10 Tips Jual Sayur Online, Potensial untuk Pebisnis Pemula!


Jual sayur online bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Belum banyak yang mencoba bisnis sayuran online dan kebanyakan masih memasarkannya secara konvensional. Tertarik mencobanya? Cek dulu tipsnya!

Tips Jual Sayur Online untuk Pemula 

Sayur adalah bahan makanan yang penting untuk kesehatan. Permintaan akan sayuran selalu tinggi dan hampir bisa dipastikan akan selalu laris. 

Masyarakat juga ingin kemudahan membeli berbagai jenis sayuran segar, jadi memulai bisnis jualan sayur online adalah ide yang cemerlang.  Memulai bisnis ini pun tidak perlu modal banyak.

Berikut ini beberapa tips bisnis sayuran online untuk pemula atau anak mudah yang mau memulai usahanya: 

1. Tetapkan Jenis Sayur yang Akan Dijual

Kamu harus menetapkan menjual jenis sayuran apa saja. Sangat bagus bila bisa menyediakan semua jenis sayuran, namun di awal-awal tidak apa-apa hanya menjual komoditas sayuran yang umum terlebih dulu. 

Jenis sayuran yang paling sering dikonsumsi sehari-hari adalah bayam, kangkung, wortel, sawi hijau dan putih, jagung, tomat, kentang, terong, dan kol. Sediakan juga bumbu-bumbuan lengkap untuk dijual. 

2. Cari Vendor Sayur yang Kredibel

Hal penting saat jual sayur online adalah cari vendor atau supplier.

Bila sudah menetapkan jenis sayuran pokok, maka akan lebih mudah untuk mencari vendor yang menyediakan sayuran segar siap sedia sejak pagi buta untuk kamu jual kembali. 

BACA JUGA :  7 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama agar Lebih Untung

Hal utama yang harus diperhatikan saat menjual bahan pokok makanan adalah kualitasnya dan ketepatan waktu. Bila salah memilih supplier, itu akan sangat merugikan baik untuk kamu atau konsumen. 

Kamu bisa bekerja sama dengan petani lokal atau pedagang di pasar besar terdekat. Mereka juga bisa memberikan harga grosir yang terjangkau. 

3. Pilih Metode Belanja Sayur yang Paling Efisien 

Pertimbangkan untuk mulai bisnis sayuran online dengan sistem pre-order. Pre-order adalah sistem penjualan di mana konsumen dapat memesan lebih dulu dan pedagang menyediakannya sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

Ini akan sangat memudahkan kamu, menilik kondisi sayur harus selalu segar. Kamu tidak perlu menyetok terlalu banyak jenis sayur dengan risiko sayur tidak segar atau bahkan busuk. 

4. Jangan Lupa Sediakan Kulkas Khusus 

Jualan sayur secara online bukan berarti kamu tidak memerlukan peralatan pendukung, seperti kulkas atau freezer dan boks penyimpanan kedap udara. 

Kamu juga harus belajar mengorganisir barang dagangan dan selalu memeriksa kesegaran sayur. Jangan menyimpan sayur dengan bahan makanan lain karena akan meningkatkan proses kelayuan sayur!

5. Pakai Jasa Pengiriman yang Cepat dan Praktis 

Pikirkan bagaimana kamu akan mengirim sayur yang sudah dipesan secara online ke konsumen tepat waktu. 

Kamu bisa mengantarnya sendiri bila jaraknya dekat. Pengiriman dengan jasa ojek online juga cukup cepat dan tepercaya. 

Kamu juga harus pikirkan cara pengemasan yang baik agar sayur tidak rusak atau malah jadi busuk dalam perjalanan. Begini cara mudah bungkus sayur:

  • Bungkus dengan kertas atau plastik berlubang. 
  • Masukkan ke kotak es untuk pengiriman dengan jarak yang cukup jauh.

6. Buat Website untuk Jualan Online

Website toko jualan akan membantu kamu dalam memasarkan produk jualan dan menjangkau lebih banyak konsumen. 

BACA JUGA :  8 Cara Memulai Bisnis Souvenir Modal Kecil untuk Pemula

Konsumen bisa dengan mudah mengakses informasi harga, deskripsi produk, atau keterangan lainnya terkait brand kamu. Ini juga menunjukan profesionalisme dan kredibilitas bisnis kamu. 

Optimalkan bisnis jual sayur online dengan membuat website toko untuk jualan secara gratis di Praktisidigital. Tersedia beragam metode pembayaran dan pengiriman. 

7. Branding Melalui Sosial Media 

Bisnis sayuran online juga butuh branding. Branding adalah strategi untuk membuat konsumen mengingat dan mampu mengidentifikasi brand atau produk dengan mudah. 

Sebuah pencitraan baik agar produk-produk dalam usaha bisnis kamu melekat di benak konsumen. 

Mulai branding dengan membuat logo, maskot, slogan, mendesain kemasan produk yang menarik, serta terus melakukan promosi online

Jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan audience di sosmed agar tetap terkoneksi dengan baik. Pastikan untuk selalu dengarkan kritik dan saran untuk meningkatkan performa. 

8. Buat Kategori Jenis Sayur

Tujuan jualan sayur online adalah memudahkan konsumen mendapatkan sayuran segar untuk dikonsumsi, tanpa perlu keluar rumah atau repo-repot memilih sayuran. 

Selain menjual sayur satuan, coba buat kategori jenis sayur berdasarkan menu dan porsi makanan. Sangat memudahkan konsumen yang bingung mau masak apa hari ini. 

Contoh kategori jenis sayur: 

  • 1 paket sayur sop untuk 3-4 porsi. 
  • 1 paket sayur asem untuk 5-6 porsi.
  • 1 paket sayuran untuk capcay 1-2 porsi. 
  • 1 paket sayur bayam dengan jagung dan wortel untuk 3-4 porsi. 

Buat kategori lainnya sesuai dengan menu favorit keluarga. Setiap paket itu terdiri dari semua jenis sayur dan bumbu lengkap untuk dimasak langsung. 

Ikuti tips jual sayuran online untuk pemula tersebut agar sukses! 

9. Promosi Itu Penting 

Jangan ragu-ragu untuk melakukan promosi demi memperkenalkan brand, menumbuhkan kepercayaan, dan menarik perhatian calon konsumen.

BACA JUGA :  16 Keuntungan Menjadi Pengusaha, Bukan Hanya Cuan!

Coba berbagai strategi promosi, seperti potongan harga untuk pembeli pertama, fitur gratis ongkir, beli 2 dapat 1, atau hadiah gratis lainnya.

Kamu harus menggali ide promosi yang cemerlang sembari menghitung biaya promosi tersebut. Lakukan teknik pemasaran dan promosi sesuai kebutuhan dan kemampuan. 

10. Improvisasi dan Berikan Pelayanan Terbaik

Lakukan bisnis sayuran dengan sepenuh hati. Tujuannya memang untuk mencari peluang dan keuntungan, namun tidak boleh mengesampingkan kualitas produk dan pelayanan.

Terus lakukan improvisasi untuk memenuhi kebutuhan komoditas sayuran terbaik untuk konsumen. Terus cari formula bisnis yang sesuai dengan tujuan kamu dan jangan menyerah. 

Jual sayur secara online adalah ide bisnis baru yang potensial. Terlebih lagi di era pandemi di mana masyarakat harus membatasi aktivitas di luar, namun harus tetap memenuhi kebutuhan gizi dengan makan sayur setiap hari.

Jangan lupa untuk maksimalkan pemasaran dengan buat website toko online di Praktisidigital. Kamu bisa punya website gratis selamanya tanpa syarat apapun. Cukup daftar Praktisidigital, lengkapi data diri, dan langsung upload minimal 3 produk!