Inovasi Bisnis: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips


Inovasi bisnis adalah salah satu upaya untuk membuat bisnis tetap eksis, maju, dan terus berkembang. Berikut ini informasi tentang pentingnya inovasi dalam bisnis dan tips inovasi berbisnis agar usaha bertumbuh pesat. 

Apa Itu Inovasi Bisnis?

Inovasi bisnis adalah proses penerapan ide-ide baru, kreativitas, dan gagasan segar terkait peningkatan produk atau layanan dari suatu brand. Tujuan inovasi dalam berbisnis tentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, mendapatkan keuntungan, dan tetap eksis dalam persaingan pasar. 

Setiap pengusaha apapun bidang usahanya harus selalu melakukan inovasi dari waktu ke waktu untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kesuksesan usaha. Tidak boleh cepat puas dan berhenti berinovasi karena persaingan bisnis sangat ketat. 

Pentingnya Inovasi dalam Bisnis 

Keuntungan bagi perusahaan yang selalu melakukan inovasi, termasuk:

1. Menjaga Keutuhan Bisnis 

Banyak brand yang berhenti berinovasi dan mereka tenggelam begitu saja di dalam persaingan pasar yang pesat. Inovasi berarti terus mencari ide dan pembaharuan agar bisnis kamu sesuai dengan pasar dan kebutuhan konsumen. 

2. Menjadikan Bisnis Unggul dari Kompetitor 

Berinovasi untuk memproduksi atau menyediakan produk/jasa yang lebih baik dari kompetitor atau setidaknya sama levelnya dengan kompetitor. Menjadikan brand kamu tetap diperhitungkan di ranah bisnis tersebut. 

3. Memenuhi Kebutuhan Konsumen 

Brand kamu tidak akan menonjol dan dilirik oleh konsumen bila tidak ada peningkatan kualitas produk/jasa atau ide-ide terbaru. 

Inovasi dalam bisnis juga salah satu cara untuk mempertahankan konsumen dan menjangkau calon konsumen baru agar tertarik dengan produk brand kamu.

4. Mengakomodir Karyawan 

Karyawan terutama kalangan milenial dan Gen Z sangat kompetitif. Mereka ingin berkarya dan bekerja di perusahaan yang mampu menampung ide-ide dan gebrakan baru mereka yang diyakini berpotensi memiliki masa depan cerah. 

Karyawan yang passionate juga merasa tertantang dan bersemangat untuk memecahkan masalah, membuat strategi, dan mencapai tujuan perusahaan. 

5. Meningkatkan Brand Awareness

Konsumen cenderung lebih suka pada brand yang terkenal karena inovasi dan kesadaran sosial. Terlebih lagi inovasi paling kuat bisa dilihat dari strategi pemasaran yang menarik sehingga membuat konsumen penasaran dan lebih mengenal brand kamu. 

6. Memecahkan Masalah 

Salah satu tujuan untuk melakukan inovasi adalah untuk memahami masalah dan menemukan cara memecahkan masalah itu dengan efektif. Misalnya, belajar cara efisien untuk strategi pemasaran yang baru atau menjangkau target konsumen yang lebih luas. 

Itulah pentingnya inovasi dalam bisnis. Ada banyak keuntungan yang akan perusahaan dapat, yang paling penting untuk menjaga loyalitas konsumen karena dengan begitu perusahaan mendapat banyak keuntungan untuk perputaran bisnis. 

Jenis-Jenis Inovasi Bisnis

Inovasi dalam bisnis tidak selalu berarti kamu harus menciptakan produk atau layanan baru, tapi ada beberapa tipe inovasi yaitu: 

1. Inovasi Produk 

Memberi sentuhan baru pada sebuah produk agar sesuai dengan tren. Misalnya, saat ini ada kue cubit dengan berbagai rasa modern seperti rasa keju, tiramisu, red velvet, dll.

Itu adalah upaya inovasi agar makanan tradisional tetap diminati dan tidak ketinggalan dengan makanan luar negri yang masuk ke pasar lokal.

Contoh lainnya adalah perusahaan Apple yang awalnya hanya memproduksi komputer, sekarang juga merancang dan menjual berbagai produk teknologi lainnya.

2. Inovasi Proses Bisnis 

Inovasi untuk menemukan cara baru dalam berbisnis, bisa dari aspek mana saja. Misalnya, dulu toko konvensional dan sekarang toko online. Dulu harus membayar tunai namun sekaran bisa pakai fitur transfer.  

3. Inovasi Model Bisnis 

Inovasi untuk menemukan cara baru untuk mendapatkan keuntungan, menghasilkan uang, atau menghemat uang. 

Contohnya, brand baju tidak hanya menjual baju namun juga menyediakan layanan sewa baju pesta yang mahal. Konsumen akan diuntungkan karena merasa lebih hemat dan brand itu juga mendapat keuntungan walau tidak menjual baju. 

4. Inovasi Pengiriman

Inovasi dalam cara baru berbelanja di mana konsumen tidak perlu datang langsung ke toko karena barang bisa dikirim langsung dan cepat. 

Beberapa brand besar seperti Tesla juga melakukan inovasi pengiriman di mana kamu bisa beli mobil secara online. Jenis inovasi ini membuat perusahan menjadi lebih efisien, maju, dan lebih untung. 

Tips Inovasi Bisnis agar Selalu Sukses 

Inilah beberapa tips bagaimana kamu harus mulai inovasi dalam menjalankan sebuah bisnis, baik bisnis kecil dan bagi pemula: 

1. Menggali Kreativitas 

Berbisnis bukan hanya tentang perhitungan matang antara modal dan laba, namun membutuhkan proses kreativitas di dalamnya untuk memajukan bisnis tersebut. 

Bentuk kreativitas tersebut dibutuhkan dalam strategi pemasaran, desain kemasan produk, produksi iklan, menulis teks yang menarik (copywriting), meningkatkan kualitas produk/layanan, dan hampir dalam setiap sektor bisnis tersebut.

Jadi, pelaku usaha harus memiliki kreativitas juga bekerja sama dengan tim dengan visi, misi, dan passion yang sama untuk meningkatkan nilai bisnis tersebut.  

2. Analisis Kompetitor 

Salah satu proses inovasi dalam bisnis adalah bagaimana kamu menganalisis perilaku kompetitif dalam berbisnis. Mulai dari produk apa saja yang kompetitor punya, detail produk, fitur-fitur, layanan, proses produksi, bahan baku, hingga strategi pemasaran mereka. 

Setelah memahami apa yang kurang dari brand kamu bila dibandingkan dengan kompetitor, kamu dan tim harus mulai berinovasi untuk lebih unggul lagi kompetitor. Setidaknya, level produk kamu tidak jauh berbeda dengan kompetitor di mata konsumen. 

Kamu bisa mengadopsi strategi yang sama dengan kompetitor atau berpikir lebih kreatif lagi untuk menyajikan sesuatu yang baru untuk pasar. 

3. Mempertimbangkan Testimoni Konsumen 

Konsumen melalui testimoni, kritik dan saran, atau review memberikan kamu ide-ide baru untuk dipelajari. Semua opini dari konsumen, baik atau buruk, harus kamu jadikan pertimbangan untuk berinovasi sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan dan harapkan. 

Jangan abaikan kolom review di e-commerce atau komentar dari konsumen di media sosial. Tampung semua saran untuk membuat strategi yang lebih hebat untuk bisnis kamu di masa depan. 

4. Mengoptimalkan Teknologi untuk Bisnis 

Gunakan pendekatan digital marketing untuk meningkatkan bisnis kamu. Kamu bisa mulai memasarkan produk-produk atau layanan/jasa di platform digital seperti media sosial dan website. 

Bila belum punya website, silakan hubungi Praktisidigital yang menyediakan jasa pembuatan website toko online gratis. 

Keuntungan memiliki website toko online adalah konsumen jadi lebih mudah mengakses informasi produk yang kamu jual dan memungkinkan untuk melakukan transaksi secara online juga. 

Dukungan teknologi saat ini memungkin konsumen untuk berbelanja dengan cara yang lebih mudah dan praktis. 

5. Tidak Terbatas pada Perubahan 

Bisnis yang sudah sukses tetap harus berinovasi. Lakukan perubahan positif untuk menyesuaikan bisnis dengan permintaan konsumen saat ini. 

Mungkin kamu tidak bisa merubah produk/layanan yang disediakan, namun beberapa aspek seperti strategi marketing itu harus diubah dan disesuaikan. 

6. Membentuk Tim Kerja yang Solid 

Seluruh tim mulai dari atasan hingga bawahan berperan dalam proses inovasi bisnis. Misalnya, lakukan brainstorming seminggu sekali untuk menampung ide-ide atau saran dari pegawai. 

Pelatihan karyawan sesuai dengan bidangnya juga dapat menjadi aset perusahaan agar mereka bisa berkembang untuk bisnis tersebut. 

7. Meningkatkan Kualitas Produk/Layanan 

Memperbaiki apa yang kurang dari produk/jasa/layanan yang disediakan saat ini. Cari ide dan inovasi untuk meningkatkan kualitas produk demi memenuhi kebutuhan konsumen. 

Kamu tidak harus menciptakan produk baru yang berbeda dari yang sudah ada, tapi bisa dimulai dengan memperbaiki kualitas produk lama agar lebih bagus lagi.

Sebutlah brand ayam goreng original KFC yang tidak berubah sama sekali dan mengunggulkan rasa yang autentik. Namun, KFC tetap melakukan inovasi untuk menu makanan lainnya dengan menciptakan menu-menu baru sesuai tren tapi tidak mengubah menu originalnya. 

8. Melakukan Strategi Pemasaran Baru 

Seperti yang sudah disebutkan, strategi pemasaran adalah bentuk inovasi bisnis yang sangat terlihat dan kuat. Produk yang sama bisa dipasarkan dengan puluhan metode berbeda untuk menarik perhatian konsumen. 

Berikut ini beberapa inovasi dalam strategi pemasaran: 

  • Menggunakan media pemasaran yang berbeda, mulai dari cara konvensional di koran dan majalah cetak sampai iklan digital di YouTube, IG, FB, Twitter, website, dan sosmed lainnya. 
  • Merekrut model iklan yang sedang digandrungi saat ini, influencers, key of leader (KOL), atau tokoh berpengaruh lainnya. 
  • Menggunakan copywriting sesuai target konsumen dan mengikuti tren saat ini. 
  • Menciptakan iklan video, motion video, animasi, dll. 

Ada banyak inovasi dalam strategi pemasaran dan promosi lainnya. Kamu dan tim harus selalu membuat formula yang pas demi menarik banyak calon konsumen yang potensial. 

9. Mengikuti Perkembangan Zaman 

Jangan berhenti di situ, kamu sebagai pelaku bisnis harus mengikuti tren-tren saat ini. Misalnya, saat ini semua bisnis memiliki website toko online maka kamu juga harus memanfaatkannya. 

Bila tidak beradaptasi dengan perkembangan pasar, makan brand kamu bisa tertinggal dan mudah dilupakan konsumen begitu saja. 

10. Menjadwalkan Program Inovasi Internal 

Pemilik usaha bisa mencetuskan ide agar setiap tim melakukan program inovasi internal secara teratur. Tujuannya untuk menampung energi kreatif karyawan dan mengeksekusi ide-ide brilian yang bisa direalisasikan. 

11. Memperbaiki Fasilitas Kantor/Toko

Buat kantor atau toko menjadi nyaman dan sesuai persona brand baik untuk pegawai atau konsumen yang datang langsung. Tempat belanja yang nyaman akan meningkatkan persepsi baik konsumen akan brand kamu. 

12. Melakukan Laporan Kinerja Per Kuartal 

Laporan per kuartal, per semester, atau mungkin oer tahun dibutuhkan untuk menilai bagaimana grafik pertumbuhan perusahaan. 

Apa saja yang menjadi faktor kenaikan tersebut dan bagaimana cara mempertahankannya. Bila turun, laporan itu akan digunakan untuk mencari solusi dan membuat rencana bisnis yang lebih potensial.

13. Memperluas Jaringan Bisnis 

Silakan mencari partner bisnis atau bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memperluas kesempatan dan peluang bisnis. 

Itulah beberapa tips inovasi dalam bisnis. Kamu harus terus menggali kreativitas dan melakukan perubahan yang baik agar bisnis kamu jalan terus. 

Itulah pembahasan lengkap tentang pengertian, keunggulan, dan tips inovasi bisnis. Bila tidak inovasi, besar kemungkinannya brand kamu tidak sanggup bersaing dengan kompetitor dan pelanggan pun akan pergi. 

Lakukan inovasi dari waktu ke waktu secara berkala. Inovasi harus dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang matang.