Apa Itu Brand Ambassador? Pengertian, Jenis, Tanggung Jawab


Tentunya kamu sudah tidak asing dengan pekerjaan brand ambassador. Seiring dengan berkembangnya teknologi, peran orang yang mewakili brand ini juga semakin kuat dan dibutuhkan. Tidak harus menjadi selebritas untuk mewakili brand mempromosikan produk-produknya. Berikut adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang seorang duta merek!

Apa Itu Brand Ambassador?

Brand ambassador adalah individu yang mempromosikan sebuah brand dan produk-produknya pada orang yang ada dalam jaringan mereka. Tujuan promosinya adalah tentu saja untuk meningkatkan brand awareness dan juga penjualan.

Umumnya memang pekerjaan ini dilakukan oleh selebritas atau orang yang sudah terkenal seperti aktor, musisi, dan public figure lainnya, tapi tidak menutup kemungkinan juga orang dengan profesi lain bisa menjadi duta merek. Intinya adalah seorang duta merek ini harus memiliki audiens yang cocok dengan brand yang dipromosikan. 

Jenis Brand Ambassador

Ternyata terdapat beberapa jenis duta merek yang berbeda-beda yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan brand itu sendiri. Berikut beberapa di antaranya:

1. Brand Ambassador Formal

Duta merek formal harus memiliki pengetahuan tentang brand dan tujuan brand. Umumnya kerja sama ini ditandai dengan tanda tangan kontrak resmi. Duta resmi juga biasanya tidak diperbolehkan bekerja sama dengan brand kompetitor selama kontrak berlangsung.

Nantinya duta ini harus bersedia untuk melakukan promosi di media sosial sesuai jumlah yang disepakati, mengikuti event, dan melakukan promosi lainya sesuai dengan kesepakatan bersama.

2. Brand Ambassador Informal

Siapa saja pelanggan dari sebuah brand bisa menjadi duta merek informal. Sudah banyak brand yang menggunakan program ini untuk bahan promosi produknya.

Pada dasarnya program ini mirip dengan program referral dan afiliasi. Jadi setiap ambassador akan diberikan kode unik atau link unik di mana setiap pembelian menggunakan kode atau melalui link tersebut maka mereka akan mendapatkan keuntungan.

Keuntungannya dapat berupa diskon maupun kredit toko. Program ini bisa dibuat bertingkat, semakin banyak orang yang diajak maka semakin duta dapat naik tingkat dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Ini merupakan salah satu strategi marketing mulut ke mulut yang sangat ampuh untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.

3. Peer Advocate Ambassador

Duta yang satu ini juga berasal dari customer yang sudah ada. Mereka akan mempromosikan produk pada audiens dengan demografi yang sama, seperti jenis kelamin, lokasi, dan usia, serta yang memiliki kebutuhan dan minat yang sama.

Contoh dari ambassador jenis ini adalah seperti ibu muda yang mempromosikan brand diaper tertentu, vegan yang mempromosikan makanan pengganti daging favoritnya, hingga remaja yang mempromosikan brand pakaian tertentu pada orang-orang sebayanya.

Sama seperti jenis sebelumnya, program ini juga termasuk ke dalam marketing mulut ke mulut yang ampuh.

4. The Niche Authority Ambassador

Ambassador jenis ini bisa juga dikategorikan sebagai KOL (key opinion leader), yaitu seseorang yang expert di bidang tertentu dan memberikan rekomendasi brand atau produk sesuai dengan bidangnya. 

Contohnya adalah seperti atlet yang menjadi brand ambassador sepatu olahraga, dokter gigi mempromosikan pasta gigi, dan fotografer yang menjadi duta untuk brand kamera.

5. The Powerful Audience Authority

Duta jenis ini sama dengan influencer, yaitu orang yang memiliki followers banyak di media sosial dan dapat memberikan pengaruh terhadap audiens yang terkait dengan keputusan membeli sebuah produk.

Apabila tertarik menjadikan influencer sebagai duta merek, pastikan audiensnya cocok dengan target pasar dan pastikan juga ia menyukai produk dan brand yang akan dipromosikan. Ini penting dilakukan agar pelanggan bisa mendapatkan review yang jujur dari sang influencer.

6. College Student Ambassador

Jika brand memiliki target pasar usia 18-25 tahun, program ambassador ini bisa menjadi pilihan. Mahasiswa dapat dengan mudah untuk mempromosikan sebuah brand di lingkungan kuliahnya.

Sebenarnya ini juga termasuk ke dalam jenis peer advocate, namun lebih spesifik lagi pelaku, target audiens, dan juga tempat promosinya.

7. Duta Merek Karyawan

Menjadikan karyawan sendiri sebagai duta merek sebuah brand?

Nyatanya hal ini sudah banyak diterapkan oleh berbagai brand. Seorang karyawan tentunya  sudah memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang brand tersebut sehingga lebih mudah untuk mempromosikannya.

Meskipun begitu, harus diperhatikan antara tugas harian karyawan tersebut sesuai jabatannya dan sebagai duta merek. Jangan sampai keduanya tercampur atau saling mengganggu.

Tanggung Jawab Brand Ambassador

Sebagai seseorang yang merepresentasikan sebuah brand, apa saja tugas duta merek? Berikut beberapa di antaranya:

1. Memberikan Review Jujur dan Baik

Seorang duta merek harus bisa memberikan review baik untuk sebuah brand agar semakin banyak orang tahu tentang keunggulan brand tersebut.

Bukan sembarangan review baik, tapi tentunya review ini juga harus jujur. Keberadaan review ini sangat berpengaruh pada keputusan pelanggan, apalagi dalam transaksi online di mana pelanggan tidak dapat melihat produk secara langsung.

2. Menjaga Reputasi Brand

Ada saja hal yang mungkin membuat reputasi brand naik turun. Tugas seorang duta merek adalah menjaga agar reputasi brand tersebut tetap baik. Seorang duta harus bisa membangun citra baik brand yang direpresentasikan.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness ini sangat penting dalam sebuah bisnis. Sebelum berharap banyak orang yang akan membeli produkmu, hal yang sebelumnya harus dilakukan adalah memberi tahu pada dunia eksistensi produk tersebut.

Apabila semakin banyak orang sudah aware dengan produk yang kamu jual, nantinya penjualan juga akan meningkat.

4. Mendekatkan Brand dengan Customer

Pendekatan dengan customer bukan hal yang mudah. Bagaimana bisa membuat seseorang percaya dan tertarik untuk mencoba produk yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Ternyata ketika sebuah brand berbicara lewat seorang influencer atau brand ambassador, kepercayaan customer dapat jauh meningkat dibandingkan dengan brand tersebut bicara sendiri. Hal ini membuktikan bahwa peran duta merek ini sangat penting untuk perkembangan sebuah brand.

5. Hadir dalam Berbagai Acara

Seorang brand ambassador, terutama yang formal, memiliki tanggung jawab untuk datang ke berbagai acara seperti peluncuran produk baru, bazar, maupun acara lainnya sesuai dengan perjanjian yang dibuat dengan brand.

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui dari seorang duta merek. Ternyata jenisnya juga ada banyak dan program bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sebuah brand, tidak harus selalu menggunakan orang terkenal dan mengeluarkan budget tinggi. Adakah jenis yang cocok dengan brand-mu yang ingin dicoba?

Ada banyak cara untuk mempromosikan sebuah brand dan meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berjualan melalui website online. Transaksi jadi lebih mudah dan pelanggan bisa mengakses tokomu di mana saja dan kapan saja.

Tunggu apa lagi? Yuk, buat website toko online kamu sekarang di Praktisidigital dan dapatkan berbagai kemudahan. Gratis, tidak harus bisa coding, dan cukup upload 3 produk untuk bisa langsung jualan online!