11 Kesalahan dalam Berbisnis para Pengusaha Pemula


Pernah coba bisnis, tapi gagal dan malah rugi? Jangan-jangan kamu melakukan kesalahan dalam berbisnis yang tidak disadari. Biasanya hal ini dilakukan oleh para pengusaha atau pebisnis pemula. Apa saja? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam artikel ini!

Kesalahan Pebisnis Pemula yang Sering Dilakukan 

Siapapun tentu ingin dapat untung besar dalam berbisnis. Memiliki konsep bisnis saja tidak cukup, kamu harus tahu celahnya dan tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan. Modal besar saja tidak cukup, berikut ini kesalahan berbisnis yang harus dihindari:

1. Perencanaan Bisnis Kurang Matang

Perencanaan bisnis online memang tidak serumit membangun sebuah perusahaan besar. Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak membutuhkan rencana yang matang. Pastikan kamu sudah punya beberapa rencana untuk menghindari kegagalan dari rencana yang telah dijalankan.

2. Tujuan Bisnis Kurang Jelas

Sudah yakin dengan tujuan bisnis yang kamu punya? Jangan sampai berbisnis karena ikut-ikutan teman atau keluarga. Kamu harus punya tujuan yang jelas agar bisa membuat bisnis jadi lebih terstruktur. Kalau kamu tidak memiliki tujuan yang jelas, maka bukan tidak mungkin bisnismu tidak bertahan lama.

3. Pebisnis Pemula Kurang Memahami Konsumen

Memulai bisnis bukan hanya karena keinginan kamu saja, namun sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen. Terkadang pebisnis mengeluarkan inovasi baru, namun sebetulnya inovasi tersebut tidak diminati banyak konsumen. Kalau begitu, tentu saja bisnismu akan sulit berkembang.

4. Kurang Promosi

Promosi bisa dilakukan secara offline dan online. Promosi offline gratis yang bisa dilakukan yaitu dengan mempromosikan kepada keluarga dan teman. Jika kamu punya modal lebih, kamu bisa mencetak dan membagikan brosur. Kemudian untuk promosi online, kamu bisa memanfaatkan media sosial. 

5. Tidak Memaksimalkan Media Sosial

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu bisa memaksimalkan promosi di media sosial. Bukan hanya post foto atau video, tapi kamu juga bisa pasang iklan di media sosial. Sebagai contoh, kamu bisa membuat facebook ads atau instagram ads. Cobalah dengan budget yang minim sebagai percobaan.

6. Mengabaikan Customer Service

Kesalahan dalam berbisnis yang satu ini nampaknya banyak dilakukan. Tak jarang usaha yang dirintis tidak memiliki layanan customer service, sehingga respons terhadap calon penjual jadi lama. Selain itu, banyak pebisnis yang menganggap bahwa urusan dengan customer sudah selesai ketika melakukan pembayaran. Sebetulnya kamu bisa menjalin relasi baik agar mereka bisa kembali menggunakan jasa/membeli produk kamu.

7. Manajemen Keuangan Kurang Baik

Tidak semudah kelihatannya, mengatur keuangan untuk bisnis adalah hal yang sulit. Sebagai contoh, seringkali pebisnis online pemula ingin bisnisnya dikenal. Biasanya, banyak yang mengeluarkan banyak uang untuk meningkatkan brand awareness dan iklan online tanpa memperhitungkan dengan bijak. Sebenarnya hal ini tidak salah, namun kamu harus hati-hati dalam memperhitungkannya.

8. Sulit Menerima Saran dan Kritik

Memiliki idealisme yang tinggi membuat beberapa pebisnis pemula sulit menerima kritik dan saran. Banyak yang ingin mengembangkan bisnis sesuai dengan keinginan mereka tanpa melihat peluang yang ada. Oleh karena itu, sebaiknya terima saran dan kritik dari segala kalangan, mulai dari rekan kerja hingga konsumen.

9. Relasi Bisnis Sedikit

Relasi bisnis adalah salah satu pihak yang penting dalam memulai bisnis. Jika kamu tidak memperluas relasi, maka tentu akan sulit membuka peluang usaha. Ada baiknya kamu mulai memperluas koneksi dan relasi, terutama kepada sesama pebisnis.

10. Terlalu Mudah Percaya

Jangan sampai usaha hancur karena melakukan kesalahan dalam berbisnis yang satu ini. Percaya terhadap rekan bisnis atau pegawai adalah hal yang baik. Meskipun demikian, sebagai seorang pebisnis pemula kamu harus berhati-hati. Kamu juga harus lebih jeli untuk melihat situasi dan kondisi sekitar agar tidak menjadi koran penipuan atau dimanfaatkan orang lain.

11. Ingin Cepat Sukses 

Tak jarang pebisnis pemula ingin cepat sukses. Berkaitan dengan hal ini, kamu harus realistis. Perlu disadari bahwa bisnis yang sukses tentu butuh proses. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk fokus terhadap tujuan dan apa proses sedang dikembangkan. Kesuksesan pun bisa diraih cepat atau lambat tergantung dengan apa yang kamu lakukan.

Itu dia beberapa kesalahan pebisnis pemula yang harus kamu ketahui dan hindari. Jika sudah tahu mau bisnis apa, jangan lupa membuat website bisnis untuk meningkatkan brand awareness. Tidak perlu coding, kamu bisa buat website toko online di Praktisidigital. Coba sekarang!