11 Penyebab Usaha Bangkrut yang Jarang Disadari Pebisnis


Pahami berbagai penyebab usaha bangkrut agar kamu bisa menghindarinya ketika menjalani bisnis. Bangkrut memang dapat dialami siapa saja, baik pelaku usaha pemula maupun pelaku usaha yang sudah lama menjalani bisnis. Memang ada banyak sekali faktor yang memengaruhi kesuksesan bisnis dan terkadang tidak disadari hingga bisa memicu gulung tikar.

Penyebab Usaha Bangkrut yang Jarang Disadari

Bangkrut pada dasarnya terbagi menjadi dua, yaitu kegagalan keuangan dan kegagalan ekonomi.

Kegagalan keuangan adalah ketika bisnis mengalami kesulitan dana kas maupun modal untuk biaya operasional, sedangkan kegagalan ekonomi adalah ketika bisnis kehilangan pendapatan sehingga tidak mampu membiayai operasional.

Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin menyebabkan bangkrut atau gulung tikar:

1. Rencana Bisnis Tidak Matang

Sebelum memulai bisnis, kamu harus menyusun yang namanya business plan. Tanpa adanya plan ini, bisnis tidak akan terarah dan sangat mungkin mengalami kebangkrutan. Business plan dibangun berdasarkan riset terhadap pasar dan juga kompetitor. Perencanaan ini akan memuat segala rencana tentang bisnis kamu yang akan dijalankan.

Apabila perencanaan tidak matang, kamu saja salah dalam mengkalkulasi berbagai hal yang kemudian menyebabkan bisnis tidak berjalan lancar. Maka dari itu, pastikan dulu produk seperti apa yang kamu akan jual, keunggulan produk, target pasar, strategi pemasaran, dan komponen perencanaan bisnis lainnya sebelum kamu menawarkan produk ke pasaran.

2. Catatan Keuangan Buruk

Catatan keuangan yang buruk dipastikan akan sangat berpotensi menjadi penyebab usaha bangkrut. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat segala bentuk pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis. Ini hukumnya wajib, sekecil apa pun nominal uangnya.

Kamu juga harus memastikan bahwa keuangan bisnis dan pribadi dipisahkan, lebih baik apabila memiliki dua rekening yang berbeda. Hal ini untuk menghindari tanpa sadar kamu memakai uang modal bisnis tanpa perhitungan yang jelas.

Perhitungan dan pencatatan yang baik akan sangat memengaruhi perkembangan bisnismu karena dari sinilah kamu bisa tahu apakah kamu mendapatkan untung atau ada hal yang harus diperbaiki dari bisnis tersebut.

3. Modal yang Minim

Modal yang minim juga bisa menjadi salah satu pemicu bisnis tidak dapat berkembangkan. Kurangnya modal ini bisa menyebabkan operasional terhambat sehingga bisnis pun tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu, sangat penting untuk kamu membangun bisnis sesuai dengan jumlah modal yang bisa kamu dapatkan.

Ada berbagai alternatif pinjaman modal yang bisa kamu manfaatkan. Meskipun begitu, bukan nominal bukan merupakan faktor paling utama, melainkan efisiensi dalam menggunakan modal yang tersedia. Rencana keuangan yang terperinci dan catatan keuangan yang baik akan membantu penggunaan modal menjadi lebih efisien.

4. Tidak Fokus

Penyebab usaha bangkrut selanjutnya adalah tidak fokus. Ketika menjalani sebuah usaha, dalam perjalanan kamu mungkin akan menemukan berbagai peluang bisnis lainnya. Jika hal ini terjadi, jangan buru-buru tergiur dengan peluang baru tersebut.

Terkadang peluang baru ini justru membuat kamu jadi tidak fokus dan tidak menjalani bisnis sesuai dengan rencana awalnya. Peluang baru memang harus dimanfaatkan, tapi kamu harus mencari waktu yang tepat dan lihat kapasitas diri sendiri sebelum memulainya. 

5. Salah Memilih Lokasi

Lokasi berjualan memang salah satu hal paling krusial dalam bisnis. Tempat yang tidak strategis dan tidak terjangkau oleh target pasarmu dipastikan akan membuat bisnis kamu tidak berjalan dengan baik. Sebelum memilih tempat, lakukanlah survei langsung untuk memastikan tempat tersebut cocok untuk bisnis kamu.

Hal ini bukan hanya penting ketika kamu berjualan offline. Ketika berjualan online, kamu juga harus mencari platform yang lebih diminati oleh target bisnis kamu.

6. Target Penjualan Tidak Tercapai

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan target penjualan tidak tercapai dan hal ini sangat mungkin berpotensi menjadi penyebab usaha bangkrut. Ini bisa disebabkan karena promosi yang kurang, target pasar yang kurang tepat, hingga kejadian luar biasa yang mungkin terjadi di masyarakat (contohnya ketika pandemi tiba-tiba terjadi). Ketika kondisi seperti ini terjadi, kamu harus bersiap untuk menyesuaikan diri dengan kejadian yang ada. 

7. Ekspansi Berlebihan

Penyebab bisnis bangkrut selanjutnya adalah ekspansi berlebihan. Memang melebarkan sayap bisnis itu penting, tapi jangan lakukan dengan terburu-buru dan tanpa perencanaan matang.

Jangan dulu lakukan ekspansi apabila belum memiliki modal yang cukup dan belum dapat dipastikan adanya target pasar di tempat yang baru tersebut. Lebih baik menjalani bisnis dengan perlahan namun keuntungannya lebih pasti daripada terburu-buru mengharapkan keuntungan yang lebih besar tapi belum pasti.

8. Kurang Inovasi

Kurangnya inovasi dalam bisnis juga bisa menjadi penyebab usaha bangkrut Sebuah usaha harus terus berinovasi apabila tidak mau ketinggalan dengan pesaingnya. Terus lakukan inovasi dan lihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga bisnis kamu tetap bisa diandalkan oleh para pelanggan setianya.

Jangan hanya bertahan dengan apa yang dimiliki bisnis kamu sekarang karena nyatanya kebutuhan masyarakat juga selalu berubah-ubah seiriing berjalannya waktu.

9. Tidak Memanfaatkan Teknologi

Zaman serba digital ini mau tidak mau menuntut kita agar lebih melek dengan teknologi. Tidak mau memanfaatkan teknologi juga merupakan salah satu bentuk kurang inovasi. Lihat saat ini betapa banyaknya bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnisnya.

Jika kamu tidak melakukan hal yang sama, bisnis kamu tidak akan berkembang atau bahkan bisa bangkrut.

10. Banyak Utang

Selanjutnya adalah penyebab pailit atau tidak mampunya sebuah bisnis membayar utang. Hal ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak berutang tanpa perhitungan.

Jika dibiarkan, tentu pailit ini juga bisa memicu kebangkrutan. Meminjam modal untuk bisnis memang sah saja dilakukan, tapi pastikan dulu kamu mampu membayar utang tersebut dengan jangka waktu yang ditentukan.

11. Salah Memilih Partner

Memilih partner bisnis atau orang yang dipercaya untuk bekerja bersama dalam bisnis adalah hal penting. Contohnya ketika kamu mempercayakan keuangan kepada seseorang yang tidak sama sekali memiliki skill dalam hal pembukuan bisnis, tentu saja ini bisa menyebabkan kerugian hingga kebangkrutan.

Ketika bekerja sama menjalankan bisnis bersama orang lain, sekali pun orang yang memang sudah kamu kenal, selalu buat kontrak kerja sama yang jelas. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan di kemudian hari.

Itu dia informasi singkat tentang berbagai penyebab usaha bangkrut yang harus dihindari. Menjalani usaha memang ada naik turunnya, sehingga kamu memerlukan perencanaan matang sekaligus kesabaran untuk dapat sukses menjalaninya. Teruslah berinovasi agar bisnis kamu dapat terus bersaing di pasaran.

Pastikan untuk terus berinovasi dan miliki website toko online kamu sendiri!

Tidak perlu bingung dengan biayanya karena kamu bisa buat website toko online gratis melalui Praktisidigital. Syaratnya mudah, cukup daftar di Praktisidigital, isi data diri lengkap, upload 3 produk, dan toko online kamu sudah siap pakai!