang kualitas produk tersebut. 

8. Liputan Media

Pengaruh media sangat tinggi dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen dan meningkatkan brand awareness suatu merek. 

Ini bisa berupa liputan media asli dari launching produk baru maupun bekerjasama dengan suatu media untuk mengangkat promosi produk tertentu. 

9. Studi Kasus

Ulasan produk berupa studi kasus dimana owner atau brand ambassador menjelaskan tentang transformasi produk atau bagaimana pelanggan lain puas akan kualitas produk atau pelayanan yang ditawarkan. 

Manfaat Testimoni Pembeli untuk Bisnis

Ulasan produk memiliki fungsi penting sebagai media promosi dan memengaruhi keputusan pembelian. Calon konsumen baru biasanya akan ragu membeli bila produk itu memiliki review buruk atau tidak ada review sama sekali. 

Berikut ini manfaat review pembeli bagi perkembangan bisnis:

1. Media Promosi Gratis 

Bila banyak konsumen memberi ulasan bagus secara sukarela, itu menjadi media promosi gratis yang cukup efektif. Orang lain akan melihat review tersebut hingga akhirnya tertarik untuk membeli produknya. 

2. Meningkatkan Kepercayaan 

Beberapa orang tidak percaya pada iklan yang dibuat secara profesional karena pasti sudah didesain untuk menonjolkan sisi baik dari produk—yang belum tentu benar. 

Sementara review pembeli asli dinilai lebih jujur. Berbagai bentuk review pembeli dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen bahwa produk itu benar-benar bagus dan berkualitas. 

3. Memperkuat Branding Produk 

Kamu sebagai pemilik brand mengklaim produk itu bagus, maka review pembeli akan memperkuat klaim produk tersebut dengan sudut pandang yang lebih jujur dan mudah diterima. 

4. Memberi Komparasi yang Jujur 

Konsumen akan memberi review berupa komparasi dengan brand sejenis. Misalnya, konsumen mengatakan bahwa roti A lebih lembut dari roti B. 

Calon konsumen baru akan mendapat wawasan lebih jelas tentang produk tersebut dibandingkan kompetitor lainnya. 

5. Mendengar Masukan Konsumen 

Para konsumen juga cenderung akan memberi masukan atau saran pada owner untuk meningkatkan produk atau memberi ide baru dalam ulasan mereka. Ini bisa menjadi evaluasi bagi penjual. 

Cara Mendapatkan Testimoni Positif

Setidaknya 88% konsumen online akan memutuskan untuk membeli suatu barang atau jasa setelah melihat review positif. 

Berikut ini beberapa tips mendapatkan ulasan positif dari konsumen:

1. Menjaga Kualitas Produk 

Apapun produk yang dijual dan bagaimanapun bentuk bisnisnya, harus selalu menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan layanan jasa yang ditawarkan. 

Produk yang bagus akan membuat konsumen puas dan melakukan pembelian berulang. Konsumen juga akan memberikan review positif secara sukarela. 

2. Aktif di Media Sosial 

Kamu bisa tetap terkoneksi dengan konsumen melalui media sosial. 

Saat ini konsumen juga sering mengunggah review di media sosial yang bisa kamu kumpulkan dan repost untuk menjadi acuan bagi calon pembeli lain tentang produk-produk kamu. 

3. Memberi Respons Positif 

Bukan hanya mengunggah konten produk dan promosi, kamu juga harus menanggapi berbagai komentar, pertanyaan, dan respons konsumen.

Bahkan bila konsumen memberi ulasan buruk, kamu harus tetap menanggapinya dengan positif sebagai bahan evaluasi. Plus, berikan konsumen yang tidak puas penawaran baru atau hadiah kecil agar tidak pergi begitu saja.

4. Melakukan Kerjasama 

Kerja sama dengan influencers, blogger, atau media lain untuk membuat ulasan positif tentang produk dari bisnis kamu lalu diunggah ke media sosial atau media iklan lainnya. Ini akan membantu meningkatkan brand awareness dan mempromosikan produk.

Mau mendapatkan testimoni atau ulasan dari pembeli untuk produk kamu? Segera buat website untuk jualan secara gratis hanya di Praktisidigital. Tanpa syarat apapun!