11 Alasan Harus Memulai Bisnis, Jangan Ditunda!


Masih mencari alasan harus memulai bisnis sendiri? Kapan pun kamu bertanya, jawaban terbaiknya akan selalu sama, yaitu “sekarang juga!”. Lebih cepat kamu mulai, tentunya akan lebih cepat juga kamu sukses dalam berbisnis. Yakin mau menyia-nyiakan peluang untuk menambah penghasilan?

Berbagai Alasan Harus Memulai Bisnis sejak Dini

1. Lapangan Kerja Terbatas

Badan Pusat Statistik mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia mencapai 6,26% pada Februari 2021. Angka ini memang menurun 0,81% dibandingkan Agustus 2020, namun tidak dapat dipungkiri angka tersebut masih cukup besar.

Persaingan kerja yang sangat ketat, ditambahnya kasus PHK yang ramai selama pandemi ini bisa menjadi salah satu alasan harus mulai bisnis sendiri. Jangan buang waktumu terlalu banyak hanya untuk menunggu adanya panggilan kerja. Lebih baik mulai pertimbangkan berbisnis dari sekarang!

2. Mengembangkan Kemampuan

Banyak orang yang menjadikan “ingin mencari pengalaman” atau “ingin meningkatkan skill” sebagai alasan untuk melamar sebuah pekerjaan. Dibandingkan meyakinkan HRD akan hal tersebut, ada baiknya kamu mulai meyakinkan diri sendiri bahwa berbisnis juga akan memberikanmu banyak pengalaman dan kesempatan mengembangkan kemampuan.

Tanpa disadari, ketika menjadi pemilik bisnis, pengalaman yang kamu dapat mungkin akan lebih banyak. Kamu harus mengetahui bisnismu dari A-Z, berurusan dengan banyak orang, hingga mungkin bisa sampai memiliki karyawan.

3. Bisa Berkreasi Tanpa Batas

Sebagai karyawan, kamu bisa menjadi sosok yang kreatif, tapi tentu selalu ada batasan yang harus kamu perhatikan. Sebagai pemilik bisnis, tidak akan ada yang bisa membatasi kreativitasmu. Apa pun ide yang kamu miliki, kamu bisa dengan bebas mencoba untuk mewujudkannya.

4. Belajar untuk Lebih Mandiri

Alasan harus memulai bisnis selanjutnya adalah bisa membantu kamu lebih mandiri dalam hal kepribadian dan finansial. Tentu saja kamu tidak dapat selalu bergantung pada orang tua atau mungkin orang lain. Kamu juga akan belajar mengelola uang dengan lebih bijak ketika kamu merasakan sendiri bahwa mencari uang itu bukan hal mudah dan butuh perjuangan.

5. Mewujudkan Mimpi

Bekerja untuk orang lain ibarat membantu orang tersebut untuk mewujudkan mimpinya. Lalu, bagaimana dengan mimpimu sendiri?

Mimpi setiap orang memang berbeda-beda dan bukan berarti tidak dapat diwujudkan jika kamu bekerja untuk orang lain. Perlu diingat, kamu memiliki power yang lebih besar ketika menjalani bisnismu sendiri. Kamu lah si pembuat keputusan. Ini dapat memberikan kamu kesempatan untuk dapat mewujudkan lebih banyak keinginanmu.

6. Bekerja dan Bisnis Sama-Sama Berisiko

Alasan lainnya yaitu karena bekerja dan usaha sendiri sama-sama memiliki risiko. Ya, banyak orang yang merasa menjadi karyawan lebih aman dibandingkan menjalani bisnis sendiri. Faktanya, ada banyak risiko juga yang menghantui kamu ketika bekerja pada orang lain.

Contohnya, perusahaan tempatmu bekerja juga memiliki risiko untuk bangkrut dan kemungkinan tentang ini lebih sulit kamu tebak karena kamu hanya karyawan biasa. Jika kamu adalah pemilik bisnis, maka kamu akan lebih tahu kondisi internal dan dapat mengambil langkah antisipasi.

7. Bisa Dapat Penghasilan Lebih Besar

Ini dia alasan yang lebih kuat untuk kamu memulai bisnis. Bekerja untuk orang lain dan berbisnis sama-sama memiliki risiko, tapi ketika berbisnis kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar atau bahkan berkali lipat.

Tidak perlu takut dengan risiko yang makin besar ketika bisnismu makin besar. Kamu bisa mengantisipasi berbagai risiko tersebut apabila kamu belajar mengelola keuangan dengan baik.

8. Waktu yang Lebih Fleksibel

Jam kerja yang tidak karuan menjadi keluhan banyak karyawan terutama di masa work from home ini. Jika kamu lebih menyukai pekerjaan dengan waktu yang fleksibel, berbisnis akan menjadi pilihan yang tepat.

Kamu dapat menentukan sendiri kapan waktu di mana kamu dapat produktif dan kapan kamu memerlukan istirahat. Bekerja di waktu yang tepat dapat membuat produktivitas semakin meningkat, lho!

9. Membuka Lapangan Pekerjaan

Punya bisnis sendiri adalah satu-satunya jalan kamu membuka lapangan pekerjaan. Sebaik-baiknya manusia tentunya yang berguna bagi orang lain, ‘kan?

Nah, ini dia salah satu kesempatan kamu untuk dapat berguna bagi orang lain. Segera mulai rintis usaha sejak dini untuk bisa mewujudkannya. Tentu nantinya ini juga akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk hidupmu.

10. Banyak Peluang

Semakin hari peluang bisnis semakin banyak dan terbuka lebar. Pada dasarnya peluang itu memang selalu ada, namun pertanyaannya: kapan kamu bisa melihat dengan jelas dan memanfaatkan peluang tersebut.?

Contohnya, di masa pandemi ini yang mengharuskan kita untuk di rumah saja. Tentunya, semakin banyak orang yang berbelanja online. Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan ikut meramaikan pasar online.

11. Kemudahan dalam Membangun Bisnis

Membangun bisnis itu tidak sulit, apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini. Semua orang dapat berjualan jika ingin. Hal yang kamu perlukan adalah strategi bisnis yang tepat agar bisnismu ini bisa sukses.

Cara memanfaatkan teknologi untuk bisnis adalah dengan membangun toko online-mu di website dan social media. Setelah itu, upload katalog produkmu dengan sebaik dan sejelas mungkin.

Awasi stok barangmu dengan ketat dan pastikan kamu menampilkan dengan jelas produk mana yang available dan yang sudah habis agar pembeli dapat memilih dengan lebih mudah. Buat pelayanan tokomu sebaik mungkin agar pelanggan puas!

Kalau masih bingung bagaimana cara membuat website untuk toko online, kamu bisa membuatnya di Praktisidigital. Cukup daftar gratis di Praktisidigital, kamu bisa bikin website untuk jualan online tanpa harus bisa coding. Cukup upload produk dan update katalog belanja toko kamu!