8 Cara Mencari Supplier Kosmetik Murah dan Tepercaya


Cara mencari supplier kosmetik yang tepercaya dan harganya terjangkau ternyata mudah. Kemampuan ini tentu dibutuhkan untuk ketika mau buka toko kosmetik. Semakin banyak bermunculan brand kosmetik skin care baru di pasaran setiap harinya, sehingga harus bisa menemukan supplier yang tepat.

Cara Mencari Supplier Kosmetik dan Skin Care

Memilih trusted supplier sangat penting untuk memastikan bahwa produk kosmetik yang dijual adalah produk asli. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan supplier tepercaya:

1. Cari di Google

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari informasi di Google dengan keyword yang tepat. Saat ini memang mencari informasi tidak sulit dan kamu bisa mengandalkan internet. 

Kamu bisa mencoba mencari dengan kata kunci “supplier kosmetik”, “supplier kosmetik tepercaya”, “supplier kosmetik terdekat”, “distributor kosmetik”, dan kata kunci lainnya yang berkaitan. Nantinya akan muncul berbagai informasi mulai dari rekomendasi supplier hingga e-commerce dari supplier itu sendiri.

Selanjutnya kamu bisa mencari informasi lebih dalam tentang supplier tersebut untuk memastikan apakah harga, lokasi, dan produknya sesuai dengan yang kamu cari.

2. Manfaatkan Filter di Marketplace

Cara mencari supplier kosmetik murah dan tepercaya selanjutnya adalah dengan memeriksa fitur filter di marketplace. Ada beberapa jenis filter yang bisa kamu gunakan.

Jika ingin mencari supplier yang lokasinya lebih dekat, bisa gunakan fitur lokasi. Kamu juga bisa menggunakan filter harga untuk mengurutkan harga produk dari yang paling murah dan paling mahal.

Kamu bisa memeriksa apakah benar toko tersebut menjual produk dengan rata-rata harga paling murah dibandingkan toko lainnya. Selain itu, pastikan juga toko memang tepercaya.

Kamu bisa melihat seberapa bagus review toko tersebut, berapa jumlah pengikutnya, dan juga apakah toko tersebut termasuk dalam toko resmi atau toko yang ditandai sebagai toko tepercaya oleh marketplace tersebut.

3. Cari dari Website Perbandingan Harga

Selain melalui fitur yang ada di marketplace, kamu juga bisa mengunjungi situs perbandingan harga. Biasanya situs ini akan langsung membandingkan harga produk dari setiap e-commerce yang berbeda.

Biasanya situs ini akan muncul apabila kamu mencari di Google dengan keyword “harga”. Contohnya apabila kamu ingin melakukan survei harga terhadap bedak dari brand X, kamu bisa menggunakan keyword “harga bedak X”.

4. Cari di Media Sosial

Cara mencari supplier kosmetik yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah mencari informasi melalui media sosial. Hampir semua pelaku bisnis sekarang melakukan promosi di media sosial, termasuk juga para supplier dan distributor kosmetik.

Kamu mungkin bisa mencari dengan kata kunci seperti kamu mencari di Google. Selain itu, kamu juga bisa mencarinya lewat tagar yang biasanya memang lebih populer untuk mencari berbagai hal di media sosial.

Baca Juga: 7 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama agar Lebih Untung

5. Datang Langsung ke Pabrik Kosmetik

Jika memang tersedia, kamu juga bisa datang ke pabrik, kantor, gudang, atau toko dari supplier tersebut. Ini bisa jadi pilihan apabila memang jaraknya dekat dan pihak supplier memang memperbolehkan kamu untuk mengambil langsung produk.

Ini tentunya akan membantu kamu dalam menghemat pengiriman dari supplier ke tempatmu. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung produk yang dijual.

6. Cari Tahu Lewat Komunitas

Cara mencari supplier kosmetik terpercaya juga bisa melalui komunitas pencinta kosmetik maupun komunitas bisnis.

Biasanya dalam sebuah forum bisnis online, akan berkumpul para supplier, distributor, sekaligus reseller-nya. Kamu bisa langsung bergabung dengan forum dan menginformasikan bahwa kamu sedang mencari supplier kosmetik.

7. Pilih yang Menawarkan Sistem Reseller atau Dropship

Supplier yang menawarkan program reseller atau dropship biasanya akan memberikan harga yang lebih murah dan tips untuk berjualan. Kamu bisa langsung bergabung dengan program yang sudah ada jika ingin lebih mudah untuk berjualan.

Sebelumnya tentu kamu harus memastikan dulu bahwa supplier ini memang tepercaya dan sudah memiliki banyak reseller. Kamu juga bisa melihat review dari para reseller lain untuk memastikan kualitas supplier ini.

8. Cek Legalitas Produk

Apa pun cara mencari supplier kosmetik yang kamu pilih, sangat penting untuk mengecek legalitas produk kosmetik yang dijual. Pertama bisa dilakukan dengan melihat review yang ada.

Kamu juga bisa langsung membeli beberapa produk untuk memastikan bahwa produk tersebut memang asli. Produk kosmetik asli dan aman bisa dilihat dari kemasannya dan bagian dalamnya. Salah satu yang bisa dilihat dari kemasan adalah adanya nomor izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Pastikan sebelum kamu menjual kosmetik, kamu tahu ciri-ciri kosmetik yang asli dan palsu, serta ciri kosmetik yang legal dan ilegal.

Mengingat ada banyak sekali brand kosmetik, kamu mungkin membutuhkan lebih dari supplier atau distributor untuk melengkapi toko kamu. Lebih dari satu supplier ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan harga terbaik dari semua produk atau brand.

Sudah menemukan supplier kosmetik yang tepat dan siap jualan? Segera buat website toko online untuk jualan kosmetik di Praktisidigital. Buat website tanpa coding dan setting apa pun, kamu hanya perlu daftar, upload produk, dan bisa langsung jualan online!