12 Cara Jual Tas Online bagi Pemula agar Banyak Pembeli


Jual tas online menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Permintaan konsumen untuk tas mulai dari tas sekolah hingga tas branded selalu tinggi. Cek cara bisnis tas online berikut ini! 

Cara Jual Tas Online agar Cepat Sukses 

Bisnis online memungkinkan kamu untuk jualan berbagai produk dengan lebih mudah dan praktis, serta mendapat lebih banyak keuntungan daripada bisnis konvensional.

Salah satu produk yang paling banyak diminati adalah tas, mulai dari jenis tas sekolah, tas kulit, tas bermerek, hingga jenis tas lainnya. Bila tertarik untuk jualan tas, cek cara bisnis tas online berikut ini: 

1. Tentukan Target Pasar 

Pertama, kamu harus menentukan target pasar untuk produk-produk tas yang dijual. Bila mengincar segmentasi pasar menengah atas, kamu bisa jual tas kulit online, tas bermerek, atau tas wanita mahal. 

Sementara itu, bila mau merangkul segmentasi kelas menengah dan ke bawah, sediakan tas dengan harga terjangkau sesuai dengan kualitasnya. Peminat tas paling tinggi untuk kalangan wanita, jadi sediakan lebih banyak pilihan tas wanita. 

2. Tentukan Jenis Tas yang Dijual 

Ada banyak jenis tas dengan segmentasi pasar masing-masing, termasuk: 

  • Backpack atau tas punggung.
  • Waist bag atau tas pinggang. 
  • Tas sekolah atau tas anak-anak.
  • Mini backpack atau tas pinggang berukuran kecil. 
  • Totebag yang saat ini banyak diminati kalangan anak muda. 
  • Clutch, tas kecil tanpa tali.
  • Quilted bag.
  • Sling bag. 
  • Envelope bag.
  • Shoulder bag.
  • Minaudiere bag.
  • Cross body backpack.

Ada juga jenis tas pria seperti carrier bag, tas ransel, tas selempang, tas hobo, briefcase, dan lainnya. 

Tentukan jenis tas apa yang mau dijual atau memang ingin menjual semua jenis tas lengkap. Setelah itu, tentukan merek tas apa saja atau bila kamu mau produksi tas sendiri. 

3. Gunakan Media Sosial

Media sosial menjadi wadah bagi pebisnis untuk memperkenalkan produk-produk jualannya secara online

Unggah foto, video, konten, dan informasi produk tas jualan kamu setiap hari di medsos. Bahkan kamu bisa jual tas bekas import online dan jenis tas lainnya via media sosial juga. 

4. Bergabung dengan E-Commerce

Platform e-commerce adalah wadah untuk jualan online yang terpercaya. Mempertemukan penjual dan pembeli dengan cara yang praktis.

Baca seksama tentang aturan dan pelajari cara transaksi di platform tersebut. Ikuti juga berbagai event dan promo yang berlaku di e-commerce itu. 

5. Buat Website Toko Online

Walaupun sudah menggunakan media sosial dan platform e-commerce untuk mempromosikan bisnis tas online, kamu tetap direkomendasikan untuk membuat website toko online

Website toko online dapat memuat seluruh informasi produk tas secara lengkap, termasuk informasi brand kamu. Ini membuat brand kamu terlihat lebih profesional dan kredibel. 

Bila tidak tahu caranya, buat website toko online saja di Praktisidigital mudah dan gratis. Cukup unggah minimal 3 produk jualan dan kamu sudah punya website toko online yang kompeten. 

6. Ambil Produk dari Vendor Terpercaya

Membeli produk dari vendor atau toko grosir akan lebih murah, namun pastikan pilih vendor yang terpercaya. Mungkin juga kamu harus kerja sama dengan produsen brand tas tersebut. 

7. Produksi Tas Sendiri 

Cara jual tas online produksi sendiri dengan membuat desain tas dengan ciri khas sendiri. Ini akan menjadikan brand kamu autentik, unik, dan berbeda dari brand tas lainnya. 

Kamu juga menghidupkan pengrajin lokal dan mempromosikan produk dalam negeri dengan kualitas bagus. 

8. Buat Strategi Branding 

Branding adalah usaha untuk memperkenalkan produk dan brand kamu dan seberapa kenal audiens pada brand kamu. Strategi Branding dilakukan dengan memantapkan desain, logo, tagline, dan warna yang merepresentasikan brand kamu.

Produk-produk berkualitas baik yang dirilis dan dipromosikan juga dapat menciptakan citra positif bagi konsumen. Kamu juga bisa menggunakan media sosial dan website untuk meningkatkan brand awareness toko online kamu.

9. Buat Strategi Promosi 

Jualan tas online dengan penawaran promosi untuk menarik perhatian konsumen. Semua calon konsumen pasti suka produk yang banyak diskon, berhadiah, atau mendapatkan voucher tambahan. 

Manfaatkan juga promosi yang ditawarkan dari e-commerce, misalnya pada saat harbolnas atau flash sale. Sesuaikan rencana promosi dengan kebutuhan, kemampuan, dan target brand

10. Bekerja Sama dengan Pihak Ketiga

Kamu juga dapat mempromosikan produk-produk tas brand kamu dengan pihak ketiga, misalnya perusahaan agensi periklanan. Selain itu, kamu juga bisa merekrut artis dan influencers untuk membantu mempromosikan produk jualan kamu di media sosial.

KOL (Key Opinion Leader) dan brand ambassador juga diperlukan sebagai representasi dari brand kamu untuk memperkenalkan produk dan memberi informasi terkait. 

11. Menjaga Kualitas Produk 

Cara jual tas online tentu saja dengan menjaga kualitas produk. Jangan coba-coba menipu pembeli secara online, ya! 

Pastikan produk tas yang kamu jual kualitasnya bagus sama persis seperti di gambar dan deskripsi yang dijelaskan. 

Jangan menjual barang original yang ternyata palsu saat tiba di tangan konsumen. Jangan juga memberikan banyak diskon tapi ternyata produknya memang jelek.

12. Ikuti Tren 

Apa jenis tas yang sedang diminati di dunia fashion saat ini? Kamu harus menjual model tas terbaru agar tidak ketinggalan pasar. Konsumen juga akan menjadi langganan di toko online kamu bila produknya up to date. 

Itulah pembahasan lengkap tentang cara bisnis tas online. Manfaatkan kemajuan internet dan perkembangan dunia digital marketing untuk berbisnis. 

Kamu bisa meraih banyak keuntungan dari jual tas online bila jujur dan giat. Buat bisnis online kamu lebih tepercaya dan banyak pembeli dengan punya website khusus jualan.

Segera buat website toko online gratis di Praktisidigital. Tanpa syarat apa pun dan tanpa coding, kamu langsung bisa berjualan setelah upload produk.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berbisnis!